Ada Tawaran KTA Termurah, Cari Tahu Dulu Kelebihan dan Keuntungannya

Semua orang pasti merasa bahagia saat pengajuan pinjamannya berhasil dicairkan. Apalagi jika pinjaman yang diajukan adalah KTA atau Kredit Tanpa Agunan yang memiliki bunga relatif rendah dan tidak dipungut biaya tambahan lainnya.

Pasti kesenangan yang Anda dapatkan akan berkali-kali lipat. Suku bunga rendah memang menjadi salah satu dari sekian banyak pertimbangan utama ketika seseorang akan mengajukan KTA.

Sebab, dengan suku bunga rendah maka angsuran bulanan yang harus ditanggung juga tidak terlalu besar. Jadi proses membayar angsuran yang Anda lakukan bisa lebih lancar.

Tapi ternyata tetap saja aa dhal yang harus diperhatikan sebelum menerima tawaran KTA termurah. Jika saat ini Anda sedang ditawari KTA termurah, cari tahu terlebih dahulu kelebihan dan kekurangannya.

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

Kelebihan KTA Termurah

KTA Termurah
Ilustrasi mendapatkan pinjaman dari KTA

Nah, apa saja kelebihan KTA termurah?

1. Suku bunga KTA termurah relatif rendah

Mendapat pinjaman KTA suku bunga rendah dan juga fixed rate merupakan fokus utama calon nasabah. Sehingga angsuran per bulan yang harus dibayarkan tidak memberatkan. Adanya suku bunga rendah ini membantu Anda yang ingin melakukan pinjaman dalam jumlah besar.

2. Nominal pinjaman yang cukup besar

Meski berlabel termurah, namun Anda bisa mengajukan kredit dalam jumlah besar. Misalnya, Anda mengajukan pinjaman dari BNI di mana Anda bisa diperbolehkan untuk mengajukan pinjaman sebesar Rp 100.000.000.

Namun Anda tidak perlu khawatir karena bunga pinjaman yang diterapkan tidak terlalu tinggi yaitu minimal sebesar 0,96% per bulannya.

3. Tidak ada biaya administrasi

Pengajuan KTA semakin dipermudah dan bisa dilakukan oleh semua orang. Bahkan Anda bisa mengajukan pinjaman secara online hanya berbekal smartphone dan internet saja. Jadi Anda tidak perlu meluangkan waktu atau antre lama di bank.

Selain paktis dan mudah, cara ini juga murah karena bebas biaya transportasi ke bank sehingga bisa sedikit menghemat pengeluaran. Anda yang membutuhkan suntikan dana secara cepat kapanpun dan dimanapun bisa mencoba cara daring ini.

4. Ramah untuk Masyarakat Kecil (MBR)

Kredit KTA termurah bisa dilakukan oleh siapa saja, bahkan mereka yang berpenghasilan rendah Rp5.000.000 ke bawah. Misalnya saja seperti KTA dari bank BCA, mereka berani menawarkan pinjaman hingga Rp100.000.000 dengan minimum penghasilan Rp2.000.000. Jadi setiap orang yang butuh dana darurat bisa tertolong meski gajinya di bawah standar UMR.

Baca Juga: Tepatkah Pilih KTA untuk Dapatkan Pinjaman Uang? Inilah Jawabannya

Kekurangan KTA Termurah

Pinjaman Jangka Panjang
Ilustrasi pinjaman jangka panjang

Meski memiliki beragam kelebihan yang sangat membantu, namun KTA termurah juga punya kelemahan yang bisa Anda jadikan pertimbangan, di antaranya:

1. Jangka waktu pinjaman yang panjang

Tenor atau jangka waktu pinjaman yang panjang menjadi salah satu kekurangan KTA yang cukup memberatkan. Bayangkan jika Anda mengambil pinjaman dengan tenor 5 tahun, meskipun suku bunga tergolong rendah namun dengan angsuran yang cukup lama bisa membebani juga. Lebih baik dana ditabung atau diinvestasikan dibandingkan harus digunakan membayar utang selama bertahun-tahun.

2. Biaya denda cukup tinggi

Adanya denda atau penalty jika terlambat membayar angsuran mungkin sudah biasa. Namun denda dari KTA termurah ini terbilang lumayan besar dan memberatkan.

Sebagai contoh jika Anda melakukan pinjaman di BRI. Misal, denda keterlambatan yang akan dikenakan sebesar Rp250 ribu. Selain itu masih ada denda atau biaya lain-lain yang nilainya juga cukup besar.

3. Diwajibkan memiliki rekening bank asal

Agar proses pencairan dana bisa segera berlangsung, Anda diwajibkan untuk memiliki rekening bank asal. Jadi misalnya Anda akan melakukan pengajuan KTA pada bank BCA maka Anda harus membuat rekening BCA terlebih dahulu.

Karena merupakan syarat mengajukan BCA Personal Loan adalah menjadi salah seorang nasabah BCA serta menggunakan BCA sebagai penyaluran penghasilan.

4. Proses penyetujuannya lebih lama

Durasi penyetujuan tiap bank yang menyediakan KTA bervariasi. Ada yang bisa selesai dalam satu minggu, namun ada juga yang membutuhkan waktu dua hingga tiga minggu. Jadi ketika membutuhkan dana cepat, Anda harus mencari opsi KTA di bank yang penyetujuannya tidak lama.

Baca Juga: Panduan Mengajukan Aplikasi KTA Melalui Cermati.com

Pertimbangkan dengan Baik

Itulah kelebihan dan kekurangan KTA termurah yang harus Anda ketahui. Jadi ketika ada penawaran pinjaman dari KTA termurah, sebaiknya pertimbangkan dengan baik terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menerima atau menolaknya. Biar lebih gampangnya, Anda bisa membandingkan KTA, pilih yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda dan ajukan KTA di Cermati.com.

Baca Juga: Cara Memilih KTA yang Bagus, Pilih KTA Online