9 Aktivitas Penghilang Rasa Bosan Selama di Rumah Aja

Meski saat ini Indonesia sudah memasuki masa new normal dari pandemi corona, tapi berada di rumah saja tetap menjadi pilihan yang tepat. Sebab, kasus corona di Indonesia masih sangat tinggi, bahkan beberapa daerah sudah menjadi zona merah dan hitam.

Meskipun di rumah saja lebih aman dari paparan virus corona, tapi di rumah selama berminggu-minggu pasti membosankan. Tapi jangan khawatir, untuk mengurangi rasa bosan, kamu bisa lakukan beberapa kegiatan yang mengasyikan. 

Simak ulasannya berikut ini yang telah Cermati.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Memasak

masak
Memasak

Pekerjaan dapur seperti memasak tidak lagi identik untuk kaum Hawa saja, tapi juga kaum Adam. Bagi yang berjiwa kreatif dan ingin mencoba sesuatu yang baru, maka memasak sangat cocok untukmu. Berhubung karena masih baru belajar, maka masakannya pun tidak perlu yang terlalu susah. Kamu bisa memulainya dari membuat sandwich, roti panggang, ataupun salad. 

Untuk meminimalisir kesalahan, kamu bisa contek buku panduan masak yang ada di dapur. Mudah, kan? Jangan lupa sediakan bahan-bahan yang lengkap, sehingga memasak jadi lebih menyenangkan.

2. Olahraga

Siapa bilang olahraga harus ke gym? Sekalipun di rumah, kamu tetap bisa berolahraga agar tubuh selalu sehat. Olahraga fisik, seperti yoga, cardio, dan lari bolak-balik bisa jadi referensi karena tidak membutuhkan alat-alat olahraga apapun, kecuali matras dan pakaian olahraga. Pastikan kamu berolahraga saat kondisi tubuh sedang fit, ya! Sehingga aktivitas ini dilakukan dengan penuh semangat.

Baca Juga: Generasi Millennial Wajib Olahraga ini, Alasannya?

3. Menulis

freelancer
Menulis

Sekilas terlihat membosankan, tapi menulis dapat melatih kemampuan berpikir, lho! Setiap kalimat yang dituliskan harus berhubungan dengan kalimat lain, sehingga menghasilkan satu karya yang utuh dan enak dibaca. Manfaatkan waktu luangmu untuk menulis apapun yang menurutmu menarik, lalu simpan sebagai kenang-kenangan.

Bagi yang mempunyai blog, kamu bisa langsung post karyamu di blog pribadi agar bisa dibaca oleh orang lain juga. Jika tulisanmu dianggap bagus, ada kemungkinan akan dimuat di media lain setelah mendapat izin darimu.

4. Main game

Ada game baru, tapi kamu belum sempat mencobanya? Sekarang adalah waktu yang pas, apalagi kamu sedang dilanda kebosanan. Download atau buka kaset yang dikoleksi, lalu coba satu per satu. Agar semakin seru, kamu bisa ajak kakak, adik, atau sepupu yang tinggal di rumah untuk ikut bermain denganmu.

Kalau sudah seperti ini, yakinlah kalau kamu tidak akan merasa bosan lagi. Yang ada hari cepat berlalu, karena kamu punya segudang aktivitas menarik untuk dikerjakan.

5. Mendekor rumah

dekorasi
Mendekor rumah

Bosan dengan tampilan rumah yang itu-itu saja? Kenapa tidak coba manfaatkan waktumu untuk mendekor bagian rumah yang terlihat usang, sehingga tampilannya lebih fresh dan sedap dipandang. Tak perlu dekorasi besar-besaran, seperti mengecat rumah, karena menambah aksesoris di salah satu ruangan saja sudah cukup agar rumah terlihat seperti baru.

Kamu bisa memanfaatkan barang-barang bekas sebagai aksesorisnya, jadi kamu tidak perlu keluar rumah untuk membeli bahan dan peralatannya. Tetap safe dan pastinya hemat, kamu harus mencobanya!

7. Berkebun

Kalau boleh flashback, sudah berapa lama kamu tidak berkebun? Waktu luang yang dimiliki saat ini bisa dimanfaatkan untuk berkebun, lho! Kamu bisa menanam bunga yang disukai, atau pohon kecil agar udara di sekitar rumah menjadi lebih sejuk.

Kamu hanya butuh bibit tanaman, pot, pupuk, cangkul atau sendok semen agar bisa berkebun. Cukup sederhana, kan? Rawat tanamanmu dengan baik agar kamu bisa menuai hasilnya beberapa minggu kemudian.

Baca Juga: 7 Manfaat Berkebun Bagi Kesehatan

7. Menonton 

menonton
Menonton

Setiap orang punya film atau drama favorit, termasuk kamu. Kalau seandainya film atau drama tersebut belum sempat ditonton, kamu bisa tonton sekarang untuk menghilangkan rasa bosan. Kalau mau, kamu bisa movie streaming dari pagi sampai malam.

Ada banyak channel atau siaran televisi yang menarik, seperti Netflix atau HBO. Kalaupun TV di rumah tidak pakai siaran berbayar, kamu tetap bisa nonton film barat dari smartphone. Pastikan kuota internet kamu cukup dan lancar agar bisa menonton satu film sampai selesai.

8. Vlogging

Kalau biasanya kamu suka nonton vlog orang lain, sekarang saatnya untuk bikin vlog sendiri. Kamu bisa merekam aktivitas yang dilakukan sehari-hari atau memberi tips tentang topik tertentu, lalu membagikannya ke orang lain. Sesederhana itu memang, tapi bisa bikin rasa bosan hilang dalam sekejap.

Selain seru, vlogging juga bisa dijadikan sebagai aktivitas untuk menambah penghasilan setiap bulan. Bagi kamu suka bicara di depan kamera dan punya ide-ide kreatif, yuk ngevlog!

9. Menciptakan lagu

Bagi yang pintar main alat musik dan bisa menyanyi, dapat dipastikan kalau hari-harimu gak akan sebosan orang lain. Karena dengan alat musik dan suara merdu, kamu sudah bisa menghibur diri sendiri. 

Kalau mau, kamu bisa pakai waktumu untuk menciptakan syair lagu. Awalnya cuma iseng, tapi kalau ternyata lirik dan aransemen musiknya bagus, kamu bisa ikut rekaman setelah pandemi ini selesai.

Temukan Aktivitas yang Tepat Untukmu

Kunci utama saat dilanda kebosanan adalah mencari tahu aktivitas apa saja yang disukai. Setelah itu, lakukan agar hari-harimu lebih hidup dan berwarna. Jika perlu, buat catatan kegiatan setiap harinya. Dengan demikian, kamu pun jadi lebih betah ada di rumah.

Baca Juga: Tips Liburan di Rumah Anti Bosan dengan Keluarga