9 Strategi Memilih Asuransi Kesehatan yang Tepat

Perkembangan asuransi menunjukkan angka yang lumayan tinggi di Indonesia, kesadaran masyarakat akan pentingnya sebuah perlindungan terhadap kesehatan, jiwa dan aset mereka adalah salah faktor penyebab terjadinya hal tersebut. Orang-orang kini lebih cerdas dan mengerti akan manfaat yang bisa didapatkan dari sebuah layanan asuransi.

Hal tersebut juga tentu disambut dengan baik oleh perusahaan penyedia layanan asuransi, di mana mereka mencoba untuk selalu berinovasi dan melahirkan beragam produk asuransi yang baru. Hal ini dilakukan untuk memenuhi segala kebutuhan pelanggan dan juga memberikan banyak pilihan yang bisa disesuaikan dengan kepentingan dan keperluan dari setiap pengguna jasa mereka.

Jumlah perusahaan yang bergerak di bidang layanan asuransi juga terbilang sangat banyak, hal ini tentu saja membuat sebuah persaingan bisnis yang cukup ketat, sehingga perusahaan-perusahaan tersebut berlomba-lomba untuk memberikan pelayanan terbaik bagi para pengguna jasa mereka.

Jeli Memilih Asuransi

Saat ini ada beragam jenis asuransi yang bisa Anda jadikan sebagai pilihan, hal ini tentu saja membuat Anda harus benar-benar jeli dalam menyeleksi dan memilih salah satu layanan asuransi yang akan digunakan. Salah satu layanan asuransi yang paling banyak digunakan adalah asuransi kesehatan, di mana angka penggunanya terbilang sangat tinggi jika dibandingkan dengan jenis asuransi lainnya.

Ketika Anda memutuskan untuk menggunakan jasa layanan asuransi kesehatan, maka sudah pasti Anda wajib memahami segala kebijakan dan aturan yang ditetapkan dalam polis asuransi tersebut, hak ini akan menghindarkan Anda dari berbagai macam kerugian yang bisa saja timbul akibat pemahaman yang kurang tepat mengenai isi polis yang dikeluarkan oleh perusahaan asuransi. Anda  tentu tidak ingin mengalami hal tersebut, bukan?

Meski terlihat sama, namun setiap polis asuransi kesehatan yang dikeluarkan oleh perusahaan asuransi akan memiliki perbedaan dan keunggulan masing-masing. Hal inilah yang patut Anda cermati sebelum mengambil keputusan, di mana dalam banyak kasus beberapa nasabah merasa dirugikan akibat kurangnya pemahaman dan ketentuan yang terdapat di dalam polis.

Berikut ini adalah beberapa poin yang bisa Anda jadikan sebagai strategi tepat dalam memilih asuransi kesehatan:

1. Pahami Kebutuhan

Pahami Kebutuhan

Pahami Kebutuhan Anda Akan Asuransi via tribalwomanmagazine.com

Hal utama yang perlu Anda lakukan sebelum memilih asuransi kesehatan adalah memahami dengan jelas mengenai kebutuhan asuransi yang akan Anda gunakan. Hal ini akan sangat membantu Anda untuk bisa menemukan dan memilih asuransi kesehatan yang paling tepat untuk Anda gunakan.

Dengan begitu Anda bisa mendapatkan manfaat maksimal dari penggunaan asuransi tersebut. Sesuaikan asuransi kesehatan tersebut dengan kebutuhan kesehatan Anda dan anggota keluarga lainnya, cermati setiap layanan yang diberikan oleh perusahaan asuransi secara detail.

2. Pilih Jenis Perlindungan

Pilih Jenis Perlindungan

Pilih  Jenis  Perlindungan via financialtribune.com

Pada beberapa perusahaan asuransi, Anda bisa memilih layanan perlindungan tertentu di luar layanan standar yang mereka berikan, hal ini tentu saja akan disertai dengan pengenaan sejumlah biaya premi tambahan. Namun dengan adanya sistem tersebut, maka Anda bisa mendapatkan layanan yang lengkap dan paling sesuai dengan kebutuhan Anda dan keluarga. Pilih hanya layanan yang memang benar-benar dibutuhkan, agar jumlah premi yang harus dibayarkan bisa lebih ringan.

 

Baca Juga : Asuransi Mikro: Pengertian dan Manfaat yang Diberikan

3. Lakukan Perbandingan

Lakukan Perbandingan

Lakukan Perbandingan via housingvoice.co.uk

Banyaknya jumlah perusahaan penyedia layanan jasa asuransi, tentu saja membuat Anda memiliki banyak pilihan yang bisa dipertimbangkan. Lakukan perbandingan antara satu perusahaan asuransi dengan perusahaan lainnya, hal ini perlu dilakukan dengan teliti, agar Anda bisa menemukan layanan asuransi kesehatan terbaik yang Anda inginkan.

4. Sesuaikan dengan Anggaran

Sesuaikan Dengan Anggaran

Sesuaikan Dengan Anggaran via thebestofinsurance.net

Hal yang tidak kalah penting untuk dipertimbangkan adalah dengan anggaran keuangan yang Anda miliki untuk sebuah layanan asuransi kesehatan, jangan sampai premi yang berat justru membuat keuangan Anda menjadi terganggu.

Asuransi adalah sebuah pengeluaran tetap yang akan berlangsung selama kurun waktu yang lama (beberapa tahun), sehingga bisa dipastikan bahwa pos pengeluaran ini akan sangat mempengaruhi kondisi keuangan Anda secara keseluruhan, karena itu perlu pertimbangan yang matang sebelum Anda mengambil keputusan.

Hal ini bisa juga dilakukan dengan cara membuat sebuah simulasi pembayaran, Anda bisa meminta staff dari perusahaan asuransi untuk membantu Anda dalam melakukan hal ini.

Dengan melakukan simulasi, maka Anda bisa mengukur kemampuan bayar Anda terhadap premi asuransi dan memastikan apa saja keuntungan yang akan Anda dapatkan dari asuransi tersebut karena Anda memiliki kesempatan untuk menanyakan beragam informasi kepada staf perusahaan asuransi yang Anda  temui.

5. Pertimbangkan Kredibilitas Perusahaan Asuransi

Kredibilitas Perusahaan

Mendapat Kredibilitas yang Baik via healthindemnity.info

Saat akan mengambil keputusan mengenai perusahaan penyedia layanan asuransi, maka wajib bagi Anda untuk melihat dan mempertimbangkan kredibilitas perusahaan tersebut, hal ini akan membantu Anda untuk menghindari sejumlah kerugian yang bisa saja terjadi di hari yang akan datang akibat adanya tindakan tidak profesional dari perusahaan tersebut.

Cari dan kumpulkan informasi yang akurat mengenai kinerja dan layanan perusahaan asuransi, Anda bisa menemukan semua ini dengan mudah melalui internet atau dari teman atau keluarga yang telah menggunakan layanan mereka sebelumnya. Pastikan untuk memilih layanan perusahaan terbaik dan memiliki reputasi serta kredibilitas yang tinggi di dalam masyarakat.

6. Gunakan Jasa Pihak Ketiga

Gunakan Jasa Pihak KEtiga

Gunakan Jasa Pihak Ketiga via clickmyquote.com

Saat berbicara mengenai polis asuransi, maka seringkali Anda akan mengalami kesulitan untuk memahami isi polis tersebut secara detail, hal ini tentu saja menimbulkan potensi kerugian bagi Anda di masa yang akan datang. Untuk menemukan dan mengambil keputusan mengenai asuransi kesehatan yang paling sesuai dan tepat untuk Anda gunakan.

Tidak ada salahnya Anda meminta bantuan kepada pihak ketiga yang profesional, dalam hal ini biasa disebut “broker”. Broker asuransi akan membantu Anda untuk menganalisa kebutuhan dan juga memilih layanan asuransi kesehatan dari sebuah perusahaan asuransi yang paling tepat untuk Anda gunakan.

7. Pertimbangkan Asuransi Kesehatan Keluarga

Pertimbangkan Asuransi Kesehatan Keluarga

Pertimbangkan Asuransi Kesehatan Keluarga via daily.com

Saat ini ada perusahaan asuransi yang memberikan layanan asuransi kesehatan bagi keluarga, di mana Anda hanya perlu menggunakan satu polis asuransi saja untuk semua anggota keluarga. Hal ini sangat efektif dan lebih hemat karena jumlah premi yang akan dibayarkan sudah tentu lebih ringan, jika dibandingkan dengan sistem asuransi yang menerapkan satu polis untuk setiap satu orang.

Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan layanan asuransi kesehatan dengan sistem ini, terutama jika Anda dan anggota keluarga lainnya memang benar-benar belum menggunakan layanan asuransi kesehatan dari perusahaan asuransi mana pun sebelumnya.

8. Pahami Sistem yang Diterapkan

Kebijakan Perusahaan

Kebijakan Perusahaan Asuransi via vonemen.com

Pada dasarnya perusahaan asuransi menerapkan sistem cashless (menggunakan kartu peserta) atau reimbursement di dalam layanan mereka. Kedua hal ini akan sangat berbeda dan patut menjadi bahan pertimbangan bagi Anda. Di dalam sistem cashless Anda akan menemukan kemudahan pada saat membutuhkan layanan kesehatan di rumah sakit, di mana Anda hanya perlu membawa dan menunjukkan kartu keanggotaan Anda pada saat melakukan pendaftaran di rumah sakit. Anda  juga tidak perlu melakukan sejumlah deposit jika akan mendapatkan perawatan rawat inap, dengan begitu pengobatan bisa berjalan dengan cepat dan mudah.

Sedangkan di dalam sistem reimbursement, Anda wajib melakukan deposit pada saat melakukan pendaftaran rawat inap, dan bahkan Anda wajib melunasi seluruh biaya pengobatan yang timbul di rumah sakit. Setelah selesai mendapatkan perawatan, maka Anda bisa melakukan klaim kepada pihak asuransi dengan cara menyertakan kwitansi pembayaran tersebut, hal ini tentu akan sangat merepotkan, mengingat Anda bisa sakit kapan saja dan bahkan pada saat tidak memiliki sejumlah biaya untuk membayar pengobatan di rumah sakit.

9. Rumah Sakit Rekanan

  Layanan Rumah Sakit Rekanan

Layanan Rumah Sakit Rekanan uratex.com.ph

Biasanya perusahaan asuransi telah memiliki kerja sama dengan sejumlah rumah sakit yang mereka pilih, semakin banyak jumlah rumah sakit rekanan mereka, maka Anda akan semakin mudah untuk mengaksesnya. Dengan begitu Anda tidak akan kesulitan dalam mendapatkan layanan kesehatan yang Anda butuhkan.

Pastikan Anda memilih asuransi yang memiliki jaringan yang luas dan kerjasama dengan banyak rumah sakit, terutama bagi Anda yang memilih sistem cashless karena layanan asuransi ini hanya berlaku di rumah sakit yang memiliki kerjasama dengan perusahaan asuransi yang Anda gunakan.

Baca Juga : Asuransi Kesehatan: Perhatikan 12 Hal Ini Sebelum Membeli

Pahami dan Gunakan yang Terbaik

Pada dasarnya asuransi kesehatan merupakan sebuah produk yang memiliki beragam ketentuan dan aturan yang cukup kompleks, maka untuk itu Anda wajib memahami dan mengerti dengan jelas mengenai isi polis asuransi yang Anda gunakan. Hal ini akan membantu Anda untuk menghindari masalah dan kerugian di hari yang akan datang, sehingga Anda bisa mendapatkan manfaat yang maksimal dari penggunaan asuransi kesehatan yang Anda pilih.

Baca Juga : Asuransi Kesehatan Terbaik, Ini Dia Kriterianya