7 Trik Mencari Kos-kosan yang Nyaman dan Bisa Bikin Betah

Mencari kosan-kosan tidak semudah kelihatannya. Kegiatan ini justru menguras waktu dan tenaga yang cukup besar, terutama untuk Anda yang terlalu pemilih. Hanya karena kost yang dikunjungi tidak memenuhi satu kriteria yang pas, pastinya Anda langsung mencoret kost itu dari daftar. 

Memang, memilih-milih kos adalah hal yang sangat wajar, mengingat kos tersebut akan menjadi tempat tinggal untuk sementara waktu maka kos haruslah yang sesuai dengan keinginan agar nyaman. Jangan heran, bila setiap orang punya banyak hal yang dipertimbangkan dalam memilih kos. 

Agar lebih mudah, Anda bisa menyimak beberapa trik mencari kos yang nyaman pada ulasan berikut ini yang telah Cermati.com rangkum dari berbagai sumber.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Memanfaatkan media online

media sosial
Memanfaatkan media online

Mencari kos-kosan lewat koran atau majalah sudah tidak zamannya lagi. Saat ini, sudah ada berbagai media online yang bisa dimanfaatkan untuk memudahkan proses mencari kost. Sebut saja, aplikasi Instagram, Facebook, atau Twitter, bahkan sudah ada website khusus daftar kostan di seluruh kota. 

Tipe kos yang ditawarkan juga banyak dan cukup bervariasi, sehingga kesempatan untuk memilih semakin besar. Jika sudah menemukan satu yang pas di media online, Anda bisa langsung kunjungi ke alamat kos tersebut untuk melihat situasi dan kondisi di sana. Cara ini cukup efektif dan efisien dibandingkan harus mengunjungi kos secara satu per satu. 

2. Fasilitas, fasilitas, dan fasilitas!

Mencari suatu kos sebaiknya jangan asal-asalan. Anda harus mempertimbangkan sejumlah fasilitas yang disediakan oleh pemilik kos. Apalagi untuk Anda yang mahasiswa, fasilitas seperti wifi menjadi sesuatu yang sangat krusial. Tanpa wifi, Anda kesulitan saat mengerjakan tugas. Sedangkan bagi yang tinggal di iklim panas, fasilitas seperti AC sangatlah dibutuhkan untuk menyejukkan ruangan kamar.

Fasilitas ini ada banyak jenisnya, jadi sesuaikan dengan kebutuhan. Cari dan pilih kos yang menawarkan fasilitas terbaik menurut versimu sendiri, sehingga betah untuk tinggal di kos tersebut.

3. Status kamar mandi: pribadi atau sharing

Tentunya, kamar yang dilengkapi dengan kamar mandi sendiri lebih nyaman daripada harus sharing. Selain tidak perlu mengantri, kesehatan juga lebih terjamin karena kamar mandi hanya dipakai olehmu. Sehingga produksi kuman dan bakteri yang ada di dalam kamar mandi dapat diminimalisir sekecil mungkin. 

Kekurangannya hanya satu, dimana Anda harus rajin menguras air dan menyikat kamar mandi agar tetap bersih. Sebab, kamar mandi pribadi menjadi urusan pribadi. Sementara kamar mandi bersama menjadi urusan bersama, dimana metode membersihkannya harus secara bergilir. 

4. Ruang khusus untuk tamu

ruang tamu

Tips selanjutnya adalah ketersediaan ruangan untuk tamu. Karena jujur, Anda tidak mungkin membiarkan tamu menunggu di luar sambil berdiri atau mengajaknya masuk ke kamar pribadimu. Oke lah kalau tamunya sesama jenis, kalau lawan jenis kan urusannya makin repot. Bisa-bisa Anda akan mendapat teguran dari sesama penghuni kos atau pemilik kos kalau sampai ketahuan.

Ruang khusus yang disediakan tidak perlu harus lebar, yang penting ada dan nyaman. Adanya ruang khusus ini juga sangat membantu saat ingin belajar kelompok, sehingga Anda dan teman-teman tidak perlu ke kafe.

Baca Juga: Cara Atur Uang bagi Anak Kos

5. Halaman parkir dan jemuran

Ketersediaan halaman parkir juga tak kalah penting, terutama untuk Anda yang ingin membawa kendaraan pribadi. Adanya parkir akan memudahkan untuk menyimpan kendaraan, sehingga safety atau keamanannya pun lebih terjamin daripada harus memarkirnya di luar kos. 

Selain parkir, alangkah baiknya bila kos pilihanmu sudah menyediakan tempat untuk menjemur pakaian. Karena jujur, tidak semua orang suka memakai jasa laundry pakaian. Kalau Anda termasuk salah satunya, poin ini harus benar-benar dipertimbangkan secara matang. 

6. Keamanan

Daerah kos-kosan biasanya cukup rawan dengan tindak kriminalitas, seperti pencurian. Maka dari itu, pastikan kost yang hendak dipilih memiliki penjaga khusus. Entah itu pemilik kost itu sendiri ataupun orang sewaannya, sehingga Anda dan penghuni kost lainnya bisa merasa lega saat hendak bepergian atau melakukan aktivitas. 

Lebih bagus lagi kalau misalnya kos dilengkapi dengan kamera CCTV. Dengan demikian, semua aktivitas yang ada di sekitar halaman kos bisa dipantau dengan baik, terutama siapa yang keluar dan masuk ke kos.

Baca Juga: 6 Kesalahan Fatal yang Mesti Dihindari Saat Mencari Kos-kosan

7. Letak kamar

Poin yang tak kalah penting adalah letak atau posisi kamar. Bagi Anda yang tidak biasa tinggal di lantai dua atau tiga, pilih lah kamar yang letaknya di lantai dasar atau bawah. Dengan begitu Anda merasa nyaman dan tetap produktif saat melakukan aktivitas sehari-hari.

Kalau misalnya kamar di lantai bawah sudah ludes, lebih baik cari kos lain kalau memang tidak mau tinggal di lantai atas. Tapi kalau sudah merasa cocok dengan fasilitas dan suasana di kos tersebut, lebih baik jangan pindah. Tunggu waktu pindah ke lantai bawah kalau misalnya salah satu penghuni kamarnya pindah kost. 

Sulap Kos Menjadi Tempat Ternyaman

Berhubung karena sebagian hari akan dihabiskan di kos, ada baiknya kalau Anda senantiasa menjaga kebersihan dan kerapian kamar kos. Kalau perlu tambahkan pernak-pernik untuk menghias kamar kos agar terlihat lebih menarik. Jadikan kamar kos menjadi tempat ternyaman agar Anda betah tinggal di dalamnya.

Baca Juga: Pasangan Baru, Perhatikan 6 Hal ini Jika Ingin Ngontrak Rumah