7 Tips Memilih Kursus Online Terbaik untuk Tingkatkan Skill

Perkembangan yang begitu pesat terjadi di dunia kerja. Jika seorang karyawan tidak mampu mengikuti perkembangan tersebut, ia akan dengan mudahnya tersingkir di dunia kerja. 

Salah satu cara untuk mengantisipasinya adalah mengikuti kursus online. Tujuannya agar karyawan semakin terampil di bidangnya, sehingga lama-kelamaan jenjang karirnya ikuti menanjak. 

Mengikuti kursus online tentunya di tempat yang tepat. Agar tidak salah pilih, ikuti beberapa tips memilih kursus online berikut.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Tips Memilih Kursus Online Terbaik

1. Tentukan bidang yang ingin didalami

loader
Kursus online sesuai bidang yang diminati

Pertama, kamu cari tahu dulu bidang atau pelajaran apa yang ingin didalami. Apakah itu seputar keuangan, software, atau apa? Dengan menentukan bidang, minatmu untuk belajar tetap stabil dari awal hingga akhir kursus. 

Setelah tahu bidangnya, kamu bisa minta sampel modul yang akan dipelajari. Dari sini kamu bisa lihat apakah modul tersebut sesuai atau tidak dengan skill yang ingin ditingkatkan. 

Sebab, bidang yang sesuai saja tidak menjamin kalau kamu akan memperoleh skill maksimal selama kursus. Perlu diteliti lagi detailnya agar kamu tidak menyesal di kemudian hari.

Baca Juga: Tambah Kemampuan Anda dengan Belajar Online di Situs-Situs Ini

2. Sesuaikan dengan budget

Tentu ada harga yang dibayar saat mengikuti kursus online, tergantung bidang masing-masing. Agar tidak kesulitan finansial, coba cari kursus yang sesuai dengan budget. Cari beberapa platform atau penyelenggara yang menyediakan bidang pembelajaran, lalu bandingkan harga.

Memang, ada kursus online yang tidak berbayar atau gratis. Tapi biasanya, materi yang diberikan kurang mendalam dan waktu kursusnya tidak rutin.

Jangan ragu untuk mengambil paket kursus bila harganya lebih murah. Misalnya, paket kursus dua orang akan mendapat harga spesial. Selanjutnya, kamu tinggal cari orang yang sekiranya mau mempelajari bidang yang sama denganmu. 

3. Akses yang mudah

Kursus online biasanya menggunakan tool berupa aplikasi atau website. Pastikan tool tersebut mudah diakses untuk mendukung proses pembelajaran, jadi waktumu tidak habis menunggunya loading. 

Bacalah review dari anggota di kursus online yang bersangkutan untuk mengetahui efisiensi tool yang disediakan. Jika banyak kendala, sebaiknya cari tempat kursus online lain. Sayang kalau uangmu habis, tapi kamu tidak mendapat pembelajaran yang maksimal. 

4. Penyelenggara yang terpercaya

Jangan asal memilih tempat kursus online itu penting diperhatikan. Jika kamu sudah mendapatkan satu nama penyelenggara, lihat lagi review dari orang lain yang sudah pernah belajar disana. 

Jika review bagus, kamu bisa langsung bayar biaya kursus sesuai waktu yang diinginkan. Jika sebaliknya, maka cari rekomendasi lain di internet atau hubungi orang-orang yang sebelumnya pernah mengikuti kursus di bidang yang sama. Jangan sampai sudah bayar mahal, tapi layanannya tidak sesuai harapan.  

Sebuah penyelenggara yang kredibel atau terpercaya biasanya banyak mendapat respon positif dari anggotanya. 

5. Perhatikan jadwal kursus

loader
Perhatikan jadwal kursus online

Kedengarannya memang sepele, tapi bagi yang sudah bekerja memperhatikan jadwal sangat penting. Jangan sampai jam kursus online dan jam kerja bentrok, yang ada belajarnya bisa kurang maksimal. 

Carilah waktu kosong dalam satu minggu, jadi pada waktu itu kamu bisa ikuti kursus online tanpa gangguan apapun. Misalnya, kursus di Hari Sabtu dari jam 10 pagi sampai 12 siang. Mau tidak mau, kamu harus kosongkan jadwal pada hari dan waktu tersebut.

Buatlah pengingat setiap minggu agar kamu tidak lupa mengikuti kursus online. Dengan demikian, kamu bisa mengikuti pembelajaran dengan baik.

Baca Juga: Tempat Kursus Online Ini Bisa Meningkatkan Skill Bahasa Inggris dan Karir Kamu

6. Pelayanan yang bagus

Penyelenggara yang menawarkan jasa belajar, baik secara online maupun offline wajib memperhatikan pelayanan. Misalnya, admin harus tanggap menjawab pertanyaan seputar jadwal kursus, biaya, dan jenis paket. 

Penting untuk memilih penyelenggara yang bagus dari segi pelayanan. Jika suatu saat terjadi kendala, maka admin akan cepat merespon kendala tersebut. Jadi, kamu tidak perlu terlalu lama menunggu apalagi sampai mencari tahu sendiri jawabannya. 

Bagus atau tidaknya layanan bisa dicek lewat fitur live chat yang disediakan penyelenggara kursus tersebut. Jika pelayanan cepat, kamu tidak perlu pikir panjang lagi untuk segera mendaftar. 

7. Menjaga konsistensi belajar

Meskipun tujuan kursus ini cuma untuk meningkatkan skill, ada baiknya kamu tetap konsisten mengikuti pembelajaran. Tanpa konsistensi, ilmu yang didapatkan biasanya cuma sekedar saja. Sangat disayangkan apalagi kalau biaya kursusnya tidak murah.   

Ingat, kamu bayar kursus pakai uang bukan pakai daun atau kertas. Coba hargai setiap keringat yang kamu keluarkan untuk mendapatkan uang tersebut demi mengikuti kursus online.

Dengan begini, kamu bisa serius menjalani kursus online. Tidak ada namanya malas-malasan meskipun sudah lelah bekerja seharian. 

Belajar dengan Tekun dan Pantang Menyerah

Setelah menemukan tempat kursus online yang terbaik, selanjutnya adalah kamu mengikuti prosesnya hingga selesai. Proses belajar tidak ada yang mudah. Namun dengan tekun dan semangat pantang menyerah, percayalah kamu bisa melewati proses tersebut dengan baik. Selain itu, keahlian kamu juga akan bertambah untuk bekal mendapatkan pekerjaan yang terbaik kelak dan pastinya kamu bisa bersaing dengan karyawan lain karena kamu memiliki keahlian yang mumpuni. 

Baca Juga: 5 Kursus Online ini Bisa Antarkan Kamu Jadi Digital Marketer Handal