7 Trik Hemat yang Jarang Diketahui Orang

Gajian masih lama? Tapi untungnya terdapat berbagai upaya untuk menghemat yang bisa menyelamatkanmu dari bayang-bayang tidak mengenakkan saat tanggal tua tiba. 

Nah, mau tahu apa saja yang bisa kamu lakukan? Langsung saja terapkan trik hemat yang jarang diketahui orang berikut ini.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Tuliskan kebutuhanmu dalam catatan kecil

loader

Kamu mungkin sudah tahu apa saja yang menjadi pengeluaranmu selama satu bulan. Tapi yang namanya penyakit “lupa”, pasti akan selalu terjadi. Daripada ambil risiko dan akhirnya jadi boros, lebih baik tuliskan apa saja yang menjadi kebutuhanmu per bulan dalam catatan kecil.

Di dalam catatan ini juga, kamu bisa jelaskan estimasi uang yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Dengan demikian, kamu tahu estimasi pengeluaran selama satu bulan.

Bawalah catatan ini kemana saja kamu pergi. Di dalamnya, kamu bisa catatkan juga jumlah uang keluar, jadi pengeluaran benar-benar terkontrol.

2. Siapkan dana untuk kebutuhan kesehatan

Kesehatan itu sangat mahal harganya, jadi jangan disepelekan. Sebaiknya siapkanlah dana untuk membiayai kesehatan. Kalau misalnya kamu jatuh sakit, maka tidak perlu bingung lagi untuk mencari uang karena biayanya sudah dipersiapkan sejak awal.

Berapa besar dana yang mesti disisihkan? Tergantung kebutuhan masing-masing. Tapi untuk berhemat, kamu bisa daftar jadi polis asuransi di perusahaan tertentu dan dapatkan manfaatkan kesehatannya.

Sekarang tinggal menentukan perusahaan asuransi yang terpercaya dan memilih produknya. Selanjutnya, tinggal bayar premi per bulan.

Baca Juga: 8 Tips Mengatur Gaji Untuk Masa Depan Cerah

3. Bayar tagihan tepat pada waktunya

loader

Nah, buat yang suka menunda-nunda bayar tagihan, sebaiknya jangan dibiasakan. Jumlah pembayarannya bisa membengkak, lho! Sebab, kamu harus membayar denda akibat telat bayar.

Kalau dihitung-hitung, jumlah dendanya lumayan besar juga. Terlebih lagi kalau tagihan yang perlu dibayarkan ada banyak. Sebut saja tagihan listrik, pasca bayar, kosan, atau cicilan kartu kredit. 

Bayarlah tagihan tepat pada waktunya. Lebih cepat justru lebih baik, jadi kamu tidak berasumsi kalau jumlah uangmu masih banyak.

4. Alokasikan dana untuk hal tidak terduga

Ada banyak kejadian yang sering kali tidak diharapkan datang justru datang. Mirisnya lagi, kejadian tersebut membutuhkan biaya yang besar. Kalau sudah begini. Pasti pusing mau mencari biaya dari mana, bukan?

Itulah pentingnya mengalokasikan dana darurat sejak dini. Apabila ada hal-hal yang tidak terduga, kamu tidak perlu khawatir akan besarnya biaya yang perlu dibayarkan. Setidaknya uangmu cukup untuk membiayai 50%-75% dari biayanya kalau jumlahnya sangat besar.

Sisanya sementara bisa di-cover pakai tabungan pribadi, jadi tidak perlu mengutang. Nanti kalau ada rezeki, kamu bisa gantikan uangnya agar jumlah tabunganmu kembali seperti jumlah awalnya.

Baca Juga: Jangan Ditunda! Lakukan Kebiasaan Baik Ini Dalam Mengatur Keuangan

5. Jangan nongkrong di cafe mahal

loader

Buat yang hobi nongkrong, kenapa tidak coba nongkrong di kafe yang budget friendly? Ada banyak kafe yang bisa dijadikan pilihan, apalagi kalau kamu tinggal di kota-kota besar, seperti Jakarta. Pilihannya pasti semakin banyak lagi.

Kuncinya ada di tanganmu. Mau ribet atau tidak karena untuk mencari cafe yang terjangkau biasanya butuh waktu. Harus cari di sosial media dan Google, lalu bandingkan harga menu di kafe satu dan lainnya. 

Kalau kamu tidak keberatan melakukannya, silahkan dicoba. Gunakan waktu luang untuk melakukan pencarian. Lalu, catatkan nama-nama cafenya, jadi kamu punya alternatif kalau misalnya kafe yang satu kurang disukai teman-temanmu.

6. Beli voucher makan murah

Nongkrong dengan budget minim semakin mudah dilakukan di era modern seperti sekarang. Pasalnya berkat kecanggihan teknologi, sekarang ada beberapa aplikasi yang dikhususkan untuk makan murah. Caranya dengan membeli voucher makan di tempat tertentu.

Untuk daftar tempatnya, kamu bisa scroll di aplikasi yang bersangkutan. Kalau aplikasinya masih baru, merchant yang berpartisipasi biasanya masih sedikit. Tapi enaknya, promonya besar, jadi hematnya bisa maksimal.

Sayangnya, promo ini hanya berlaku untuk menu-menu tertentu saja. Jadi, kamu harus memastikan apakah menu yang disukai ada atau tidak di kafe atau restoran tersebut.

7. Pantau pengeluaran lewat aplikasi

loader

Memantau jumlah pengeluaran selama satu bulan bukanlah hal yang sulit. Kini kamu bisa memanfaatkan aplikasi money management, seperti My Wallet, Money Lover, dan lain sebagainya lewat smartphone.

Dari aplikasi, kamu bisa lihat berapa banyak uang yang sudah dihabiskan untuk pos A, B, C, dan seterusnya. Riwayat pengeluaranmu tercatat dengan rapi di sana.

Kapan dan dimana saja, kamu bisa mencatat semua pengeluaran dalam satu aplikasi. Jangan lupa lakukan evaluasi secara rutin. Siapa tahu ada pengeluaran yang masih bisa dihemat. 

Hemat Itu Menyenangkan

Siapa bilang hemat itu menyebalkan? Asal dilakukan dengan senang hati, berhemat bisa jadi kegiatan yang sangat menyenangkan. Apalagi kalau kamu bisa menemukan partner atau teman untuk sama-sama hidup hemat.

Baca Juga: 7 Tanda Kamu Salah Dalam Mengelola Pendapatan Bulanan