Tips Sulap Rumah yang Mau Dijual Tanpa Renovasi, Cuma Butuh Tenaga

Menjual rumah dalam kondisi terawat patut menjadi pertimbangan. Tujuannya agar harga jual bisa lebih tinggi dan cepat mendapat pembeli.

Namun bila sebaliknya, tentu sulit untuk menjualnya. Boro-boro dapat harga tinggi, laku cepat saja sudah bersyukur.

Kamu perlu usaha untuk renovasi sana sini biar harga jualnya mahal. Pastinya renovasi membutuhkan uang yang banyak. Nilainya bisa mencapai jutaan, bahkan puluhan juta rupiah.

Sebenarnya bisa kok menjual rumah tanpa renovasi. Bagaimana caranya? Ini tipsnya.

Baca Juga: Beli Rumah tapi Malah Tekor? Cek, Mungkin Kamu Lakukan Kesalahan Ini

Anda Bingung Cari Produk KPR Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KPR Terbaik! 

loader
Cat ulang rumah sendiri

  • Rapikan dan bersihkan rumah

Tak ada orang yang ingin membeli rumah yang kotor dan berantakan meski bangunannya begitu menarik. Kebersihan rumah akan selalu menjadi poin penting, jadi jangan abaikan hal ini.

Pastikan kamu membersihkan seluruh area rumah dengan baik, sehingga tidak ada debu atau kotoran yang menempel. Rapikan pula berbagai perabotan dan barang-barang yang ada di rumah, agar calon pembeli nyaman dan tertarik ketika datang melihatnya. 

  • Cek menyeluruh dan perbaiki sendiri

Saat kamu tidak berniat melakukan renovasi, pastikan kamu mengecek seluruh bagian rumah, seperti genteng atau atap, jendela dan pintu, wastafel, keran dan saluran air, dapur, kamar mandi, serta lainnya.

Pastikan semua dalam kondisi baik ketika menjual rumah. Jika saat pengecekan, ada bagian yang rusak, maka perbaiki sendiri tanpa bantuan tukang atau kenek bangunan.

  • Bersihkan taman dan halaman rumah

Halaman depan menjadi ‘wajah’ rumahmu. Bagian pertama yang akan dilihat oleh calon pembeli, jadi berikan perhatian untuk ini.

Bersihkan kotoran atau lumpur dan lumut yang sudah lama nempel di dinding maupun lantai teras. Kalau perlu, kamu bisa menempatkan pohon atau tanaman-tanaman baru yang cantik sehingga tampak lebih hijau.

Selain itu, membersihkan dan merapikan area taman. Cabut rumput atau ilalang yang tumbuh liar, tata bebatuan seperti jalan setapak supaya lebih rapi. Buatlah sesejuk dan senyaman mungkin agar calon pembeli naksir berat ketika melihatnya.

Baca Juga: Lebih Dekat Memahami tentang Apa Itu Desain Interior, Dasar Ilmu Perancangan Ruang

  • Cat ulang rumah

Kamu juga bisa mencat ulang rumah agar sedap dipandang. Rumah yang nampak kusam, suram, dan tak terawat, justru bisa membuat calon pembeli kabur.

Pilih warna yang tepat dan cerah, agar penampilan rumah terlihat lebih fresh dari sebelumnya. Kombinasikan warna yang berbeda, agar rumah tidak terlihat membosankan.

Rumah jadi bersih, rapi, indah, bagus. Dan paling penting nyaman untuk ditinggali penghuni baru.

loader
Jual rumah dengan harga tepat

  • Perhatikan proses dan waktu

Rumah yang tidak direnovasi tentu akan berbeda dengan rumah yang baru direnovasi. Perhitungkan waktu yang kamu butuhkan untuk proses penjualan tersebut, sebab kamu harus memastikan rumah masih dalam kondisi layak untuk dijual.

Hal seperti ini sangat penting, terutama jika ternyata kamu masih tetap tinggal di sana hingga rumah tersebut terjual.

  • Perhitungkan nilai jual dengan tepat

Penjualan rumah tanpa renovasi akan memberi nilai jual yang lebih rendah. Kamu harus memahami hal ini dengan baik, terutama jika kamu berniat menjualnya langsung kepada agen properti.

Kamu mungkin saja akan langsung mendapatkan uang hasil penjualan tersebut, namun dalam jumlah yang tidak maksimal. Bahkan nilainya bisa merosot dengan nominal besar.

Baca Juga: Tak Bisa Bayar Cicilan KPR Bulan Ini, Apa yang Harus Dilakukan?

  • Pakai jasa orang ketiga

Jika kamu kesulitan menjual rumah dengan harga tinggi, coba pakai jasa orang ketiga. Dalam hal ini makelar atau agen properti.

Selain itu kamu tidak perlu repot lagi. Serahkan saja semuanya kepada tangan ketiga. Dia yang akan bertugas menjual dengan caranya.

Tetapi yang perlu diingat adalah kamu harus siap berbagi hasil penjualan dengan makelar. Misalnya 5% dari hasil penjualan untuk komisi makelar.

Jual Rumah dengan Harga Layak 

Menjual rumah tanpa melakukan renovasi kerap menjadi pilihan, terutama jika kamu tidak ingin mengeluarkan uang sama sekali. Atau memang tidak ada biayanya.

Keputusan seperti ini bisa saja dilakukan, selama kamu memahami dengan baik apa saja dampak yang akan terjadi di dalam penjualan tersebut. Jual rumahmu dengan persiapan dan harga yang layak, agar kamu tidak merugi atas transaksi tersebut.

Terpenting adalah kamu betul-betul membersihkan dan merapikan rumah dengan baik sebelum dilego. Buat rumahmu nampak kinclong seperti baru tanpa renovasi.

Baca Juga: e-SPPT, Layanan PBB Online. Begini Cara Daftarnya