8 Ide Bisnis Kreatif dari Dunia Pendidikan

Semua hal bisa dibisniskan, tak terkecuali bidang pendidikan. Di era yang serba harus kreatif ini, kita harus mampu memanfaatkan segala kesempatan menjadi sumber penghidupan jika tidak bisa tunduk pada aturan kerja bisnis orang lain. Menjadikan bidang pendidikan sebagai potensi bisnis memang bukan sebuah hal baru tetapi potensi meraup keuntungan dari bidang ini tidak banyak dilakukan oleh masyarakat sebab bidang usaha lain seperti fashion dan kuliner terlihat lebih menjanjikan. Padahal kenyataannya, tidak selalu bidang pendidikan tidak bisa memberikan keuntungan bisnis yang besar seperti yang diimpikan.

Bagi Anda yang berminat untuk mulai membuka usaha bisnis sendiri, terutama bergerak di bidang pendidikan, Anda mungkin masih mencari ide yang tepat dan spesifik serta sesuai dengan modal yang Anda miliki. Ketahuilah, bisnis di bidang pendidikan sesungguhnya tak hanya soal lembaga bimbingan belajar – meskipun memang bisnis tersebut merupakan salah satu bisnis yang kini sedang naik daun. Ingin tahu bisnis di bidang pendidikan apa saja yang bisa Anda bangun? Mari kita simak ulasan singkatnya berikut ini.

1. Les Pelajaran (Privat)

loader

Les Privat via jeunes-diplomates.com

 

Les privat nampaknya menjadi bisnis di bidang pendidikan yang membutuhkan modal relatif kecil namun bisa menjanjikan penghasilan yang relatif besar. Modal Anda adalah pengetahuan, waktu, kendaraan, dan tenaga. Anda hanya tinggal menyediakan waktu dan tenaga untuk memberikan pengajaran yang lebih intens pada anak didik yang merasa kesulitan mendalami pelajaran di sekolah. Keuntungan dari menekuni bisnis ini adalah Anda mendapatkan penghasilan yang relatif besar (tergantung pada tingkat pendidikan murid yang Anda ajar), terkadang masih mendapatkan suguhan yang tidak sedikit, hingga belajar mendidik anak. Dengan menjadi pribadi yang mengajar secara independen, bukan tergabung pada lembaga bimbingan belajar, Anda tidak akan terbebani dengan berbagai aturan dan target jam mengajar yang harus dipenuhi. Selain itu, fee yang Anda terima tentu tidak akan terpotong.

2. Les Baca Tulis Hitung atau Calistung

Tingkat mobilitas masyarakat modern yang relatif tinggi terkadang harus membuat mereka meninggalkan anak demi bekerja dan mengumpulkan pundi-pundi rupiah. Akibatnya sudah bisa ditebak, anak menjadi hanya memiliki sedikit waktu dengan orang tua dan kesempatan untuk belajar menjadi lebih sedikit. Maka dari itu tak heran banyak orang tua yang akhirnya ‘melimpahkan’ tanggung jawab dalam mengajar dan mendidik anak kepada orang lain dalam beberapa kebutuhan, salah satunya adalah mengajarkan anak untuk membaca, menulis, dan menghitung. Bisnis ini bisa Anda tekuni terutama Anda yang memang menyukai dan sabar terhadap anak-anak.

Baca Juga: 7 Hobi yang Berpotensi Menghasilkan Uang

3. PAUD

loader

Suasana PAUD via pokjabundapaudaceh.org

 

PAUD merupakan singkatan dari Pendidikan Anak Usia Dini. Bisnis satu ini juga bisa menjadi alternatif yang akan Anda geluti akan tetapi perlu Anda ketahui bahwa bidang bisnis satu ini tidak bisa dijalankan sendiri. Ajaklah beberapa teman dan kerja sama dengan beberapa pihak untuk menjalankan program PAUD yang biasanya dilakukan dalam lingkungan desa.

4. Kursus Bahasa Asing

Saat ini, kemampuan bahasa asing menjadi salah satu keterampilan yang wajib dimiliki untuk melamar pekerjaan, setidaknya kemampuan untuk berbahasa Inggris. Jika Anda memiliki pengetahuan dan kemampuan untuk mengajar bahasa asing, jangan ragu untuk menjadikan hal tersebut sebagai bisnis Anda. Ajaklah beberapa rekan yang memiliki keterampilan serupa untuk turut berpartisipasi sebagai tenaga pengajar. Kemungkinan bisnis ini berjalan dan bertahan relatif besar mengingat kebutuhan masyarakat akan pengajaran dan pendidikan bahasa asing semakin meningkat.

5. Kursus Komputer

loader

Belajar Komputer via computer-course-center.com

 

Selain mampu berkomunikasi dalam bahasa asing, kemampuan dan keterampilan lain yang tidak kalah penting untuk melamar pekerjaan dalam sebuah perusahaan adalah keterampilan menggunakan komputer beserta software di dalamnya. Anda yang merasa mampu dan menguasai ilmu komputer boleh saja mendirikan sebuah bisnis yang berkecimpung dalam pendidikan komputer. Targetnya bisa saja anak sekolah maupun orang dewasa yang memiliki kebutuhan khusus untuk bisa mengoperasikan komputer dan software tertentu. Tarifnya pun relatif tinggi dan hal ini berpotensi mengundang keuntungan yang tidak sedikit.

6. Stationary

Selain bisnis yang bergerak di bidang lembaga pengajaran dan pendidikan, Anda juga bisa memanfaatkan peluang anak sekolah yang membutuhkan berbagai alat tulis dengan membuka bisnis stationary. Anda bahkan tidak hanya menyasar target pelajar namun juga pekerja kantoran yang membutuhkan alat tulis lengkap. Semakin lengkap produk yang Anda jual di toko dengan beragam variasi baik dari segi merek, harga, maupun kualitas, semakin tinggi minat konsumen untuk berbelanja di toko Anda serta loyalitas mereka pada Anda.

Baca Juga: 10 Ide Bisnis Makanan Ringan untuk Pemula

7. Toko Seragam Sekolah

loader

Jual Seragam Sekolah via blogspot.com

 

Kebutuhan lain yang tidak kalah pentingnya bagi anak sekolah adalah seragam. Anda bisa memanfaatkan peluang ini dengan membuka toko seragam sekolah mulai dari SD, SMP, hingga SMA. Peluang lain yang bergerak di bidang sejenis adalah menerima pesanan seragam dengan model dan tema yang bisa disesuaikan dengan permintaan konsumen. Semakin variatif jenis kain seragam dan model seragam yang Anda jual, semakin tinggi kemungkinan bisnis Anda berlangsung lama dan stabil karena konsumen merasa Anda bisa menyediakan kebutuhan mereka secara lengkap.

8. Jasa Antar Jemput Anak Sekolah

Karena tidak semua orang tua bersedia menyisihkan waktu mereka untuk mengantar-jemput anak mereka, Anda bisa memanfaatkan peluang jasa antar jemput anak sekolah ini sebagai jawaban bagi orang tua yang sibuk. Modal yang Anda butuhkan adalah mobil yang layak pakai dan sanggup menampung hingga 10 atau 15 anak sekolah untuk sekali jalan. Bisnis ini mampu menjanjikan penghasilan dan keuntungan besar sebab modal yang dibutuhkan selain mobil hanyalah bahan bakar dan tenaga supir. Tiga hal kunci yang menjadi kesuksesan bisnis ini adalah kedisiplinan, keamanan, serta keselamatan bagi anak yang menumpang.

Dunia Pendidikan Adalah Lahan Bisnis yang Bagus

Kebutuhan anak sekolah yang semakin hari semakin kompleks harus Anda sadari sebagai salah satu peluang yang mampu memberikan Anda ide bisnis untuk berkecimpung dalam bidang pendidikan. Dengan peka terhadap apa yang menjadi kebutuhan konsumen utama Anda, yakni anak sekolahan, maka bisnis yang Anda bangun bisa lebih spesifik dalam menyediakan produk yang dibutuhkan. Tentu saja hal ini akan menjadi kekuatan bisnis dan keunggulan kompetitif dibandingkan dengan bisnis pesaing yang pada akhirnya tidak menutup kemungkinan membuat bisnis Anda lebih dikenal oleh konsumen bahkan berhasil mendapatkan loyalitas mereka.

Baca Juga: Kiat Sukses Membangun Usaha Kafe Dengan Modal Minim