8 Tips Sederhana Mengubah Tampilan Rumah

Tinggal di dalam rumah yang tampilannya begitu-gitu saja tentu membosankan. Ada kalanya keinginan untuk mengubah tampilan rumah menjadi lebih menarik itu muncul, sehingga tinggal di rumah pun semakin betah. Bukan hal yang gampang karena aktivitas ini memakan banyak waktu, juga tenaga. 

Nah, bagi Anda yang hari-harinya sibuk bekerja, tidak perlu khawatir. Berikut beberapa tips sederhana mengubah tampilan rumah agar lebih menarik.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Mengecat ulang

loader

Cara pertama adalah mengecat ulang dinding rumah yang mulai terkikis karena debu maupun curah hujan tinggi. Agar kesannya baru, cat ulang rumah menggunakan warna yang berbeda dari biasanya, tapi dengan kontras yang tidak terlalu jauh. Misalnya dari warna putih menjadi krem.

Sebenarnya bisa juga menggunakan warna lain asalkan Anda tahu makna dari warna tersebut. Dan pastikan warnanya tidak menyakitkan mata, sehingga siapa saja yang melihat warna rumah Anda menjadi teduh hatinya.

2. Menambahkan tanaman hias

loader

Ingin punya bunga, tapi tidak punya lahan untuk menanam? Jangan khawatir, sekarang sudah banyak tanaman hias palsu yang bisa dibeli di toko alat-alat rumah tangga atau online. Tanaman ini dapat disematkan di beberapa pojok ruangan, salah satunya di dekat jendela untuk mendapatkan kesan rumah seperti baru.

Untuk jenis dan ukuran tanamannya, dapat disesuaikan dengan selera. Yang pasti jangan sampai memakan banyak tempat agar rumah tidak menjadi sempit.

Baca Juga:  Desain Rumah Minimalis Dua Lantai dan Tips Membangunnya dengan Biaya Murah

3. Tambahkan coffee table

loader

Sekarang itu trend nya coffee table, yaitu meja sudut yang multifungsi. Dapat digunakan sebagai tempat ngopi, tempat menaruh aksesoris pribadi, maupun tanaman hias. Coffee table hadir dengan berbagai pilihan warna yang dapat disesuaikan dengan selera dan nuansa di dalam rumah.

Warna coklat, putih, dan krem menjadi tiga warna favorit untuk menciptakan kesan minimalis. Tapi, kalau Anda ingin beralih ke warna yang agak gelap seperti hitam atau abu-abu, tentu tidak apa-apa selagi sesuai dengan kontras benda yang ada di sekitarnya. 

4. Gunakan meja tempel

loader

Selain coffee table, meja tempel juga cara sederhana yang bisa dicoba untuk mengubah tampilan rumah. Meja ini ditempelkan di dinding ruang tamu atau kamar, yang biasanya terdiri dari beberapa baris dan digunakan sebagai tempat penyimpanan.

Mulai dari bumbu dapur, aksesoris pribadi, hingga bingkai foto, Anda dapat memilih barang apa yang ingin disimpan di meja tempel ini. Pastikan meja tempelnya terbuat dari kayu yang kokoh, sehingga barang-barang yang Anda letakkan di atasnya tidak pecah.

5. Pajang koleksi pribadi Anda

loader

Punya foto kenang-kenangan semasa kuliah dulu atau berbagai hadiah yang unik dan lucu? Daripada disimpan, lalu rusak, lebih baik pajang semua barang-barang koleksi ini di ruang tamu atau di kamar. 

Manfaatkan coffee table, meja tempel, atau lemari kaca untuk memajang koleksi ini. Lumayan untuk menambah nilai estetika rumah, sehingga kesannya seperti benar-benar dipermak habis, padahal tidak. 

Baca Juga: Dekorasi Kamar Tidur? Berikut 10 Cara Membuat Desain Kreatifnya Tanpa Bikin Dompet Jebol

6. Tambahkan sedikit aksesoris

loader

Anda juga dapat menambahkan sedikit aksesoris untuk menghiasi rumah. Sebut saja poster, bingkai foto, lukisan, jam dinding, koleksi botol parfum, atau mainan klasik yang dipajang di ruang tamu. Penambahan aksesoris ini membuat rumah lebih hidup, tidak membosankan.

Manfaatkan saja aksesoris yang ada, jadi Anda tidak perlu keluar duit untuk beli aksesoris baru. Bahkan Anda bisa buat aksesoris sendiri. Untuk tutorial atau cara pembuatan, silahkan lihat di sosial media atau Youtube saja.

7. Simpan barang yang tidak perlu

loader

Terlalu banyak perabotan bukannya membuat rumah menjadi lebih menarik, melainkan full. Malah terkadang jadi berantakan kalau Anda tidak rajin membersihkan atau merapikan rumah. Makanya coba simpan barang-barang yang tidak diperlukan lagi.

Siapkan beberapa kotak serbaguna sebagai tempat penyimpanan agar barangnya tersusun rapi. Setelah itu, simpan di gudang atau di atas lemari. Jika sewaktu-waktu butuh, Anda mudah membongkarnya.

8. Tambahkan lampu hias

loader

Salah satu elemen yang paling sering dilupakan dalam menata rumah adalah pencahayaan. Padahal dengan pencahayaan yang baik, rumah kelihatan lebih estetik, bahkan kesannya menjadi luas karena pantulan cahaya. Alangkah baiknya kalau Anda menempatkan beberapa lampu hias di dalam rumah, seperti di ruang tamu atau kamar.

Beberapa lampu hias yang dapat dijadikan opsi, seperti vintage, retro, atau tumblr dengan nuansa warna kuning untuk kesan hangat. Dengan demikian, rumah benar-benar menjadi tempat ternyaman untuk Anda maupun keluarga.

Jadikan Rumah Layaknya Istana

Rumah adalah tempat tinggal sekaligus tempat peristirahatan setelah seharian beraktivitas. Oleh karenanya, selalu luangkan waktu untuk mengubah tampilan rumah, menambahkan sedikit aksesoris agar rumah terkesan baru. Jadikan rumah layaknya sebuah istana, jadi Anda semakin betah untuk menghuninya.

Baca Juga: Tips Sulap Rumah yang Mau Dijual Tanpa Renovasi, Cuma Butuh Tenaga