Akhir Tahun Masih Nganggur? Ini 6 Solusi Cepat Dapat Kerja

Belum memiliki pekerjaan alias menganggur memang tidak begitu menyenangkan, apalagi sudah mau berganti tahun ini pastinya banyak kegiatan yang berhubungan dengan pengeluaran harus dibatasi.

Meski bisa menikmati banyak waktu luang untuk santai-santai di rumah, tetap saja bekerja dan mendapatkan penghasilan sudah paling menyenangkan. Selain bisa bertemu dan bercengkrama bersama teman kantor, penghasilan yang didapat bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, belanja keinginan, dan liburan.

Agar tak lama menganggur dan cepat mendapatkan pekerjaan, Cermati.com punya beberapa solusi yang bisa kamu lakukan mulai dari sekarang.

Baca Juga: 7 Cara Interview Kerja yang Baik

Siapa yang Termasuk Nganggur?

nganggur

Sebelumnya, sering kali kata menganggur itu menjadi nilai yang negatif bagi kebanyakan orang, padahal itu tidak selamanya benar. Ada beberapa alasan seseorang dikatakan masih menganggur, di antaranya:

1. 'Fresh Graduate'

Setiap fresh graduate tentunya memiliki peruntungan mendapat kerja berbeda-beda. Ada yang setelah lulus sekolah atau kuliah langsung mendapatkan pekerjaan, namun ada pula yang harus menganggur lama dulu karena masih menunggu panggilan kerja.

Kondisi seperti ini adalah hal yang sangat wajar dialami para fresh graduate, sebab persaingan yang ketat antar pelamar kerja, minim atau belum ada pengalaman kerja, kontak profesional dan sumber daya yang masih terbatas.

2. 'Resign' dari Kerjaan Sebelumnya

Hingga sekarang ini masih banyak karyawan yang resign dari pekerjaannya tanpa harus memikirkan atau mempersiapkan pekerjaan pengganti. Mereka beranggapan bahwa mencari pekerjaan penggantinya bisa didapatkan dengan mudah sebab sudah ada pengalaman bekerja sebelumnya. Namun, tetap saja harus menunggu alias menganggur dulu sampai mendapatkan pekerjaan yang baru.

3. PHK

Banyak faktor seseorang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dari perusahaannya. Bisa dikarenakan tidak memenuhi kriteria karyawan pada kebijakan yang baru atau bahkan perusahaan gulung tikar atau bangkrut. Hal tersebut tentunya membuat karyawan yang terkena PHK harus nganggur dulu sebelum mendapatkan pekerjaan lagi.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Solusi Cepat Dapat Kerja

Apapun yang kamu alami, menganggur bukan hal yang harus ditakutkan sebab ini hanya kondisi sementara waktu. Bagi yang tak ingin lama-lama nganggur dan ingin cepat dapat pekerjaan, segera lakukan beberapa solusi berikut ini, di antaranya:

1. Update CV

cv
Update CV

Bila  sudah memiliki curriculum vitae atau CV, coba cek kembali apakah CV yang kamu buat sudah baik dan benar? apakah sudah sesuai dengan kriteria CV yang perusahaan inginkan? Jika belum, coba perbaiki segera mungkin.

Pastikan data yang tercantum pada CV sudah benar alias tak ada yang data abal. Pada umumnya, data yang harus ada pada CV adalah mulai dari data pribadi, pendidikan, keahlian, pengalaman kerja hingga deskripsi pribadi. Untuk memudahkan kamu dalam membuat CV, tak ada salahnya lihat contoh CV yang baik dan benar agar sukses dilirik HRD di link tertaut (https://www.cermati.com/artikel/contoh-cv-lamaran-kerja-terbaru-agar-sukses-dibaca-oleh-hrd).

2. Aktif Ikuti Job Fair

Meski banyak waktu luang bukan berarti kamu bersantai tanpa ada kegiatan begitu saja. Isilah waktu luang menganggur dengan sering menghadiri acara Job Fair yang dilakukan berbagai penyelenggara di sekitar tempat tinggal kamu.

Pada umumnya, job fair ini dilakukan oleh perusahaan besar yang memiliki banyak anak perusahaan atau juga diselenggarakan oleh instansi lowongan kerja. Jangan cuma hanya datang dan lihat-lihat saja, tapi juga harus aktif melamar pekerjaan di setiap perusahaan yang membuka lowongan kerja sesuai dengan posisi yang kamu inginkan. Hal ini tentunya membuat kamu mendapatkan pekerjaan lebih cepat berpeluang besar.

3. Gunakan Aplikasi Loker dengan Maksimal

aplikasi kerja
Gunakan aplikasi loker dengan maksimal

Kamu masih bisa mencari dan melamar pekerjaan dengan mudah meski di rumah sekalipun, yaitu lewat aplikasi lowongan kerja. Saat ini banyak aplikasi lowongan kerja yang memudahkan kamu cepat dapat pekerjaan. Asalkan data-data yang dimasukkan dalam aplikasi tersebut benar dan lengkap.

Tapi kamu juga harus pintar-pintar memilih perusahaan, sebab sekarang ini banyak perusahaan abal yang membuka lowongan kerja di aplikasi lowongan kerja tersebut yang hanya ingin memeras uang pencari kerja saja. Sebaiknya pilihlah aplikasi lowongan kerja yang bagus dan sudah terpercaya, seperti Linkelnd, karir.com, jobstreet, kormo dan sebagainya.

4. Jadikan Hobi Sebagai Sumber Penghasilan

Sekarang ini hobi bukan hanya menjadi kegiatan yang dilakukan untuk mengisi waktu luang saja, tapi bila kamu jeli melihat peluang, hobi yang kamu miliki bisa menghasilkan pundi-pundi uang.

Sekarang ini tak sedikit orang yang menjadikan hobi sebagai sumber penghasilan. Bahkan, tanpa modal sekalipun hanya mengandalkan keahlian, hobi bisa memberikan uang yang jumlahnya lumayan besar.

Misalnya saja hobi fotografi dengan membuka jasa foto untuk acara-acara penting, foto prewedding dan wedding atau sebagainya maka uang yang diperoleh bisa mulai dari ratusan ribu rupiah hingga jutaan rupiah per minggunya dari tarif yang kamu pasang.

Selain itu juga bisa memanfaatkan hobi memasak dengan membangun usaha kecil dengan modal yang minim seperti camilan, sambal, minuman dan sebagainya. Menyoal modal, bisa gunakan sekian persen uang tabungan, meminjam uang dari orang tua atau saudara dan juga bisa melalui pinjaman online yang menawarkan bunga rendah.

5. Tingkatkan Koneksi dengan Teman

teman-teman
Tingkatkan koneksi dengan teman

Sering meet up bersama teman jangan cuma bercanda dan ngegosip saja, tapi kamu juga perlu membicarakan soal pekerjaan. Jangan sungkan untuk terbuka mengenai pekerjaan dengan teman-temanmu, siapa tahu di antara banyak teman yang kamu temui, ada satu atau dua orang yang bisa memberikan informasi lowongan pekerjaan di perusahaannya.

Baca Juga: Cek Penyebab Lamaran Kerja Kamu Ditolak Melulu

6. Klaim BP Jamsostek

Bagi yang sudah bekerja sebelumnya pasti sudah menjadi anggota BP Jamsostek, bukan? Nah, dana BP Jamsostek yang kamu miliki bisa dicairkan (klaim) untuk memenuhi kebutuhanmu selama menganggur atau juga bisa dijadikan sebagai modal untuk menjalankan usaha kecil-kecilan.

Mencairkan dana BP Jamsostek ini bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu offline dengan datang langsung ke kantor BPJS Ketenagakerjaan dan online dengan mengunjungi dan mengisi formulir di https://es.bpjsKetenagakerjaan.go.id/login/. Namun, apapun cara yang dipilih, jangan lupa lengkapi dokumen yang dibutuhkan mulai dari kartu BPJS Ketenagakerjaan, KTP, buku tabungan, Kartu Keluarga, Surat keterangan aktif bekerja dari pihak perusahaan tempat bekerja, formulir klaim yang diisi lengkap dan benar.

Tekun dan Iringi dengan Doa

Menganggur bisa segera diatasi asalkan kamu mau berusaha dengan tekun mencari solusi yang terbaik untuk mendapatkan pekerjaan. Tak ada salahnya dengan melakukan semua solusi yang telah disebutkan di atas, siapa tahu satu diantaranya berhasil membuatmu dapat pekerjaan. Agar hasilnya maksimal dan pekerjaan sesuai dengan yang diharapkan selama ini, iringi dengan doa yang bersungguh-sungguh. Jangan patah semangat untuk terus mencoba!

Baca Juga: Pencari Kerja Perlu Kenali 5 Ciri-ciri Penipuan Lowongan Kerja via Online