8 Tips Terapkan Gaya Hidup Sehat dan Raih Manfaatnya

Kebanyakan dari kita ingin hidup sehat, namun tidak tahu harus memulainya dari mana. Bukan karena tidak tahu langkahnya, tapi kurangnya keinginan untuk memulai meski dari langkah terkecil sekalipun. Bukan sekedar filosofi kata-kata belaka, menerapkan pola hidup sehat harus dilakukan dengan tindakan nyata. Baik secara mental dan fisik, sehingga bisa menghasilkan tubuh yang sehat dan pikiran yang bahagia. 

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

Hidup Sehat

loader
Hidup sehat

Masih banyak yang belum memahami hidup sehat itu seperti apa dan bagaimana? Cindiawaty Pudjiadi, seorang dokter spesialis gizi menyebutkan hidup sehat adalah pola hidup yang tak hanya sekedar makan, tidur serta olahraga dengan rutin. 

Sehat merupakan kondisi dimana seseorang merasakan suatu kebaikan di seluruh dirinya, dari mulai fisik, mental, dan juga spiritualnya. Secara sederhana, pola hidup sehat merupakan upaya seseorang dalam menjaga tubuhnya agar dalam kondisi sehat dan juga bahagia.

8 Tips Menerapkan Gaya Hidup Sehat

Setelah mengetahui apa saja manfaat dari gaya hidup sehat, selanjutnya mengetahui langkah apa saja yang perlu dilakukan. Berikut beberapa diantaranya.

1. Mengatur Pola Makan

Pola makan jadi langkah awal yang perlu diperhatikan untuk memulai gaya hidup sehat. Pastikan untuk tidak melewatkan waktu makan, baik sarapan pagi, makan siang ataupun makan malam. Hal ini penting untuk menjaga semangat dan keseimbangan metabolisme di dalam tubuh. 

Sarapan pagi yang terlewatkan akan membuat kamu mudah lapar dan kurang bersemangat saat beraktivitas. Selain itu jangan tunda waktu makan siang dan makan malam, untuk mengisi kembali energi yang sudah terpakai.  

2. Perhatikan asupan nutrisi dengan seimbang dan cukup

Selain pola makan yang tepat waktu, jangan lupa untuk memperhatikan asupan nutrisi pada makanan sehari-hari. Pastikan untuk memenuhi piringmu dengan karbohidrat, protein, serat dan juga lemak baik secara seimbang. Karbohidrat tak melulu dari nasi, kamu bisa menggantikannya dengan ubi, jagung, atau kentang. Dengan memperhatikan pemenuhan asupan nutrisi yang seimbang, ini akan membantu menjaga tubuh lebih sehat. Menjaga sistem pencernaan dan metabolisme bekerja dengan baik.

3. Cukupi kebutuhan air minum sesuai kebutuhan

Tubuh manusia terdiri dari kadar air hingga 60 persen, inilah alasan pentingnya untuk menjaga asupan air minum dalam tubuh. Karena, air punya peran yang sangat penting, salah satunya untuk menjaga metabolisme dalam tubuh. Kurangnya asupan air bisa mengakibatkan dehidrasi pada tubuh yang bisa memicu berbagai masalah kesehatan.

Untuk itu, penuhi kebutuhan air dalam tubuh dengan minum air putih minimal 2 liter atau 8 gelas dalam satu hari. Agar kebutuhan air tercukupi, jangan lupa sediakan air minum dalam botol saat bepergian ke luar rumah, di meja kantor atau di kamar tidur. 

4. Hindari kebiasaan buruk

Jika ingin menerapkan pola hidup sehat, maka kebiasaan buruk seperti merokok dan minum minuman beralkohol harus dihentikan dari sekarang. Karena kedua hal tersebut menjadi salah satu pemicu berbagai penyakit kronis yang bisa menyebabkan kematian. 

Rokok bukan hanya membahayakan perokoknya, tapi juga orang lain yang tanpa sengaja menghirup asap rokok tersebut. Tak perlu muluk-muluk, kamu bisa memulainya dengan mengurangi kebiasaan sedikit demi sedikit.  

5. Hindari makanan instan dan junk food

Perkembangan teknologi membuat penyajian makanan semakin beragam dan lebih cepat, terkadang sampai mengabaikan nutrisinya. Makanan jenis ini memang punya rasa yang enak namun minim nutrisi dan tinggi kalori yang tidak baik untuk kesehatan.

Apalagi makanan yang mengandung banyak bahan pengawet, pewarna dan perasa tambahan. Selain minim nutrisi, makanan tersebut juga berpotensi mengakibatkan kerusakan pada jaringan sel dalam tubuh. Sehingga memicu berbagai masalah kesehatan, seperti obesitas, kolesterol, hipertensi dan lain sebagainya. 

Baca Juga: 9 Rahasia Cara Hidup Sehat dan Awet Muda secara Alami

6. Batasi asupan gula

Selain menghindari kebiasaan buruk, seperti merokok, minum minuman beralkohol, dan konsumsi junk food, jangan lupa untuk membatasi asupan gula harian. Dalam jumlah yang cukup, gula penting untuk tubuh.

Namun jika dikonsumsi secara berlebihan bisa memicu masalah kesehatan, seperti obesitas dan diabetes. Kamu bisa mengubah kebiasaan konsumsi asupan gula berlebihan dengan menguranginya sedikit demi sedikit dalam jumlah yang cukup. 

7. Rutin olahraga dan aktif bergerak

Selain menjaga asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh, kamu juga perlu menyeimbangkannya dengan olahraga secara rutin. Olahraga yang dilakukan secara rutin bisa membantu melancarkan sirkulasi peredaran darah yang membawa oksigen di dalam tubuh hingga ke jaringan otak. 

Kamu bisa menggunakan waktu luang kamu untuk berlari, berenang, bersepeda, atau senam peregangan otot. Namun jika kamu ingin mendapatkan motivasi dan pelatihan dari instruktur ahli, datang ke gym atau pusat kebugaran. Satu hal lagi yang terpenting adalah aktif bergerak, jika memang waktu luang sangat singkat untuk berolahraga di luar rumah. 

8. Istirahat dan tidur dengan cukup

Pola hidup sehat bukan hanya soal makanan dan olahraga saja, tapi juga soal mengatur pola istirahat tubuh kamu. Tubuh yang kurang beristirahat akan membuatnya tidak hanya kurang produktif, malas-malasan, kurang bersemangat, memicu kecemasan dan sebagainya. 

Bahkan dalam jangka yang lebih panjang, kurang tidur bisa membuat kesehatan terganggu karena imun tubuh menurun. Pastikan untuk memberikan tubuh waktu istirahat minimal selama 7-8 jam per hari. Hal ini penting untuk mendukung metabolisme dalam tubuh bekerja maksimal.  

Baca Juga: Peluang Bisnis dari Tren Gaya Hidup Sehat

Manfaat Gaya Hidup Sehat

loader
Hidup Sehat

Bukan sekedar isapan jempol, gaya hidup yang lebih sehat tentu membawa banyak manfaat bagi kehidupan seseorang, bukan hanya secara fisik saja, tapi juga secara mental. Ini karea gaya hidup sehat membawa pengaruh yang cukup besar bagi hidup seseorang, jadi jangan anggap sepele. Berikut beberapa manfaat luar biasa dari gaya hidup sehat yang dijalankan:

1. Usia jadi lebih panjang 

Seseorang yang menerapkan gaya hidup sehat dalam kesehariannya, memiliki harapan hidup yang lebih tinggi. Hal ini karena, organ-organ dan stamina tubuh terjaga dengan baik sehingga risiko serangan penyakit berkurang dan membuat usia lebih panjang.

Selain itu, di dalam tubuh yang sehat umumnya akan menghasilkan hormon endorphin dalam jumlah yang cukup. Hal itulah yang membuat seseorang lebih bahagia  dan memiliki harapan hidup yang tinggi.

2. Terjaga produktivitasnya 

Kesehatan fisik dan mental yang terjaga berimbas pada produktivitas seseorang jadi lebih baik. Karena kamu memiliki energi positif yang melimpah untuk mengerjakan banyak hal. 

Pola hidup yang sembarangan dan kurang memperhatikan kesehatan tentu akan berimbas pada kondisi kesehatan. Jika dibiarkan, lambat laun tentu akan mengurangi produktifitas seseorang. Meski terlihat sederhana, namun pola hidup sangat mempengaruhi produktivitas.

3. Selalu berpikiran positif

Bukan hanya mempengaruhi tubuh, pola hidup sehat juga bisa dapat mempengaruhi pola pikir seseorang. Ketika seseorang tidak sehat secara fisik, maka pola pikirnya pun juga ikut terganggu.

Tentunya pola berpikir yang sehat tidak muncul dengan tiba-tiba, karena hal ini bisa diperoleh dari tubuh yang sehat. Sehingga, penting untuk mulai menerapkan pola hidup sehat sejak awal. Agar, tak hanya tubuh yang sehat tapi juga pikiran jadi lebih positif sehingga bisa meningkatkan potensi dalam diri dan karir termasuk rasa percaya diri.

Mulai Hidup Sehat dari Sekarang  

Menerapkan gaya hidup sehat seharusnya bukan hanya sekedar rencana, tapi perlu segera dimulai. Jangan sampai tubuh kamu sudah memberikan sinyal tanda bahaya, sementara kamu terus mengabaikannya. Jika terasa sulit, kamu bisa memulainya dengan mengubah kebiasaan-kebiasaan kecil lebih dulu. Lalu lakukan perubahan yang lebih besar secara konsisten, pastikan untuk jangan menundanya lebih lama lagi.

Baca Juga: 45 Cara Hidup Sehat