Ingin Beli Asuransi Mobil, Sebaiknya Mulai dari Mana?

Mobil merupakan alat transportasi penting dalam kehidupan manusia saat ini. Bukan sekadar untuk keperluan bepergian, mobil sudah jadi kebutuhan utama masyarakat urban. 

Jika kamu memiliki asuransi kesehatan untuk memproteksimu dari risiko penyakit, untuk mobil pun harus demikian. Penting untuk mempunyai asuransi mobil yang dapat melindungi kendaraanmu dari berbagai risiko di jalan.

Baca Juga: Ini Dia yang Harus Diketahui tentang Asuransi Mobil yang Over Kredit

Bingung cari asuransi mobil terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Beli Asuransi Mobil Terbaik Sekarang!  

loader
Membeli produk asuransi mobil jangan asal pilih

Berikut tips membeli asuransi mobil yang tepat:

1. Mencari detail informasi seputar produk asuransi mobil

Setiap perusahaan asuransi pasti menawarkan berbagai macam paket yang berbeda. Oleh sebab itu, kamu harus cermat dan teliti dalam memilih paket tersebut.

Satu hal yang wajib kamu lakukan adalah mencari tahu seberapa luas produk asuransi mobil tersebut mampu memberikan proteksi terhadap kendaraan kesayanganmu.

Tak dimungkiri, semakin luas cakupan asuransi tersebut memproteksi kendaraan, maka semakin mahal pula premi yang harus kamu bayar.

Namun hal tersebut tak jadi masalah bila kamu memang mampu dari sisi finansial dan produk asuransi tersebut sesuai kebutuhanmu. 

2. Yang punya jaringan luas

Kamu juga wajib menelusuri jaringan yang dimiliki perusahaan asuransi tersebut. Caranya mudah, gali informasi mengenai jumlah kantor cabang yang melayani asuransi mobil sampai berapa banyak bengkel rekanannya. 

Ketahuilah, luasnya jaringan suatu perusahaan asuransi sangat bermanfaat saat kamu ingin mengajukan klaim. Bahkan, kamu bisa mendapat keuntungan jika bengkel langganan ternyata menjadi bengkel rekanan perusahaan asuransi kendaraan tersebut.

Baca Juga: 5 Hal yang Menentukan Nilai Pertanggungan Asuransi Kendaraan

3. Tidak tergiur premi murah

Tidak salah kalau kamu fokus mencari premi dengan harga termurah. Namun premi yang terlalu murah belum tentu menjamin kualitas pelayanan yang diberikan.

Saat ini, makin banyak perusahaan asuransi kendaraan yang menawarkan promo gila-gilaan. Premi mulai dari Rp 10 ribu, atau hanya Rp 5 ribu saja.

Sebagian besar dari perusahaan tersebut bahkan rela banting harga tanpa memikirkan soal kualitas. Oleh sebab itu, kamu wajib mencari tahu dari siapapun yang pernah atau sedang menjadi pengguna produk tersebut.

Testimoni dari pelanggan sebelumnya sudah pasti dapat dipercaya. Akan tetapi, kamu perlu mengimbangi hal tersebut dengan pendapat lain dari kerabat atau siapa saja demi keakuratan informasi tersebut. 

Bila kamu masih merasa kurang puas, tak ada salahnya berkunjung atau sekadar menjadi anggota suatu komunitas maupun forum pecinta mobil yang tersebar di internet.

Umumnya, komunitas tersebut memiliki banyak sekali pendapat yang bisa kamu himpun dan tarik kesimpulan asuransi mana yang terbaik. Jika beruntung, kamu malah bisa mendapat sejumlah rekomendasi seputar asuransi mobil paling tepat dari komunitas terkait.

loader
Ilustrasi premi asuransi mobil

4. Perhatikan reputasinya

Langkah selanjutnya adalah mencari informasi reputasi atau kredibilitas perusahaan asuransi. Tak ada salahnya jika kamu menanyakan pada bengkel rekanan terkait layanan asuransi mobil.

Fakta tentang kerja sama yang terjalin beserta kelancaran pembayaran, pengajuan klaim dari pihak perusahaan asuransi kepada bengkel bisa jadi semacam tolak ukur pemilihan produk tersebut.

Baca Juga: Keuangan Tetap Stabil, Begini Tips Meminimalisir Risiko Finansial Akibat Kecelakaan Mobil

5. Ketersediaan fasilitas penting lainnya

Berikutnya adalah menanyakan soal fasilitas tambahan pada asuransi mobil. Biasanya, fasilitas ini berupa mobil derek ataupun mobil pengganti, ambulans, disertai layanan pelanggan yang bisa dijangkau kapanpun. 

Sebagai manusia biasa, kamu tak tahu risiko atau musibah apa yang mungkin bisa saja terjadi. Karenanya, fasilitas tambahan dari pihak perusahaan asuransi harus bisa diakses secara cepat.

Pertimbangkan Setiap Poin untuk Memilih yang Tepat

Setidaknya ada tiga hal penting yang seharusnya dipertimbangkan saat memilih asuransi untuk mobil kesayangan. Mulai dari kredibilitas perusahaan asuransi, premi, dan jaringan sebagai layanan utama.

Paling penting adalah memilih asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi keuangan. Pastinya bisa meng-cover risiko kerugian bila terjadi risiko terhadap mobil, namun tidak membebani keuangan ketika harus membayar premi.

Sebab, bujet asuransi dalam keuangan pribadi tidak hanya fokus membiayai asuransi mobil, tetapi ada asuransi kesehatan, asuransi jiwa, bahkan asuransi rumah. Jangan memaksakan keadaan.

Bila keuangan pas-pasan, sebaiknya pilih asuransi mobil yang bukan komprehensif atau Total Loss Only (TLO). Namun jika punya bujet lebih, dan kebutuhan lebih komprehensif, tak ada salahnya memilih asuransi all risk.

Baca Juga: Biaya Servis Mobil dan Tips Menghematnya, Cek di Sini