8 Hal Istimewa yang Didapatkan Saat Mobil Diasuransikan

Sejatinya, bukan hanya kesehatan diri sendiri saja yang perlu diasuransikan. Salah satu barang berharga, seperti mobil juga perlu mendapat perlindungan mengingat tingginya risiko berkendara yang terjadi dewasa ini. 

Selain perlindungan berupa ganti rugi saat mobil rusak atau lecet, perusahaan asuransi juga memberikan beberapa hal istimewa kepada nasabah. Berikut hal-hal istimewa yang bisa didapatkan saat mobil diasuransikan: 

Bingung cari asuransi mobil terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Beli Asuransi Mobil Terbaik Sekarang!  

1. Bengkel rekanan yang luas

loader

Mobil rusak bukanlah malapetaka lagi. Dengan mengasuransikan mobil, Anda berhak mendapatkan layanan perbaikan yang cepat saat mobil mengalami kerusakan di tengah perjalanan. Dengan catatan, perbaikan dilakukan di bengkel rekanan dari perusahaan asuransi. 

Sebelum membeli asuransi mobil, penting untuk mengetahui bengkel rekanan perusahaan asuransi. Berapa banyak bengkel yang sudah bekerja sama dengan perusahaan karena ini akan memudahkan Anda untuk mendapatkan fasilitas perbaikan saat mobil rusak nanti.

2. Kemudahan klaim

Semua polis berhak mengajukan klaim apabila kendaraan mengalami kerusakan, baik karena kecelakaan, bencana alam, tawuran, dan lainnya sebagaimana tercatat dalam kebijakan klaim asuransi. Sebaiknya ikuti prosedur pengajuan klaim seperti yang ditetapkan oleh perusahaan untuk mempercepat proses ganti rugi.

Mulai dari mengisi formulir, melampirkan bukti bagian kerusakan pada kendaraan, dan lain sebagainya. Selagi kerusakan tersebut murni karena kecelakaan, percayalah proses pengajuan klaim akan dipermudah oleh perusahaan. Apalagi pengajuan klaim ini sudah menjadi bagian dari hak semua polis saat mengasuransikan kendaraan.

Baca Juga: Cara Cerdas Pilih Asuransi Mobil Murah yang Wajib Diketahui

3. Layanan customer service

Jika suatu saat Anda mengalami kesulitan saat mengajukan klaim atau tidak mengerti mengenai poin-poin yang tertulis, maka bisa hubungi customer service perusahaan asuransi. Layanan ini dapat diakses melalui aplikasi Whatsapp, panggilan telepon, maupun live chat di website resmi perusahaan.

Layanan ini secara otomatis mempermudah Anda untuk mendapatkan informasi sesuai kebutuhan. Namun untuk mendapatkan layanan ini, biasanya perlu mengantri karena banyaknya nasabah yang perlu dilayani dalam waktu bersamaan. Sebaiknya siapkan semua pertanyaan secara terperinci untuk menghemat waktu tunggu balasan dari customer service yang bersangkutan.

4. Ambulans gratis

loader

Hal istimewa yang satu ini diberikan sewaktu polis mengalami kecelakaan di perjalanan. Layanan ambulans akan mengantarkan polis ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut sebelum kondisi kesehatan polis bertambah parah. 

Tapi ingat, hanya untuk biaya pengantaran polis ke rumah sakit saja. Untuk biaya perobatan, polis harus tanggung pakai uang pribadi. Lain halnya kalau polis ikut asuransi kesehatan, maka biaya perobatan selama proses pemulihan dari kecelakaan akan ditanggung sebagian oleh perusahaan asuransi yang bersangkutan.

5. Penggantian biaya transportasi

Perusahaan asuransi juga memberikan penggantian biaya transportasi apabila mobil yang diasuransikan rusak dan masih dalam tahap perbaikan. Penggantian biaya transportasi ini beragam, tergantung dari kebijakan masing-masing perusahaan asuransi. 

Tidak semua perusahaan juga memberikan hak istimewa yang satu ini. Makanya ada baiknya ditanyakan terlebih dahulu mengenai keuntungan-keuntungan yang didapatkan selama bergabung menjadi polis untuk menghindari adanya miskomunikasi.

Baca Juga: Pemilik Kendaraan Perlu Tahu, Ini Asuransi Mobil untuk Mengcover Bencana Alam

6. Mobil pengganti selama perbaikan

Mobil masih dalam tahap perbaikan? Tidak perlu khawatir karena selama mobil diperbaiki, perusahaan asuransi akan memberikan fasilitas mobil pengganti untuk menemani hari-hari Anda. Jadi, bisa tetap beraktivitas sebagaimana mestinya.

Fasilitas mobil pengganti ini sejatinya akan dikembalikan kepada perusahaan setelah mobil yang diasuransikan selesai diperbaiki dan bisa digunakan untuk berkendara. Pastikan Anda memaksimalkan fungsi mobil pengganti dan menjaganya dengan baik selama masa peminjaman. 

7. Layanan Derek gratis

loader

Apabila mobil yang diasuransikan sama sekali tidak bisa digunakan, maka perusahaan asuransi siap membantu. Caranya dengan menyediakan layanan derek gratis untuk mengangkut mobil ke bengkel rekanan guna mendapat perbaikan. 

Sebaiknya hubungi customer service perusahaan asuransi saat Anda membutuhkan layanan derek ini. Beritahukan lokasi penderekan ingin dilakukan dan tunggu selama beberapa saat sampai layanan derek tiba di tempat.

8. Fitur terbaru asuransi

Perusahaan asuransi kerap kali melakukan peningkatan layanan untuk memanjakan nasabah. Caranya dengan menambahkan fitur-fitur terbaru dalam produk asuransi mobil yang kabarnya bisa dimanfaatkan langsung oleh nasabah. 

Pemberitahuan mengenai fitur-fitur terbaru biasanya diberitahukan melalui email, SMS, atau telepon. Jadi sebelum fitur ini dipublikasikan secara umum, biasanya nasabah asuransilah yang terlebih dahulu mendapatkan informasi dan dapat memanfaatkan fitur ini. 

Maksimalkan Manfaat dari Asuransi Mobil

Mengikutsertakan mobil Anda dalam asuransi bukanlah suatu kerugian, melainkan keuntungan karena mobil mendapatkan proteksi maksimal selama masa penggunaan. Selain perlindungan tersebut, juga terdapat sejumlah hal istimewa yang dapat langsung dimanfaatkan seperti yang sudah dijelaskan dalam poin-poin di atas. Maka dari itu, maksimalkan manfaat dari produk asuransi dan jangan sungkan bertanya kalau ada sesuatu yang kurang dimengerti terkait produk asuransi mobil.

Baca Juga: Ingin Beli Asuransi Mobil, Sebaiknya Mulai dari Mana?