Alasan Kecanduan Main Game dan Cara Berhenti dari kecanduan

Mudahnya mengakses layanan internet membawa kita pada banyak perubahan, termasuk hadirnya sejumlah hiburan dan aktifitas lainnya yang berbasis online. Ada banyak aktifitas online yang kerap dilakukan di sela-sela kesibukan, salah satunya adalah bermain game online.

Tak hanya sebatas anak muda saja, aktifitas yang satu ini disukai oleh hampir seluruh kalangan, mulai dari anak-anak, kalangan muda, bahkan hingga orangtua. Peminat game online ini terus meningkat setiap tahunnya, bahkan besar kemungkinan masih akan meningkat lebih tinggi di masa-masa yang akan datang.

Tingginya minat masyarakat akan permainan yang satu ini jelas menjadi angin segar bagi perusahaan penyedia game online, sehingga wajar saja jika sebagian perusahaan ini begitu gencar untuk merebut pasar yang ada, yakni dengan rajin mengeluarkan berbagai seri game terbaru ke pasaran.

Sedangkan bagi Anda dan juga peminat game lainnya, ini akan menjadi kabar baik dan sekaligus “ancaman” yang dapat menimbulkan kecanduan. Tidak masalah jika Anda memiliki kontrol yang baik dalam mengelola waktu dan membatasi diri dalam bermain game online ini.

Namun, jika ternyata tidak, maka besar kemungkinan Anda akan menjadi salah satu pecandu game online yang belakangan ini cukup banyak disoroti.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Penyebab Kecanduan Game Online

loader

Aktifitas bermain game online yang terlalu banyak, sangat mungkin membuat Anda kecanduan permainan yang satu ini. Dalam beberapa kasus, kecanduan ini bahkan terbilang cukup serius dan membutuhkan penanganan khusus.

Bayangkan, apa yang akan terjadi jika sampai mengalami kecanduan dan tak lagi bisa berhanti bermain game sepanjang waktu?

Ada banyak hal yang menjadi penyebab kecanduan game online, beberapa di antaranya seperti berikut ini:

  • Selalu berkembang dan tidak ada habisnya

Jika belasan tahun lalu game diprogram dengan menggunakan tingkatan (level) tertentu yang akan habis dan membuat game berakhir ketika gamer bisa mencapai level tertinggi, maka saat ini justru berbeda.

Kebanyakan game terus berkembang dan memiliki banyak fitur di dalamnya, sehingga tidak pernah selesai. Pengembang pada umumnya akan menghadirkan berbagai fitur baru, seperti: karakter, senjata, dan yang lainnya yang akan membuat para gamer terus penasaran untuk bermain dan bermain lagi tanpa ada habisnya.

  • Para gamer bisa leluasa untuk berinteraksi

Tak hanya sekedar bermain game saja dan menaklukkan berbagai game secara online, saat ini para gamer juga bisa berinteraksi antara satu dengan yang lainnya, sebagaimana layaknya ketika kita menggunakan media sosial saja. Hal ini tentu akan menjadi daya tarik tersendiri, terutama bagi yang menyukai interaksi komunitas yang sama.

  • Kompetisi yang beragam dengan hadiah yang menjanjikan

Tingginya minat akan game membuat berbagai komunitas termasuk pengembang begitu antusias untuk menggelar berbagai kompetisi. Tak hanya dalam skala kecil, berbagai kompetisi ini bahkan sering hadir dalam skala yang luas dan mendunia. Bukan hanya itu saja, sejumlah hadiah yang besar juga biasanya akan dihadirkan untuk meramaikan kompetisi-kompetisi ini.

  • Tantangan dan skill yang selalu bertambah

Game tak hanya sekedar menjadi hiburan membosankan semata, permainan ini bahkan bisa menjadi wadah yang begitu menantang bagi para peminatnya. Di dalam game, para gamer akan menemukan berbagai level yang beragam dengan tingkat skill yang juga beragam, hal ini menjadi daya tarik terbesar di dalam game. Setiap orang akan membutuhkan skill tertentu untuk bisa menaklukkan level-level di dalam game, dan akan mendapatkan kepuasan sesaat setelah menaklukkan level tersebut.

Namun tidak hanya sampai di situ saja, sejumlah rasa penasaran juga akan hadir setelahnya, di mana yang bersangkutan akan begitu tertantang untuk mengalahkan level-level berikutnya.

  • Emosi yang beragam

Berbagai tantangan di dalam game tentu akan menimbulkan berbagai bentuk emosi bagi para gamer yang memainkannya. Rasa tegang, cemas, marah, atau bahkan bahagia bisa saja muncul. Dalam beberapa kondisi berbagai perasaan ini bisa saja mempengaruhi kehidupan para gamer, sehingga kondisi emosi justru tidak stabil.

Bukan hanya ketika bermain game, seorang gamer yang kecanduan bisa saja merasa gelisah atau bahkan cemas ketika tidak bisa bermain game yang diminatinya.

  • Memberikan “dunia lain” yang sesuai dengan keinginan

Beberapa game memungkinkan pemainnya untuk membentuk karakter sesuai dengan keinginannya. Hal ini tentu menyenangkan, namun sekaligus bisa menjadi wadah pelarian bagi para gamer, di mana mereka merasa menemukan sebuah dunia kecil yang sesuai dengan keinginan mereka. Berbagai games ini bisa saja membuat mereka “tenggelam” dengan berbagai imajinasi terhadap karakter-karakter ini, bahkan menjadi tempat pelarian bagi mereka.

Baca Juga: 5 Tips Hemat Atur Anggaran Buat Hobi

Atasi dengan Langkah yang Tepat Sejak Awal

loader

Jika melihat berbagai keseruan yang bisa didapatkan dari game, maka kebanyakan orang mungkin saja tidak akan menyangka betapa permainan yang satu ini bisa saja membawa dampak kecanduan bagi para pemainnya.

Dalam tahap yang masih wajar, hal ini mungkin saja tidak akan menjadi sebuah gangguan yang serius. Namun jika terus dibiarkan, bukan tidak mungkin kecanduan game ini akan membawa berbagai dampak negatif lainnya yang merugikan.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kecanduan bermain game, beberapa di antaranya seperti berikut ini:

1. Miliki niat untuk berubah dan mulai tata kembali aktifitas harian

Tingginya durasi bermain game bisa saja mengganggu berbagai aktifitas harian lainnya. penting untuk menyadari hal ini dengan baik sejak awal, sehingga proses mengatasi kecanduan bermain game ini akan menjadi lebih mudah dan cepat.

Miliki niat yang besar untuk berubah, dan mulailah menata kembali berbagai aktifitas harian yang selama ini terganggu akibat kecanduan game ini. Sematkan beberapa aktifitas harian yang menyenangkan dan bermanfaat, sehingga rutinitas tidak akan terasa membosankan, terutama di tahap-tahap awal.

2. Lakukan lebih banyak hobi lainnya yang bermanfaat

Bermain game mungkin saja menjadi hobi utama, namun bukan tidak mungkin aktifitas lainnya juga menjadi hobi yang menyenangkan juga. Lihat kembali hobi lainnya yang selama ini terlupakan atau bahkan hobi baru yang lebih menyenangkan dan bermanfaat. Jadikan hobi ini sebagai aktifitas baru untuk mengalihkan perhatian dari berbagai permainan game, sehingga hari menjadi lebih menyenangkan dan tidak fokus pada game saja.

3. Batasi penggunaan smartphone, terutama di saat istirahat

Smartphone menjadi salah satu media yang paling banyak digunakan untuk mengakses permainan game, maka mulailah mengurangi aktifitas dengan perangkat yang satu ini. Batasi penggunaan smartphone di dalam aktifitas harian, terutama di saat-saat jam istirahat yang pada umumnya selalu digunakan untuk mengakses permainan game.

4. Kurangi budget untuk bermain game

Game akan membutuhkan sejumlah biaya, di mana jumlah biaya ini tentu sangat beragam. Kurangi budget untuk kebutuhan yang satu ini dan cobalah untuk mengalokasikan uang untuk berbagai hal lainnya yang lebih bermanfaat lagi.

5. Lakukan perubahan secara bertahap

Jangan melakukan perubahan secara ekstrim, sebab hal ini hanya memiliki tingkat keberhasilan yang rendah. Hal ini juga berlaku di dalam kecanduan permainan game, terutama bagi yang telah kecanduan.

Lakukan perubahan secara bertahap dengan mengurangi durasi bermain game per harinya. Misalnya dengan mengurangi 10 hingga 15 menit per hari, lalu ditingkatkan menjadi 15 hingga 20 menit keesokan harinya.

6. Minta bantuan tenaga profesional

Jika setelah berbagai langkah di atas minat untuk bermain game masih saja tinggi, maka kecanduan game ini sudah ada dalam tahap yang cukup parah. Dalam kondisi seperti ini, akan sangat tepat untuk meminta bantuan kepada ahli kesehatan yang profesional. Beberapa langkah mungkin akan dibutuhkan dalam tahap penyembuhan ini, termasuk terapi dan berbagai tindakan lainnya.

Baca Juga: Punya Hobi? 4 Hobi Ini Bisa Jadi Sumber Pemasukan Tambahan

Bermain dalam Batas Wajar dan Terkontrol

Bermain game menjadi salah satu aktifitas yang menantang dan begitu banyak diminati, hingga sebagian orang justru mengalami kecanduan permainan. Hindari kondisi ini dengan baik, yakni dengan cara bermain game dalam batas yang wajar dan terkontrol.

Namun jika telah mulai mengalami kecanduan, segara lakukan langkah pencegahan yang tepat. Jika perlu, mengunjungi tenaga ahli kesehatan juga menjadi hal penting yang dapat dipertimbangkan.

Baca Juga: Buat Istri Zaman Now, Inilah 3 Tips Atur Budget Hobi Suami