9 Tren Desain Grafis yang Diprediksi akan Diminati di Tahun 2021

Pergantian tahun selalu membawa berbagai tren baru di dalam kehidupan kita, begitu juga dalam dunia desain grafis. Dunia desain selalu memberikan banyak kejutan di awal tahun, beberapa bahkan bisa saja tak terpikirkan oleh kebanyakan orang. Pada dasarnya berbagai tren ini bisa saja dipengaruhi oleh banyak hal, termasuk berbagai perubahan dan juga kondisi lingkungan di sekitar kita.

Beberapa desain grafis baru yang diprediksi menjadi tren di tahun 2021 terbilang simpel. Hal ini tentu bisa menjadi ide segar, terutama di masa-masa pandemi yang banyak membawa kita pada perubahan selama setahun belakangan. 

Namun meski begitu, beberapa desain grafis yang pernah tren sebelumnya diprediksi masih akan tetap banyak diminati. Simak beberapa pilihan desain grafis berikut, yang diprediksi akan menjadi tren di tahun 2021 ini:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1.  Blur dan grain

loader

Desain unik yang satu ini terbilang baru dan sebelumnya tidak banyak dikenal. Namun desain ini justru menjadi salah satu yang diprediksi akan menjadi tren di tahun ini. 

Di dalam desain Blur dan grain, lingkaran dan kotak memang dibuat tampak lebih menarik karena menggunakan teknik blur pada beberapa bagian. Hal ini bahkan semakin sempurna dengan penerapan filter grain yang tidak biasa. Perpaduan kedua teknik ini akan memberikan tampilan nuansa yang baru dan berbeda dari sebelumnya.

2. Bentuk geometri

Desain lainnya yang diprediksi akan menjadi tren tahun ini adalah berbagai bentuk geometri. Desain ini bisa hadir dalam beberapa bentuk yang berbeda, seperti: lingkaran, segitiga, persegi panjang, dan yang lainnya. 

Hal ini tentu akan berbeda sekali dengan tren desain di tahun sebelumnya, dimana berbagai bentuk abstrak lah yang menjadi tren. 

3. Icon yang flat

loader

Ikon flat menjadi salah satu tren yang diprediksi hadir di tahun 2021 ini. Desain ini akan menjadi pilihan yang tepat untuk orang-orang yang menginginkan desain simpel dengan tampilan yang “bersih”. Selain itu, kehadiran desain icon yang flat ini juga diprediksi akan menggantikan posisi stock photo yang selama ini cukup banyak diminati. 

4. Video teks

Pandemi masih belum selesai dan kita masih harus menyesuaikan diri dengan kondisi tersebut. Hal yang sama juga akan mempengaruhi kinerja para desainer dalam berkarya. Video dengan banyak teks diprediksi akan menjadi tren di tahun 2021 ini, sebab sebagian besar desainer atau tim kreatif masih kesulitan untuk melakukan aktivitas shooting video.

Baca Juga:  Ingin Belajar Desain Grafis? Ini Aplikasi yang Harus Kamu Pelajari

5. Font serif

loader

Desain dengan menggunakan font serif juga diprediksi akan menjadi tren yang diminati tahun 2021 ini. Pada dasarnya, font yang sudah dikenal sejak abad ke-18 silam ini memang menarik. 

Font serif dianggap bisa membuat sebuah brand menjadi lebih terpercaya di mata konsumen. Selain itu, font ini juga dapat memberikan tampilan desain yang terasa lebih elegan dan profesional.

6. Visualisasi data sederhana

Visualisasi data merupakan salah satu tren yang sudah muncul tahun lalu, namun diprediksi masih akan menjadi tren di tahun ini. Desain ini merupakan gambaran data berupa grafik yang dibuat dengan sederhana. Visualisasi data yang lebih sederhana memang akan membuat desain ini menjadi lebih menarik lagi dari sebelumnya. 

7. Slides media sosial

loader

Slides Deck tentu bukan hal yang asing lagi bagi para pengguna media sosial, terutama yang menggunakan LinkedIn dan juga Instagram. Fitur unggulan ini diprediksi akan menjadi lebih diminati, sebab dapat memberi ruang yang lebih untuk berbagi pesan. Selain itu, slides deck juga diprediksi akan menjadi tren desain grafis di tahun ini.

8. Elemen alam

Seolah tak pernah mati, desain grafis dengan elemen alam memang selalu banyak diminati. Hal yang sama juga akan kembali di tahun 2021 ini, di mana kita sudah melalui masa-masa yang sulit selama pandemi. 

Desain dengan menggunakan dedaunan akan memberikan kesan yang mendalam dan disukai, sebab banyak orang yang menghabiskan waktu panjang di rumah selama setahun belakangan. Elemen alam juga akan memberikan semangat dan harapan akan hari baru yang lebih indah.

Baca Juga: Ini Perbedaan Graphic Designer dan UI Designer yang Jarang Diketahui

9. Desain yang socially conscious

loader

Masih berkaitan dengan pandemi, di tahun 2020 lalu berbagai desain grafis tentang perubahan cukup banyak disukai. Hal yang sama juga diprediksi akan terjadi tahun ini, di mana ajakan untuk hidup sehat dan selalu positif hadir melalui desain grafis yang unik ini. Desain ini akan memberikan banyak pesan tentang harapan yang baik di masa sulit seperti sekarang.

Desain Grafis yang Lebih Menarik dan Berwarna

Awal tahun selalu menjadi momen hadirnya berbagai tren yang baru, termasuk tren untuk desain grafis. Ada banyak perubahan dan juga pilihan warna yang berbeda dari tahun sebelumnya. Di tahun 2021 ini, tren desain grafis yang muncul memang terlihat lebih berwarna dan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. 

Baca Juga: Bingung Pilih Jurusan Desain Komunikasi Visual atau Desain Grafis? Pahami Dulu Perbedaannya