8 Ide Resolusi Mengembangkan Diri di Tahun Baru

Momen tahun baru umumnya digunakan banyak orang untuk mengevaluasi diri pada tahun sebelumnya. Setelah itu membuat resolusi tahun berikutnya untuk mencapai sesuatu yang lebih baik di masa depan. Banyak kejadian yang bisa direnungkan di tahun lalu, dan apa saja yang menjadi target untuk dicapai di tahun selanjutnya.

Membuat resolusi tahun baru memang sangat bermanfaat bagi pengembangan diri. Karena dengan adanya resolusi, jadi bisa fokus menggapai apa yang diimpikan. Berikut ini delapan ide resolusi yang dapat kamu lakukan di tahun baru sebagai pengembangan diri.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Mempelajari Bahasa Asing

loader
Mempelajari bahasa asing

Ide resolusi pertama untuk tahun baru yaitu mempelajari berbagai macam bahasa asing. Kegiatan mempelajari bahasa asing sangat penting saat ini, karena kemampuan bahasa asing sangat diperlukan di era seperti saat kni. 

Kamu bisa mulai belajar bahasa asing yang sering digunakan, seperti bahasa inggris, Spanyol, Mandarin, Arab, dan bahasa lainnya. Menguasai banyak bahasa asing juga akan bermanfaat bagi masa depanmu nanti. 

Karena semakin banyak bahasa asing yang dikuasai, semakin besar pula peluang kerja yang akan didapatkan. Mengingat kebutuhan soft skill seperti penguasaan bahasa asing sangat penting di dalam dunia kerja saat ini.

2. Baca Buku Lebih Banyak 

Membaca buku merupakan investasi masa depan jangka panjang, dengan banyak baca buku, banyak pula ilmu yang didapatkan. Membaca lebih banyak jenis buku bisa dimasukkan ke dalam resolusi tahun baru. Semakin banyak buku yang dibaca, akan semakin besar pula jendela pengetahuan yang dipelajari.

Banyak sekali manfaat membaca buku selain mendapat banyak pengetahuan baru. Seperti meningkatkan dalam hal daya ingat, fungsi kognitif juga meningkat, kemampuan berbahasa yang lebih baik.

3. Memperbaiki Kualitas Tidur

Kualitas tidur mungkin menjadi bahan evaluasi yang paling disesali pada akhir tahun. Biasanya ini berlaku pada orang yang tidurnya dibawah tujuh hingga delapan jam. Jika kamu juga termasuk ke dalam golongan orang-orang tersebut, maka lakukanlah resolusi ini pada tahun baru.

Selain untuk menghindari penyakit yang mudah datang, tidur cukup bisa membantu membuat suasana hati jadi lebih baik. Tak hanya itu, meningkatnya kekebalan tubuh, dan meningkatkan fokus juga termasuk manfaat dari tidur cukup.

4. Memperbanyak Jalan Kaki

Resolusi ini mungkin terlihat aneh jika kamu perhatikan, tetapi banyak jalan kaki memiliki manfata juga, lho. Mengingat semakin banyaknya kendaraan umum pada zaman ini, semakin berkurang juga kebiasaan jalan kaki. 

Padahal, jalan kaki memiliki banyak manfaat seperti mengurangi resiko kanker, nyeri sendi, dan lain-lain. Oleh karena itu, coba masukkan ide resolusi ini untuk kamu lakukan pada tahun yang akan datang. Maka kamu akan merasakan manfaatnya jika dilakukan dengan rutin.

Baca Juga: 15 Tips Keluarga Harmonis dan Bahagia di Tahun Baru

5. Menabung dan Lebih Hemat

loader
Menabung dan lebih hemat

Ide resolusi yang satu ini sudah pasti ada di daftar resolusi banyak orang. Menjadi pribadi yang lebih hemat merupakan keinginan banyak orang. Maka dari itu, tidak heran jika menabung masuk ke dalam daftar resolusi tahun baru.

Buat perencanaan keuangan selama setahun, dengan membagi kebutuhan dan keinginan. Pisahkan uang untuk kebutuhan yang wajib terlebih dahulu, baru penuhi daftar keinginan yang kamu buat.

6. Lakukan Hobi Baru

Mengisi resolusi tahun baru dengan mencoba hal-hal yang menantang memang sangat menyenangkan. Bukankah membosankan melakukan kegiatan yang sama setiap harinya, bahkan setiap minggunya? Kalau iya, berarti kamu harus mencoba ide resolusi ini agar pengalamanmu bertambah banyak.

Mencoba hobi baru juga akan mengisi kegiatan yang kosong dan membosankan. Kamu bisa mencoba beberapa kegiatan seperti, memasak, bersepeda, melukis, ikut klub olahraga, dll.

Baca Juga: Lakukan Ini untuk Kamu yang Ingin Punya Karir Baru di Tahun Baru

7. Dapatkan Penghasilan Tambahan

Ide resolusi selanjutnya yang dapat kamu terapkan adalah dengan menambah penghasilan. Cobalah mencari pekerjaan sesuai hobi dan waktu yang dimiliki, lakukan pekerjaan dengan senang hati. Selain bisa menambah pengalaman kerja, ide resolusi yang satu ini juga bisa meningkatkan soft skill-mu.

8. Hindari Junk Food

loader
Hindari junk food

Makanan cepat saji memang sangat menggoda dan sulit dipisahkan dari menu makanan yang wajib dimakan. Namun, perlu kamu ketahui bahwa mengkonsumsi junk food berlebihan akan berdampak buruk pada kesehatan nantinya. Oleh karena itu, masukkan pengurangan konsumsi junk food ini ke dalam daftar resolusi tahun barumu.

Lakukan Berbagai Hal Positif

Dengan resolusi akan membantu kamu jadi pribadi yang lebih berkembang ke arah yang lebih jelas. Jika kamu masih bimbang apa arah dan tujuan saat ini, coba renungkan apa yang sesungguhnya ingin kamu capai. Tulis di buku catatan berbagai hal yang positif dan lakukan secara bertahap. Stay focuss dan terus melangkah!

Baca Juga: Kumpulan Quotes Tahun Baru untuk Membuka Lembar Baru yang Lebih Indah