8 Daftar Barang Paling Banyak Dibeli Online Selama Pandemi

Sudah hampir dua tahun pandemi, kira-kira sudah berapa kali kurir pengiriman mengetuk pintu rumahmu untuk mengantarkan paket? Mungkin lebih dari belasan kali karena selama pandemi keinginan belanja meningkat drastis.

Tak hanya untuk memenuhi keinginan belanja, tapi juga kebutuhan sehari-hari. Karena faktanya, belanja online di e-commerce jauh lebih aman daripada belanja langsung ke toko, mall atau supermarket.

Dari sekian banyak barang yang dijual di e-commerce, berikut ini daftar barang yang paling banyak dibeli selama pandemi. Apakah kamu membeli semuanya?

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

8 Daftar Barang Paling Banyak Dibeli Selama Pandemi

1. Bahan makanan

loader
Bahan makanan

Mengingat belanja di supermarket terlalu berisiko, banyak orang yang berbelanja bahan makanan secara online. Mulai ikan, sayur, bumbu masak, hingga camilan. 

Menariknya, harga bahan makanan yang dibeli secara online jauh lebih murah. Ditambah lagi dengan adanya layanan pengiriman gratis, jadi masyarakat merasa sangat diuntungkan.

Tak heran kalau jumlah penjual bahan makanan online semakin banyak. Sebab, permintaannya pun bertambah semenjak pandemi.

2. Furniture

Pembelian furniture pun meningkat semenjak pandemi karena banyak orang menghabiskan waktu di rumah. Meja, kursi, dan lemari minimalis cukup laris di situs belanja online dengan harga yang cukup terjangkau.

Dengan penambahan furniture, rumah semakin terisi dan enak dipandang. Barang-barang yang biasanya berantakan juga lebih tertata sesuai tempatnya.

Baca Juga: Belanja Online Justru Lebih Boros, Kok Bisa? Ini Penyebabnya

3. Skincare

Meskipun cuma di rumah saja, skincare wajib masuk dalam daftar belanja. Hal yang wajar karena merawat diri memberikan kesenangan bagi diri sendiri.

Justru karena di rumah juga, skincare tersebut dapat bekerja secara maksimal. Sebab, kamu punya banyak waktu untuk memperhatikan kondisi kulit.

Tapi ingat, pembelian harus berdasarkan kebutuhan. Jangan sampai beli yang kurang penting karena buang-buang duit. 

4. Alat-alat elektronik

Khusus untuk ibu rumah tangga, alat-alat elektronik menjadi barang yang banyak diincar. Mulai dari vacuum cleaner, humidifier, microwave, dan air fryer. 

Semuanya memang ditujukan untuk memudahkan pekerjaan rumah untuk menghemat tenaga. Apalagi karena semua anggota keluarga berkumpul di rumah, rumah lebih gampang kotor. 

Menariknya lagi, banyak flash sale dan cashback yang membuat minat belanja meningkat. Ditambah lagi dengan fasilitas cicilan kartu kredit 0%. Siapa yang tak tergoda?

5. Perlengkapan hiburan

Perlengkapan untuk hiburan, seperti playstation, karaoke, dan lightstick tak boleh dilupakan begitu saja mengingat banyaknya waktu yang dihabiskan di rumah. Sebab, kebanyakan tempat hiburan di tanah air ditutup selama pandemi.

Tujuan penutupannya baik, yaitu untuk mencegah penyebaran virus Corona-19 agar masyarakat senantiasa sehat.

Mengingat perlengkapan hiburan ini tidak hanya sekali pakai, sebaiknya pilih yang berkualitas. Setelah pandemi usai pun, kamu masih bisa gunakan untuk mengisi kegiatan pada akhir pekan.  

6. Alat-alat memasak

loader
Alat-alat masak

Selama pandemi, masak makanan sendiri adalah alternatif terbaik untuk mengurangi rasa takut akan virus Corona meskipun butuh effort yang agak besar. Hasil masakan biasanya diunggah di akun sosial media masing-masing.

Tak heran kalau alat-alat memasak menjadi satu barang yang wajib ada di keranjang belanja akun e-commerce milikmu. Sebut saja wajan penggorengan dan alat pengocok telur atau gula.

Selain untuk dimanfaatkan fungsinya, banyak pula yang membeli alat-alat memasak karena nilai estetikanya. Misalnya sendok, garpu, dan sumpit berwarna gold yang dikemas dalam kotak lucu bisa dijadikan hiasan di dapur kalau tidak digunakan. 

Baca Juga: Wajib Tahu, Ini Cara Aman Belanja Kebutuhan Rumah Saat Pandemi Corona

7. Hiasan dinding

Jangankan di akhir pekan, di sela-sela waktu kerja pun banyak yang menyempatkan diri untuk mendekorasi ruangan kerja. Tujuannya agar kerja di rumah terasa seperti di kantor, jadi kamu bisa fokus dan semangat.

Ternyata hiasan dinding menjadi pernak-pernik yang cukup membantu, lho! Sebut saja lukisan, tanaman artificial, dream board, dan wallpaper dinding yang dalam sekejap bisa mengubah suasana bekerja dari rumah. 

Harganya juga cukup terjangkau, jadi wajar kalau banyak diserbu. Umur ekonomisnya juga lama. Membelinya bisa dipastikan tak akan merugi.

8. Perlengkapan olahraga

Selain menjaga kebersihan makanan, kamu pasti lebih sering berolahraga sejak pandemi agar tubuh tetap sehat. Sebab, bibit penyakit akan lebih sulit masuk saat stamina tubuh terjaga. 

Tak heran apabila perlengkapan olahraga masuk ke dalam daftar barang paling banyak dibeli selama pandemi. Bukan hanya pakaian saja, tapi juga sepatu, alat-alat gym, hingga sepeda bagi yang suka olahraga kardio.

Perlengkapan olahraga yang lengkap sejatinya dapat meningkatkan semangat untuk berolahraga, meskipun hanya di sekitar kompleks perumahan. Hal ini jauh lebih baik daripada berdiam diri di rumah. 

Pastikan Pengeluaran Tetap Terkontrol

Mau belanja barang apapun selama pandemi, sebenarnya sah-sah saja asal kondisi keuangan tetap terkontrol. Dalam arti, pengeluaran selalu lebih kecil daripada pemasukan untuk menghindari potensi timbulnya utang. Apalagi selama pandemi kondisi perekonomian terguncang, jadi bijak dalam mengelola pemasukan sangatlah penting.

Baca Juga: Takut Terpapar Covid-19, Ini 9 Tips Aman Tarik Tunai Selama Pandemi