7 Tips Mengubah Pikiran Negatif Menjadi Positif di Era New Normal

Menjaga pola pikir tetap positif tentu tidak mudah, terutama di era new normal. Adanya tantangan yang tidak biasa dihadapi dengan sendirinya mengubah pola pikir positif menjadi negatif. Kondisi inilah yang senantiasa mempengaruhi mood, kesehatan, dan tingkah laku kita.

Meskipun situasi sedang sulit, kita semestinya berusaha melawan pikiran-pikiran negatif. Prakteknya memang tidak mudah, tapi tips-tips berikut setidaknya dapat membantu kita mengubah pikiran negatif menjadi lebih positif. 

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Ingatlah kalau segala sesuatunya akan membaik

semua akan membaik

Kondisi memang belum sepenuhnya pulih meskipun sudah memasuki era new normal, tapi setidaknya sudah lebih baik dibandingkan saat awal pandemi. Ini adalah pertanda kalau kondisi akan semakin membaik dari waktu ke waktu. Cuma kita belum tahu kapan waktunya akan tiba, jadi cobalah bersabar. 

Bersabar itu tidak sesulit yang dibayangkan. Kita hanya dituntut untuk mampu mengontrol emosi dan pikiran dengan baik agar keduanya berjalan seimbang. Dengan begini, kita pun mampu menerima kenyataan dan dapat menikmati setiap harinya dengan ikhlas. 

Baca Juga: Jangan Benci, Ini 5 Cara Menikmati Senin dengan Lebih Menyenangkan

2. Bukan hanya kita, orang lain pun terkena imbasnya

pikiran negatif

Tidak dapat dipungkiri kalau pandemi menyebabkan pekerjaan kita terhambat, bisnis pun menjadi merosot. Tapi ingat, kita bukan satu-satunya orang yang merasakan hal ini. Masih banyak orang di luar sana yang kondisinya jauh lebih parah dari apa yang kita alami dan rasakan. 

Daripada mengeluh, bersedih, dan bersungut-sungut pada situasi, lebih baik banyak bersyukur. Setidaknya kita masih mampu memenuhi kebutuhan sehari-hari meskipun pendapatan sekarang tidak sebanding dengan yang dulu. Percayalah semuanya akan dicukupkan selagi kita mau bekerja dengan sungguh-sungguh di era new normal ini.

3. Hidup ini memang penuh hal-hal tidak terduga

stres

Kejadian tak terduga sudah pasti menjadi cikal bakal timbulnya pikiran negatif. Pikiran inilah yang pada akhirnya memicu ketakutan dalam diri kita, seperti takut tidak punya uang, takut tidak bisa makan, tidak bisa menabung, dan lain sebagainya. Padahal kenyataannya tidak selalu seburuk apa yang ada di dalam kepala kita.

Buktinya kita masih bisa melakukan hal-hal layaknya saat kondisi normal dulu. Masih punya uang, bisa makan, menabung, bahkan belanja pun bisa. Cuma memang harus dibatasi supaya uangnya tidak langsung habis, jadi kita masih dapat memenuhi kebutuhan di hari berikutnya.

4. Anggaplah ini sebagai waktu untuk berbenah

berbenah untuk menjadi lebih baik

Sedikit flashback saat kondisi normal, berapa banyak waktu yang kita luangkan untuk membenahi diri? Nyatanya tidak pernah, kita malah lebih sering menghabiskan waktu untuk hal-hal kurang penting yang malah membuat pikiran dipenuhi toxic. Apalagi di saat new normal sekarang, toxic-nya malah semakin parah.

Anggaplah waktu ini adalah yang terbaik agar kita mampu membuang segala toxic di dalam kepala dan menjadi pribadi semakin baik kedepannya. Luangkan waktu untuk menyenangkan diri sendiri sekaligus orang-orang tersayang mengingat dulu waktu kita sering kali disita oleh pekerjaan maupun bisnis.

Baca Juga:  Cara Bangkitkan Kembali Motivasi Kerja, Dijamin Ampuh

5. Lakukan hal-hal yang disukai

melukis

Mengeluh tidak akan mengubah keadaan menjadi lebih baik, justru akan semakin membuat pikiran kita menjadi negatif. Daripada terlalu banyak mengeluh, lebih baik manfaatkan waktu yang dimiliki untuk melakukan hal-hal kesukaan kita. Misalnya memasak, mendekor rumah, bersih-bersih, atau mendengarkan musik agar pikiran menjadi rileks.

Sangat sederhana, tapi mampu membangkitkan energi positif dalam diri kita. Saat kita dipenuhi oleh energi positif, kebiasaan mengeluh pun dapat terkikis secara perlahan. Membuat kita bertambah semangat untuk menjalani setiap harinya dengan hasil maksimal.

6. Fokus untuk menjaga kesehatan

menjaga kesehatan

Kondisi yang tidak menentu jelas menimbulkan rasa cemas dalam diri kita. Sadar atau tidak, inilah yang seringkali memicu masalah kesehatan. Kita jadi lebih sering sakit, pusing, mual, dan tidak enak badan karena terlalu banyak memikirkan hal-hal yang belum tentu terjadi.

Disini kita diajak untuk fokus pada saat ini, pada kesehatan kita. Ubahlah mindset negatif menjadi positif agar kesehatan tetap terjaga. Kalau kita drop, percayalah kondisi akan semakin parah. 

7. Kelilingi diri kita dengan hal-hal positif

mengelilingi diri dengan hal positif

Dan cara terakhir yang bisa dilakukan adalah mencoba mengelilingi diri kita dengan hal-hal positif. Misalnya sering mendengarkan podcast, mengikuti grup atau komunitas sosial, dan lain sebagainya. Ketika lingkungan di sekitar positif, kita pun senantiasa menjadi pribadi yang lebih positif. 

Ketakutan yang kita rasakan akan hilang karena lingkungan di sekitar berusaha mengingatkan kalau hidup penuh dengan harapan. Bahkan sama-sama mendoakan yang terbaik untuk pribadi masing-masing.

Ambil Hikmah dari Apa yang Terjadi

Sesulit apapun kondisi yang terjadi di era new normal, kita tidak boleh memaknainya sebagai hal negatif terus. Cobalah ambil hikmah dari apa yang terjadi untuk menumbuhkan pikiran-pikiran positif, jadi kita tidak terus-menerus dilanda ketakutan. Persiapkan diri sebaik mungkin untuk menghadapi hari baru yang tidak diketahui akan seperti apa wujudnya. 

Baca Juga:  6 Cara Berdamai dengan Pekerjaan Tak Sesuai Passion