Afiliasi, Ini Cara Kerja dan Sederet Keuntungannya

Siapa yang tidak tertarik mendapatkan penghasilan menjanjikan tanpa harus bekerja keras melakukan beragam hal yang memakan waktu dan tenaga? Jika ditanya adakah pekerjaan yang dapat dilakukan tanpa susah payah tapi tetap menghasilkan, berkat kemajuan teknologi digital, jawabannya tentu saja ada. 

Semenjak kemunculan teknologi internet, kini semua orang memiliki kesempatan untuk mendapatkan uang dengan cara yang jauh lebih mudah dan praktis. Salah satu contohnya adalah melalui program afiliasi yang saat ini sudah mulai banyak tersedia dan dimanfaatkan oleh masyarakat. 

Melalui program tersebut, kamu bisa memperoleh pendapatan pasif, tanpa harus mengeluarkan modal yang besar dan kerja keras. Meski begitu, sebelum terjun ke dunia bisnis afiliasi tersebut, kamu tentu harus memahami dulu bagaimana cara kerjanya dan keuntungan yang mungkin didapatkan. Nah, daripada penasaran, simak penjelasan mengenai apa itu afiliasi, cara kerja, dan juga sederet keuntungannya berikut ini. 

Baca Juga: Mengenal Arti Kata Afiliasi dan Perannya dalam Konteks Marketing, Pasar Modal, Psikologi, dan Organisasi

Apa Itu Afiliasi?

loader

Apa Itu Afiliasi?

Secara singkat, afiliasi adalah sebuah program yang bisa dilakukan untuk mendapatkan penghasilan dalam bentuk komisi setiap kali berhasil menjual produk ke orang lain. 

Menurut KBBI, definisi afiliasi adalah relasi atau hubungan antar anggota atau cabang. Misalnya, bentuk kerja sama dari perusahaan Indonesia dan perusahaan asing, hal tersebut bisa disebut sebagai afiliasi. 

Selain itu, afiliasi juga merupakan bentuk kerja sama antara sebuah perusahaan dengan individu yang memiliki tujuan untuk mendapatkan keuntungan lebih besar via strategi pemasaran dengan aktivitas promosi atau menambahkan tautan di media sosial ataupun blog. 

Sederhananya, yang dimaksud dengan bisnis afiliasi ini adalah cara memperoleh penghasilan tambahan melalui penjualan barang, produk, atau jasa dari suatu perusahaan lain. Istilah orang yang menawarkan produk dari perusahaan lain tersebut adalah affiliate marketers, dan komisi akan diberikan setiap kali ada produk atau jasa yang laku terjual. 

Jumlah komisi yang bisa didapatkan pada program ini bisa dibilang beragam, tergantung dari kebijakan atau perjanjian pihak perusahaan dan disepakati bersama. Sebagai contoh, beberapa perusahaan yang menawarkan program tersebut akan memberikan komisi sebesar 10 persen dari keuntungan atau harga jual produk. 

Sedangkan di perusahaan lainnya, komisi yang diberikan bisa mencapai 50 persen, atau bahkan di atasnya. Dengan potensi komisi yang menjanjikan tersebut, tentu program ini bisa menjadi salah satu sarana memperoleh pendapatan tambahan yang layak untuk dicoba. 

Sementara di dunia pasar modal, ada pula istilah afiliasi yang berarti hubungan antara perusahaan dengan pemegang saham utama. Dalam konteks tersebut pula afiliasi bisa diartikan sebagai hubungan semua pihak yang mengatur aktivitas bisnis secara langsung atau tidak langsung dengan pihak perusahaan.

Cara Kerja Afiliasi

Secara umum, cara kerja afiliasi tidak jauh berbeda dengan broker. Dalam pelaksanaannya, kamu tidak harus mempunyai produk, barang, atau jasa lebih dulu untuk bisa menjualnya ke calon pembeli, lebih lagi menyiapkan stok dan berisiko mengalami kerugian saat barang tidak habis terjual. 

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah cara kerja afiliasi.

  1. Melakukan Pendaftaran

    Hal pertama yang harus diperhatikan saat ingin menekuni bisnis ini adalah melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Kamu bisa mencari perusahaan yang menawarkan program bisnis tersebut di internet melalui situs resminya. Lalu, setelah melakukan pendaftaran dan mendapat persetujuan, kamu akan diberikan kode referral yang unik dan tidak sama antara affiliate marketer. 

    Melalui kode tersebut, pihak perusahaan bisa mengetahui apakah ada produk yang terjual via program afiliasi atau tidak. Dalam kata lain, kode referral ini berguna sebagai penanda jika konsumen telah membeli suatu produk melalui aktivitas pemasaran atau promosi yang dilakukan oleh afiliator yang bersangkutan. 

  2. Mempromosikan Produk Afiliasi

    Tentunya, agar bisa menjual banyak produk afiliasi dan memperoleh komisi, afiliator perlu gencar melakukan promosi produk dan kode referral kepada calon pembeli. Sebab, semakin banyak orang yang mengetahui kode referralmu, semakin tinggi pula potensi produk bisa terjual melalui kode tersebut.

    Ada banyak aktivitas promosi yang bisa dilakukan untuk memasarkan produk afiliasi ini. Beberapa di antaranya adalah membagikan informasi produk afiliasi dan kode referral milikmu melalui media sosial, melakukan review produk, maupun menyebarkannya ke forum online dan blog di internet. 

  3. Terjadi Pembelian melalui Kode Referral 

    Tujuan dari mengikuti program afiliasi pada dasarnya adalah memasarkan produk milik perusahaan afiliasi ke calon pembeli dengan memasukkan kode referral. Guna menarik minat beli dari calon konsumen, tidak jarang pembelian yang dilakukan dengan kode referral akan diberikan diskon atau keuntungan tambahan. Dengan begitu, kamu sebagai pihak afiliator tidak perlu khawatir kalau pembeli akan membeli produk yang dipasarkan tanpa memasukkan kode tersebut karena akan melewatkan potensi keuntungan tersebut. 

  4. Memperoleh Komisi dari Setiap Penjualan

    Terakhir, dari setiap pembelian yang dilakukan dengan menggunakan kode referral, kamu bisa mendapatkan komisi sesuai jumlah yang telah disetujui. Namun, perlu dipahami jika di sejumlah perusahaan afiliasi, komisi baru akan diberikan setelah pihak afiliator telah mengisi form, mampu meningkatkan traffic situs, mengunduh sebuah aplikasi, ataupun berlangganan pada layanan newsletter perusahaan. 

Baca Juga: Butuh Passive Income? Ini Cara Cepat Mendapatkannya

Sederet Keuntungan saat Menekuni Program Afiliasi

loader

Keuntungan Menekuni Program Afiliasi

  1. Tidak Butuh Modal Besar

    Salah satu keunggulan dari menekuni program afiliasi adalah kebutuhan modal yang bisa dibilang sangat minim, bahkan bisa dilakukan tanpa modal sama sekali. Alasannya karena kamu tidak perlu membeli produk terlebih dahulu dan menyiapkan stock agar bisa menawarkan serta menjualnya ke calon konsumen. Tugas kamu sebagai afiliator hanya melakukan promosi agar ada calon pembeli yang tertarik dan akhirnya melakukan pembelian dengan menggunakan kode referral.

  2. Dapat Menjadi Pendapatan Pasif

    Keunggulan lain dari program bisnis ini adalah kamu bisa menjadikannya sebagai sarana untuk mendapatkan penghasilan pasif. Tanpa harus bekerja secara aktif dan menghabiskan banyak waktu serta tenaga, program ini bisa memberikan afiliator penghasilan. Yang utama, gencar lakukan promosi di tempat yang tepat dengan target pasar dari produk afiliasi agar potensi untuk mendapatkan pembeli dan komisi menjadi lebih besar. 

  3. Jam Kerja Tidak Terikat

    Bagi kamu yang tidak ingin terikat dengan jam kerja dan ingin bekerja dengan lebih fleksibel, program afiliasi ini tentu bisa menjadi pilihan yang tepat. Kamu bisa mengatur sendiri kapan akan melakukan promosi, tanpa merasa adanya tekanan harus mengejar target selayaknya kebanyakan profesi pemasaran atau marketing lain.

  4. Penghasilan Bergantung dari Usaha yang Dilakukan

    Pendapatan dari aktivitas afiliasi ini murni bergantung pada seberapa besar usaha dan kerja keras yang kamu lakukan. Semakin gencar melakukan promosi, semakin tinggi pula potensi mendapatkan calon konsumen. Dengan begitu, pembelian produk afiliasi melalui kode referral akan bertambah, dan meningkatkan komisi yang bisa didapatkan. 

  5. Bisa Daftar Beragam Program Afiliasi Sekaligus

    Keunggulan yang satu ini tentu bisa membuat penghasilan dari aktivitas ini melimpah dan menjanjikan, bahkan tidak kalah dengan pekerjaan utama. Jika mengikuti satu program afiliasi saja, pendapatan yang bisa diperoleh mungkin tidak akan terlihat besar. 

    Namun, lain halnya jika kamu mengikuti beragam program afiliasi sekaligus sehingga sumber penghasilannya juga menjadi lebih banyak. Tergantung dari kemampuan dan waktu yang tersedia, kamu bisa mendaftar ke 3 atau 4 program afiliasi di satu waktu asalkan tidak bertentangan dengan persyaratan atau ketentuan. Oleh karena itu, pastikan untuk membaca terlebih dahulu syarat mengikuti program ini agar tidak mengalami konsekuensi yang merugikan di kemudian hari. 

  6. Dapat Dilakukan di Mana Saja dan Kapan Saja

    Keuntungan terakhir dalam menekuni program afiliasi adalah kamu bisa melakukannya secara fleksibel, kapan saja dan di mana saja. Khususnya di masa pandemi seperti sekarang ini, program afiliasi bisa menjadi sarana mendapatkan penghasilan yang sempurna asal dilakoni dengan serius dan tekun dari rumah. Karena tidak menyita waktu, afiliasi ini juga bisa dijalani sembari bekerja di kantor melalui komputer, laptop, atau smartphone sekalipun. 

Apakah Kamu Tertarik Bergabung ke Program Afiliasi Ini?

Dengan kondisi yang berbeda-beda, tidak semua orang memiliki kesempatan untuk melakukan pekerjaan kantoran atau memulai bisnis dengan modal yang besar. Nah, sebagai solusinya, kamu bisa mencoba menekuni program afiliasi ini untuk mendapatkan penghasilan guna memenuhi kebutuhan. Dengan cara kerja yang simpel, bisa dikerjakan di mana saja dan kapan saja, serta mampu memberikan penghasilan yang menjanjikan, tentu akan sangat disayangkan jika kamu sampai melewatkan peluang dari program tersebut.

Baca Juga: 7 Peluang Bisnis Menguntungkan Bagi Generasi Milenial