10 Manfaat Air Mawar yang Bagus untuk Kecantikan

Mawar merupakan salah satu jenis bunga yang banyak disukai masyarakat. Warnanya yang indah dan kelopaknya yang halus membuatnya kerap menjadi simbol dari kecantikan. Tak hanya bunganya saja yang melambangkan kecantikan, ternyata mawar dapat dimanfaatkan untuk pengobatan dan kecantikan, lho, salah satunya seperti air mawar. 

Air mawar merupakan air yang dihasilkan dari rebusan kelopak dan mahkota bunga mawar. Umumnya, jenis mawar yang dipakai untuk membuat larutan ini adalah bunga mawar Damask atau Rosa Damascena. Hal ini dikarenakan mawar Damask memiliki kandungan minyak yang lebih sedikit. 

Karena berasal dari campuran ekstrak bunga mawar, nggak mengherankan jika air mawar memiliki aroma semerbak bak bunga mawar dan mengandung banyak manfaat baik bagi kulit. Kira-kira apa saja manfaat atau fungsi air mawar itu? Simak penjelasannya berikut ini. 

Baca juga: Kenalan Sama Fungsi Niacinamide, Ampuh Atasi Berbagai Masalah Kulit?

10 Manfaat Air Mawar

loader

Air Mawar

Jika membahas skin care dan alat kecantikan wanita lainnya, mungkin hal yang terlintas di pikiranmu lebih merujuk pada serum, toner, dan sebagainya. Tapi, tahukah kamu, ternyata air mawar juga menjadi salah satu alat kecantikan yang baik untuk kesehatan kulit wajah, lho. 

Air mawar sendiri merupakan hasil penyulingan dari bunga mawar. Penyulingan tersebut menghasilkan kandungan minyak dari kelopak mawar dan juga cairan aromatik yang bagus untuk kesehatan kulit. Hasil penyulingan tersebutlah yang diolah menjadi air mawar. 

Kandungan minyak dan aromatik tersebut ternyata juga mengandung bahan antiseptik dan antibakteri yang bagus untuk relaksasi kulit. Oleh karena itu, air mawar dapat meredakan ruam dan peradangan pada kulit. Tak hanya itu, air mawar juga kaya akan vitamin, lho, salah satunya seperti vitamin A, C, dan E. 

Penasaran apa saja fungsi air mawar itu? Ini dia 10 manfaat dan fungsi air mawar yang perlu diketahui. 

1. Berfungsi sebagai Toner Wajah

Salah satu manfaat air mawar adalah dapat berfungsi sebagai toner wajah. Hal ini dikarenakan air ini memiliki kandungan antibakteri yang cocok untuk membasmi kuman pada wajah, terlebih bagi yang memiliki masalah jerawat. 

Kemudian, air ini juga bisa membantu membersihkan minyak dan bekas make up pada wajah. Oleh karena itu, kamu bisa menggunakannya sebagai metode double cleansing setelah menggunakan susu pembersih atau sabun wajah. 

2. Mengatasi Jerawat

Salah satu pemicu munculnya jerawat adalah karena munculnya bakteri pada wajah. Oleh karena itu, air ini bisa jadi alternatif, nih, untuk mengatasi masalah jerawat pada wajah. Selain itu, air ini  juga bisa merelaksasi kulit sehingga bisa meredakan jerawat yang meradang. 

3. Melembabkan Kulit

Fungsi air mawar selanjutnya adalah untuk melembabkan kulit wajah. Jika kulit wajah terasa kering dan kaku tentunya akan mengganggu aktivitas harian bukan? Nah, kamu bisa menggunakannya untuk menjaga kelembaban kulit. 

Selain itu, kulit kering juga bisa memunculkan kerutan atau kulit mengelupas yang tentunya merusak penampilan. Cobalah untuk mengaplikasikannya pada wajah dengan menggunakan kapas. Dengan begitu, kulit pun akan terasa lebih lembab dan segar. 

4. Menyamarkan Kerutan di Wajah

Memiliki kerutan di wajah tentunya akan membuat tampilan menjadi lebih tua dan kurang segar. Namun, tak perlu khawatir karena kamu bisa menggunakannya untuk menyamarkan kerutan tersebut. 

Manfaat air mawar satu ini bisa didapatkan karena memiliki kandungan minyak esensial yang dapat menjaga pH kulit tetap seimbang. Dengan begitu, kulitmu pun menjadi lebih terhidrasi dan kerutan pada wajah menjadi tersamarkan. 

5. Membersihkan Kulit Wajah

Salah satu kandungannya adalah adanya antiseptik dan antibakteri. Kedua kandungan ini membuatnya dapat berfungsi untuk membersihkan kulit wajah. 

Kemudian, air mawar juga memiliki kandungan vitamin A dan E yang sangat baik bagi kulit, salah satunya berperan besar dalam mencerahkan kulit wajah. Oleh karena itu, kandungan antiseptik dan vitamin ini baik untuk membantu proses eksfoliasi kulit dan membantu membersihkan wajah. Kulit wajahmu pun akan terlebih bersih dan cerah, deh. 

6. Membersihkan Bekas Makeup di Wajah

Tahukah kamu, malas membersihkan bekas makeup ternyata bisa menimbulkan dampak buruk pada wajah, lho. Mulai dari jerawat, beruntus pada kulit, dan efek lainnya bisa dirasakan. Oleh karena itu, kamu wajib membersihkan makeup setelah beraktivitas. 

Nah, salah satu alat yang bisa digunakan untuk membersihkan bekas makeup pada wajah adalah air mawar. Air ini mampu membersihkan sisa makeup, bahkan untuk riasan yang waterproof. Dengan begitu, kamu pun bisa membersihkan wajah dengan lebih mudah dan menghindari terjadinya iritasi karena terlalu keras menghapus riasan. 

7. Menyamarkan Kantung Mata

Kamu sering begadang dan memiliki kantung mata? Tenang saja, manfaat air mawar selanjutnya yang bisa didapatkan adalah menyamarkan kantung mata. Hal ini dikarenakan air ini memiliki kandungan yang dapat melembabkan dan mencerahkan kulit. 

Oleh karena itu, kamu bisa coba mengoleskannya pada area bawah mata untuk menyamarkan kantung mata. Tapi, kamu perlu hati-hati, ya. Jangan sampai terkena langsung pada mata, ya.

8. Meredakan Peradangan Kulit

Salah satu manfaat air mawar yang bisa didapatkan adalah dapat merelaksasi kulit. Hal inilah yang membuatnya juga berfungsi meredakan peradangan pada kulit. 

Manfaat ini bisa didapatkan karena terdapat kandungan anti inflamasi yang dapat mengatasi iritasi dan peradangan pada kulit. Kamu bisa menggunakan beberapa tetes minyak esensial ekstrak mawar pada area kulit yang meradang untuk merelaksasi kulit dan meredakan iritasi. 

9. Merelaksasi Kulit

Manfaat air mawar lainnya adalah dapat merelaksasi kulit. Fungsi air mawar ini bisa didapatkan karena adanya kandungan yang membuat saraf tubuh menjadi rileks. Selain itu, aroma mawar yang wangi juga bisa membuat otak kita lebih fresh

Kamu bisa mencoba efek relaksasi ini dengan mencampurkannya dengan air hangat untuk berendam atau mengkompres wajah. 

10. Meningkatkan Mood

Terakhir, manfaat air mawar yang bisa didapatkan adalah dapat meningkatkan mood. Efek relaksasi yang dihadirkan membuat kulit menjadi rileks dan saraf otak pun menjadi ikut rileks. Hal inilah yang membuat mood meningkat. Oleh karena itu, jika sedang merasa lelah dan stress, cobalah untuk memanjakan diri dengan menggunakannya. 

Harga Air Mawar

Wah, ternyata air mawar memiliki banyak sekali manfaat baik, ya, bagi tubuh kita. Lantas, apakah hal ini membuat harga air mawar menjadi mahal? Ternyata tidak juga, lho. 

Saat ini ada banyak air mawar yang dijual di pasaran. Kamu bisa membelinya dalam bentuk toner ataupun alat kecantikan lainnya. Harga air mawar sendiri berada di kisaran harga Rp5.000 sampai Rp8.000 per 100 ml. Namun, harganya pun masih cukup bervariatif, bergantung pada brand, marketplace, hingga banyak sedikitnya air mawar. 

Baca juga: Manfaat dan Efek Samping Suntik Putih, Bagaimana Dampaknya untuk Kesehatan?

Air Mawar Memiliki Banyak Manfaat Baik Bagi Kulit Wajah

Itu dia 10 manfaat air mawar yang ternyata baik sekali untuk kecantikan dan kulit wajah. Air mawar sendiri merupakan cairan yang berasal dari penyulingan kelopak mawar dan memiliki banyak kandungan baik bagi tubuh. Beberapa di antaranya adalah kandungan antiseptik, antibakteri, vitamin A, C, dan E yang sangat baik bagi kebersihan dan kesehatan kulit. 

Kamu bisa mendapatkannya dalam bentuk toner ataupun air mawar untuk produk kecantikan. Harga air mawar sendiri pun cukup bervariasi, walaupun begitu harganya masih cukup terjangkau, kok. Harga air mawar per 100ml sendiri umumnya dibanderol dengan kisaran harga Rp5.000 sampai Rp8.000. 

Cara menggunakannya pun cukup mudah. Kamu bisa menggunakannya dengan meneteskannya di atas kapas. Lalu, oleskan tetesan minyak tersebut secara merata pada wajah, mulai dari pipi, dahi, hidung, bawah mata, hingga leher. 

Air mawar ini bisa digunakan untuk membersihkan wajah dari debu dan juga makeup. Lakukan pembersihan wajah dengan air mawar sebelum membersihkan wajah dengan sabun. Dengan begitu, wajah menjadi lebih sehat dan bersih. Yuk, coba rasakan sendiri manfaatnya!