8 Tempat Belanja Buku Murah di Jakarta ini Wajib Dikunjungi Para Pecinta Buku

Bagi seseorang yang sangat menyukai buku bacaan tentu terbiasa dengan aktivitas berburu buku, terutama untuk buku-buku langka yang sulit didapatkan. Tidak selalu di toko buku yang besar, mereka biasanya sudah memiliki tempat-tempat khusus untuk menikmati hobi mereka. 

Pada umumnya setiap kota memiliki tempat penjualan buku yang harganya terjangkau dan terbilang lengkap, dimana para pecinta buku menjadikan tempat-tempat ini sebagai surga kesenangan mereka. Sebagai salah satu kota terbesar, Jakarta juga memiliki sejumlah lokasi penjualan buku murah yang sangat populer dan banyak dikunjungi. 

Jika kamu termasuk pecinta buku, maka kamu wajib mengunjungi lokasi ini dan menikmati hobimu berburu buku murah dengan menyenangkan, baik itu buku baru maupun buku bekas. Berikut beberapa tempat penjualan buku murah di kawasan Jakarta yang berhasil Cermati rangkum dari berbagai sumber: 

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

jual buku
Jual buku

1. Thamrin City 

Lokasi toko buku yang terdapat di Thamrin ini dihuni oleh sejumlah pedagang buku pindahan dari lokasi Kwitang, Senen, Jakarta Pusar. Toko buku ini menyediakan berbagai buku bekas berkualitas dengan harga yang terjangkau. Kamu bisa mengunjungi tempat ini sejak pukul 09.00 hingga 22.00 WIB setiap harinya. Alamat lengkapnya berada di, Lantai 3A, Thamrin City. Jalan K.H. Mas Mansyur, Kebon Melati, Tanah Abang, Jakarta Pusat. 

2. Blok M Square 

Berada tepat di lantai dasar (basement) Blok M Square, Jalan Melawai V, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, tempat penjualan buku bekas ini menjadi salah satu yang paling populer di kawasan Ibukota. Lokasi ini menjual buku yang beragam, baik itu dalam kondisi bekas maupun baru mulai dari buku pelajaran sekolah, majalah, novel, komik,  bahkan buku-buku yang terbilang langka sekalipun. 

Bukan hanya itu saja, tempat ini juga memungkinkan kamu melakukan tawar-menawar dengan penjual, sehingga kamu bisa mendapatkan harga terbaik untuk buku yang akan kamu beli dan bawa pulang. Kamu bisa mengunjungi tempat ini setiap harinya, sejak pukul 10.00 – 22.00 WIB. 

3. Kwitang atau Eks Kwitang 

Pusat penjualan buku populer ini berada tepat di Jalan Kwitang Raya, Kwitang, Jakarta Pusat dan menjadi salah satu yang paling lengkap. Sebagian besar pedagang buku di sini memang sudah pindah ke lokasi lain, namun tempat ini masih dihuni oleh sejumlah pedagang yang masih setia untuk berjualan buku di sana. Kwitang buka sejak pukul 09.00 – 17.00 WIB dan di tempat ini kamu bisa menemukan berbagai buku berkualitas hingga yang langka sekalipun.

Baca Juga: Belajar Cara Jadi Kaya dari 5 Buku Para Miliarder Dunia

4. Pusat Buku Bekas Samping Terminal Senen 

Lokasi penjualan buku ini berada tepat di Terminal Senen, RW 2, Senen, Jakarta Pusat dan buka setiap hari sejak pukul 09.00 - 17.00 WIB. Berbagai buku bekas yang berkualitas bisa ditemukan di tempat ini, lengkap dengan harga yang terbilang cukup murah. Selain itu, ada juga sejumlah buku keluaran baru juga bisa kamu temukan dan beli dengan harga yang masih terjangkau. Jangan khawatir, jika kamu pintar menawar maka kamu akan mendapatkan harga yang murah.

5. Pasar Jatinegara 

Lokasi ini memang tidak secara khusus menjual buku saja, namun cukup banyak lapak buku yang bisa kamu temukan di sana. Berada tepat di Jalan Matraman Raya, RT.7/RW.6, Bali Mester, Jatinegara, Jakarta Timur, tempat penjualan buku ini sudah bisa kamu kunjungi sejak pukul 09.00 - 22 WIB setiap harinya. Temukan berbagai buku bekas atau cetakan baru dengan harga yang masih terbilang murah. Selain itu, juga banyak menyediakan majalah dan buku-buku langka.

6. Toko Buku Bekas Delawas

Toko buku yang sudah terbilang modern ini beralamat lengkap di RT.7/RW.4, Tanjung Duren Utara, Grogol Petamburan, Jakarta Barat. Tempat ini buka sejak pukul 07.00 – 21.00 dan sudah menyediakan label harga pada setiap buku yang dijual. Meski kamu tak bisa menawar harga bukunya, namun kamu tetap bisa mendapatkan harga yang bersahabat, sebab harga buku di toko ini memang lebih murah jika dibandingkan dengan toko buku besar lainnya.

7. Galeri Buku Bengkel Deklamasi Taman Ismail Marzuki 

Tempat ini berada di Kompleks Taman Ismail Marzuki (TIM), Jalan Cikini Raya, Jakarta Pusat. Lokasi ini secara khusus banyak menyediakan beragam buku sastra dan juga budaya yang cukup lengkap, sehingga akan menjadi tempat yang tepat untuk kamu pecinta karya sastra.  Berbagai buku berkualitas dijual di sini dan bisa kamu tawar dengan leluasa. Tempat ini sudah buka sejak pukul 10.00 – 17.00 WIB. 

8. Pasar Festival 

Gudang Buku ini terletak di Pasar Festival, Jl. HR Rasuna Said, Setiabudi, Jakarta Selatan. Tempat ini menyediakan berbagai jenis buku, seperti: novel, buku sejarah, buku sastra, dan yang lainnya. Tempat ini sudah buka sejak pukul 07.00 – 22.00 WIB dan akan menjadi tempat yang tepat untuk pecinta buku yang menginginkan buku dengan harga terjangkau.

Baca Juga: 5 Buku Inspiratif yang Wajib Dibaca Calon Pebisnis Sukses

Pilih Buku Bacaan sesuai Kebutuhan

Berburu buku memang sudah menjadi kebutuhan para pecinta buku. Tapi jangan sampai dengan hadirnya ragam buku yang disediakan di toko-toko di atas membuatmu menjadi bingung harus memilih buku yang mana. Bahkan, terkadang sering terjadi apapun buku bacaannya langsung dibeli semuanya. Padahal belum tentu dibaca. 

Untuk itu, kamu harus memastikan buku bacaan yang nanti akan dibeli sesuai dengan kebutuhan saja. Setelah sudah selesai dibaca, barulah membeli buku bacaan lainnya.

Baca Juga: 5 Buku Bisnis yang Akan Mengubah Pola Pikir Anda