9 Manfaat Luar Biasa Membagikan Sampel Produk Gratis

Kita sering kali melihat di postingan media sosial seperti Instagram seorang artis atau tokoh terkenal mengenakan produk tertentu dan menawarkannya ke follower mereka. Contoh lain yang baru saja hits ketika Presiden Joko Widodo mengenakan jaket bomber, kemudian dalam waktu singkat banyak orang mencari jaket yang persis dipakai oleh Presiden. Inilah contoh kekuatan ketertarikan atau selera orang mengikuti apa yang sedang dikenakan oleh tokoh idolanya.

Bisa dibayangkan kalau produk kita yang dipakai oleh tokoh dengan jumlah penggemar atau follower Instagram jutaan, selain bisa mendapatkan feedback dari followers sang tokoh dapat juga meningkatkan penjualan. Yang diperlukan hanyalah memberi tokoh secara cuma-cuma tersebut beberapa sampel produk terbaik untuk dimiliki sang tokoh. Dia akan menggunakan produk kita dan memposting fotonya di media sosial, baik secara cuma-cuma maupun endorsement.

Tak hanya itu saja. Kalau kita pernah tahu kontes kuis atau giveaway yang memberikan hadiah berupa produk secara gratis dengan jumlah yang fantastis. Mungkin Anda pernah berpikir membagi-bagikan produk secara gratis akan menurunkan pendapatan.

Apalagi nilai produk yang dijadikan hadiah cukup besar, mungkin berpikir lebih baik digunakan sebagai biaya periklanan. Namun, kerugian atas pemberian produk secara gratis tersebut belum tentu terjadi dan benar. Ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dengan membagi-bagikan produk secara gratis, diantaranya sebagai berikut:

1. Meningkatkan Awareness

meningkatkan awareness

Meningkatkan Awereness via shutterstock.com

 

Sebagai produk baru, banyak orang yang belum pernah kenal atau melihat bahkan menggunakan produk Anda. Dengan membagi sampel produk secara gratis, mereka dapat menggunakan dan merasakan secara langsung produk. Saat itu mereka akan membuat sebuah penilaian terhadap produk dan tentu memahami produk dengan baik.

Konsumen selanjutnya akan memutuskan untuk membeli produk kita untuk pertama kalinya atau meninggalkannya. Untuk itu, meskipun hanya produk sampel, berikan produk terbaik kita agar mereka jatuh hati pada saat menggunakannya pertama kali.

2. Menciptakan Perasaan Timbal Balik

Mengawali bisnis baru dengan membagi produk sampel gratis bukan hal yang merugikan. Biasanya akan muncul timbal balik ketika memberi sampel produk ke konsumen. Apabila konsumen tidak cocok namun tertarik dengan produk kita, konsumen itu akan merekomendasikan produk ke orang lain. Tentu mereka juga merasa beruntung karena mendapat penghargaan sebuah produk hadiah.

3. Mendapat Feedback dan Review

Produk sampel yang kita berikan kepada konsumen secara cuma-cuma akan berbuah feedback yang baik untuk kelangsungan bisnis kita. Mereka secara sukarela akan memberi masukan bahkan kita juga mendapatkan testimonial dari penggunaan produk kita, yang bisa kita tampilkan di halaman website kita. Belum lagi kalau ternyata orang yang kita beri sampel adalah blogger, youtuber, vlogger, atau malah selebgram.

 

Jika mereka sukarela dapat menulis review produk kita, dampaknya kita terbantu untuk mempromosikan produk kita secara tidak langsung kepada pembaca atau viewers media mereka. Hargai setiap masukan terhadap produk agar ke depan akan lebih baik dan sempurna sesuai dengan apa yang dibutuhkan konsumen dan pasar. Dengan ini dapat membantu meningkatkan penjualan.

Baca Juga : Facebook vs Instagram, Mana yang Lebih Baik untuk Bisnis Online?

4. Mengetahui Produk yang Potensial

produk potensial

Produk Potensial via shutterstock.com

 

Apabila berencana menjual beraneka macam jenisnya, maka dengan memberikan sampel produk ke konsumen, kita akan mengetahui produk yang diminati banyak orang. Akhirnya kita dapat menyimpulkan dan memprediksi produk yang akan laris di pasaran nantinya. Sehingga terhindar dari kesalahan terlalu banyak bahan baku untuk produk yang ternyata tidak banyak peminatnya.

Kita juga bisa mengoptimalkan di produk-produk tertentu berdasarkan sampling program jenis produk yang paling diminati. Dengan sampling program, kita dapat membuat produk yang best seller dengan tetap mengamankan cash flow serta resiko yang rendah.

5. Menjalin Pertemanan

Sampel produk juga bisa kita berikan sebagai hadiah kepada siapapun yang baru kita kenal. Selain agar kenalan baru ini tertarik terhadap bisnis kita, memberi hadiah ini juga akan membantu mendekatkan hubungan pertemanan. Bisa juga pada saat ada teman atau konsumen yang berulang tahun kita bisa memberinya hadiah berupa produk terbaik. Selain membuat hati teman kita senang dan merasa spesial, ada nilai tambah untuk produk dan kerelaan hati kepada kita sebagai pebisnis.

6. Mendapatkan Endorsement Produk

Apabila mengirimkan sampel produk spesial ke penulis blog atau selebgram, bisa  jadi mereka sangat mengapresiasi kita. Jika beruntung, mereka tak segan menulis review setelah menggunakan produk sampel tadi. Sering juga dilengkapi dengan posting foto dan produk kita di media sosialnya. Tentu, penggemar penulis dan selebgram tadi akan penasaran terhadap produk yang digunakan idolanya. Nama produk pun makin terkenal.

Baca Juga : 5 Tips Cermat Belanja di Instagram

7. Optimalkan Sosial Media

optimalkan sosial media

Optimalkan Sosial Media via shutterstock.com

 

Kekuatan dunia digital khususnya media sosial saat ini memang tidak boleh diremehkan. Contoh simpelnya cukup dengan menggunakan hashtag #giveaway produk serta mengajak follower untuk menyebar informasi. Pada umumnya, segala hal yang gratisan itu sangat diminati dan cepat menyebar informasinya. Agar makin optimal pemanfaatan media sosial ini, bisa juga menggunakan layanan iklan seperti Facebook Ads dan sebagainya.

8. Meningkatkan Penjualan

Umumnya jika mencoba produk baru atau mendapat contoh makanan di supermarket kita lebih tertarik untuk membeli daripada hanya melihatnya dalam kemasan saja. Begitupun ketika sebagai penjual produk, konsumen akan lebih tertarik untuk membeli ketika sudah pernah mencoba atau menggunakannya.

Apalagi jika kita dapat memberinya produk terbaik yang utuh, secara tidak langsung mereka akan meresponnya dengan positif. Mereka akan terpicu rasa senang sehingga tidak segan untuk menyebar promosi kepada teman-temannya. Sambutan yang hangat ini tentu membangun dampak positif terhadap penjualan.

9. Membuat Pembeli Lebih Percaya Diri

Bagi seorang pembeli, apabila dia mendapatkan hadiah produk dari toko online secara gratis, dia dapat mencoba produk tersebut tanpa ragu membeli. Ini akan menambah keyakinan pembeli bahwa produk memang tepat untuk digunakan. Apalagi untuk customer pertama dan baru mengenal produk kita.

Diperhitungkan Terlebih Dahulu

Metode memberi sampel produk gratis memang strategi yang jitu untuk meningkatkan pendapatan saat mengawali bisnis. Namun, perlu juga diperhitungkan baik-baik tingkat efektivitas jumlah atau nilai produk yang diberikan dengan potensi profit yang didapatkan. Meski dengan pertimbangan, tapi anggaplah pemberian sampel produk ini sebagai bentuk pemberian untuk membuat orang lain senang, karena setiap perbuatan positif akan berbalik kepada hal yang positif pula.

Baca Juga : Bisnis Untung Tapi Kas Tersendat? Manajemen Arus Kas Jawabannya