Alumni Prakerja dapat Insentif Lagi Hingga Rp10 Juta, Begini Cara Mendapatkannya

Untuk para alumni prakerja gelombang 1-12 ada kabar baik lagi menghampiri kalian semua!

Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Digital, Ketenagakerjaa, dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah, Kemenko Perekonomian, Rudy Salahuddin telah mengumumkan akan memberikan insentif lagi kepada para alumni prakerja hingga total Rp10 juta.

Bantuan pemerintah tersebut berupa Kredit Usaha Rakyat (KUR) super mikro yang bisa diakses di sejumlah bank atau lembaga pembiayaan. Bantuan diberikan kepada alumni program Prakerja gelombang 1-12 di tahun 2020 yang memilih berwirausaha setelah mengikuti pelatihan.

Tujuan dari bantuan ini adalah untuk para pelaku usaha dari alumni kartu prakerja yang membutuhkan tambahan modal agar bisa meningkatkan skala produksinya.

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

Persyaratan Mendapatkan KUR Rp10 Juta

loader

Untuk Anda yang merupakan alumni prakerja dan ingin mendapatkan insentif dari program pemerintah ini pastikan dulu Anda telah memenuhi persyaratannya terlebih dahulu. Berikut persyaratan untuk para alumni prakerja yang ingin mendapatkan insentif hingga Rp10 Juta:

  1. Masuk dalam kategori usaha mikro.
  2. Lama usaha calon penerima KUR Super Mikro tidak dibatasi minimal 6 bulan. Jika memang usia usaha kurang dari 6 bulan, maka harus memenuhi:
    • Mengikuti program pendampingan.
    • Tergabung dalam suatu kelompok usaha.
    • Memiliki anggota keluarga yang telah memiliki usaha.
  1. Untuk pegawai yang terkena PHK diwajibkan memiliki usaha minimal 3 bulan dengan pelatihan 3 bulan. Hal ini mungkin saja dipenuhi dengan usaha kurang dari 3 bulan, selama memenuhi syarat dari pemerintah.
  2. Belum pernah menerima KUR sebelumnya
  3. Telah memiliki Surat Keterangan Usaha dari kelurahan dan RT/RW, juga menyebutkan jenis usaha atau lama usaha yang dijalankan.

Jika sudah memenuhi syarat bantuan alumni Prakerja ini, Anda bisa lansung mendaftarkan diri ke dinas terkait. Bantuan KUR sendiri akan ditargetkan untuk kurang lebih 19.500 orang alumni yang sudah memiliki usaha dan telah memenuhi syarat.

Bunga yang diberikan hanya sebesar 6% untuk periode setelah 31 Desember 2020, dan jumlahnya mencapai maksimal Rp 10.000.000.

Baca Jug: Cara Cek Bansos 2021 Terlengkap: PKH, Sembako, Subsidi Gaji hingga Token Listrik

Cara Mendapatkan Insentif Rp10 Juta

Jika sudah memenuhi syarat, langkah berikutnya adalah mendaftarkan diri Anda sebagai salah satu peserta alumni prakerja yang akan mendapatkan insentif hingga Rp10 juta ini. Beriku langkah-langkahnya:

  1. Mendatangi Bank yang Langsung Memberikan Fasilitas KUR Super Mikro Alumni Prakerja

Bantuan KUR super mikro tersebut disalurkan melalui sejumlah badan pembiayaan. Salah satu bank yang memberikan fasilitas KUR super mikro ini adalah BRI. Para alumni yang sesuai kriteria, yakni menjalankan wirausaha, dapat mendatangi Kantor BRI terdekat untuk mengajukan pinjaman ini.

  1. Mendaftarkan Diri secara Online

Tidak harus secara offline, akses pengajuan juga dapat dilakukan secara online. Anda bisa langsung mengaksesnya melalui www.kur.bri.co.id. Isi formnya dengan benar dan pastikan Anda telah memenuhi persyaratan yang diminta.

Syarat mengajukan bantuan BRI tidak menerapkan syarat berupa pembatasan minimal waktu pendirian usaha. Jadi, berapa lama pun usia pendirian usaha bisa mengajukan KUR super mikro ini.

Baca Juga: Cara Lengkap Daftar Kartu Prakerja, Bantuan Pengangguran Rp 3,55 Juta

Manfaatkan sebaik Mungkin

Untuk Anda yang akan mengajukan program ini, pastikan Anda telah memiliki rencana yang pasti dalam memanfaatkan KUR ini. Perencanaan pemanfaatan modal yang baik akan memaksimalkan fungsi dan manfaatnya. Coba lah memutuskan apakah modal tambahan ini digunakan untuk meningkatkan kualitas produk atau menambah cabang atau ekspansi bisnis mu.

Jangan sampai karena perencanaan yang kurang, pemanfaatan modal pun menjadi tidak maksimal dan sia-sia.

Baca Juga: Kaleidoskop 2020: Deretan Ujian Ekonomi RI Akibat Covid-19