Aman dan Terpercaya, ini 12 Travel Umrah dan Haji Resmi di Indonesia

Setiap umat muslim memiliki kewajiban untuk menjalankan atau menunaikan ibadah umrah dan haji ke Tanah Suci. Untuk mewujudkannya, pada umumnya seseorang akan menggunakan jasa travel atau biro perjalanan umrah dan haji karena dianggap lebih mudah dan praktis.

Calon peserta hanya tinggal mendaftar dan melakukan pembayaran setelah itu segala persiapan mulai dari kelengkapan dokumen, perlengkapan umrah dan haji, penginapan dan sebagainya sudah ditangani oleh pihak travel.

Namun, untuk mencari travel umrah dan haji memang susah-susah gampang, mengingat sekarang ini sudah banyak agen-agen travel yang bermunculan dan ditambah lagi dengan banyaknya berita travel bodong yang beredar. Kedua hal ini tentunya bisa membuat para calon peserta umrah dan haji mengalami kesulitan dalam memilih travelnya.

Tidak perlu khawatir, ada hal utama yang perlu diperhatikan ketika mencari travel umrah dan haji yang aman dan terpercaya, yaitu dengan melihat label resmi alias sudah terdaftar dan mendapatkan izin beroperasi dari Kementerian Agama Republik Indonesia (kemenagri) atau mengeceknya langsung di laman resmi haji.kemenag Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU).

Berikut ini Cermati.com telah mengumpulkan beberapa travel umrah dan haji resmi di Indonesia yang bisa dijadikan pilihan, di antaranya:

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

travel umrah dan haji
Travel umrah dan haji di Indonesia

1. Najathur

Travel yang bernaung di PT Namirah Angkasa Jayatama ini sudah memiliki izin resmi dari kemenag dengan izin umrah No.138 dan izin haji HK3142. Bertempat di Palembang, travel umrah dan haji ini sudah banyak mendapatkan penghargaan di antaranya The Best Tour & Travel pada 2012 dari Islamic Business & Company, Travel Haji Garuda Indonesia 2008, dan sebagai Travel Umrah Terbaik Sumatera Selatan.

Menyoal harga, Najathur menawarkan mulai dari Rp20an juta dengan dua paket umrah yang berbeda, yaitu paket Hasanah dengan penginapan bintang 3 di Mekkah dan bintang 4 di Madinah dan paket Ultima dengan penginapan setaraf bintang 5 di Mekkah dan Madinah dengan penginapan setaraf bintang 4.

2. AET Travel Indonesia

AET Travel Indonesia atau lebih dikenal dengan PT. Penjuru Wisata Negeri ini menjadi salah satu pelopor biro perjalanan umrah dan haji yang berada di Sumatera Barat tanpa transit alias langsung menuju Jeddah. Travel yang sudah mendapatkan izin dari kemenag dengan nomor 382 tahun 2016 ini menawarkan paketan mulai dari Rp25 juta dengan mendapatkan hotel bintang 4 di kota Mekkah dan Madinah serta perlengkapan lainnya.

3. ESQ Tours Travel

Fajrul Ikhsan Wisata atau dengan nama brand ESQ Tours Travel ini sudah memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun lamannya dalam menyelenggarakan perjalanan umrah atau haji. Travel ini menjadi salah satu member ESQ Group yang sudah mendapat perizinan dari Kemenag, baik izin umrah D/162/2018 dan izin haji D/78/2017.

ESQ Tours Travel ini menawarkan banyak paketan umrah dan haji, mulai dari yang regular hingga eksklusif. Misalnya saja pada paket Reguler dengan waktu 9 hari ini menawarkan harga kisaran mulai Rp30an juta. Meski agak mahal dari travel lainnya, travel yang berada di Menara 165, Jakarta Selatan ini memberikan fasilitas dan pelayanan yang terbaik. Sementara pada biaya haji juga menawarkan paket yang beragam, mulai dari US$ 9.500 – US$20.000

4. Fatimah Zahra

Fatimah Zahra yang berpayung pada PT Wanda Fatimah Zahra merupakan biro perjalanan umrah dan haji plus yang berlokasi di Semarang, Jawa Tengah. Travel ini juga sudah mendapatkan izin resmi Kemenag Haji no. D/407 – Umrah D/582 dan juga anggota dari Himpunan Penyelenggara Ibadah Haji dan Umrah.

Fatimah Zahra tak hanya menawarkan peketan perjalanan umrah dan haji saja tapi juga melayani wisata halal. Ketia pelayanan ini tentunya dilengkapi dengan fasilitas yang terbaik. Misalnya saja tepat waktu keberangkatan, hotel dekat dengan Masjidil Haram, Penerbangan langsung menuju Madinah, dan juga didampingi tour leader dan Muthawif yang profesional.

5. Sahuta Travel

Sahuta Travel atau Sahuta Bali Travel menjadi salah satu travel umrah dan haji di Bali yang sudah resmi dari Kemenag, yaitu PT Pesona Mozaik dengan ijin umrah No.630 Tahun 2016 dan ijin haji No.452 Tahun 2017. Paketan umrah pada travel ini mulai dari Rp25 juta dengan fasilitas penginapan bintang 3 di Mekkah dan Madinah. Bukannya itu saja, travel ini juga memberikan City Tour Dubai secara gratis.

6. Travel Umroh Lombok

Biro jasa perjalanan umrah dan haji ini menjadi salah satu yang sudah mendapatkan izin umra=oh dari kemenag No.822 Tahun 2016 atas nama PT. Attin Nabila Tour. Travel yang bernanung pada ASAR (Arosyid Assalam) Community ini menawarkan paket umrah yang murah, yaitu mulai dari Rp20 jutaan dengan fasilitas yang lengkap, seperti tiket pesawat PP, penginapan bintang 3 di Mekkah dan Madinah, transportasi, makan dan sebagainya. Selain itu, travel ini juga menawarkan paket haji plus dengan harga US$ 12.000.

Baca Juga: Pilihan Investasi Syariah untuk Persiapan Biaya Haji dan Umrah

7. Ihya Tour

PT BPW IHYA TOUR & TRAVEL – Umrah & Haji adalah penyelenggara perjalanan ibadah ke Tanah Suci yang resmi dari Dirjen Haji & Umrah Kementerian Agama RI dengan Nomor Izin D / 255 – D/ 590 dan berkantor kantor pusat sekaligus berdomisili di Kota Pontianak – Kalimantan Barat.

Adapun produk yang ditawarkan IHYATOUR, antara lain paket perjalanan umrah perorangan dan paket perjalanan group umrah baik paket ekonomis maupun paket eksklusif. Seluruhnya adalah full service dari Pontianak ataupun dari Jakarta.

8. Hariza Tour

PT Hariza Tour memiliki ijin resmi sebagai sebuah travel umrah yang berkantor pusat di Balikpapan dengan keputusan Direktur Jendral Penyelenggara Haji dan Umran Nomor D/689 Tahun 2013. Paket Umrah Hariza terbagi menjadi tiga, yaitu mulai paket regular plus Palestine via Turki dan Paket Umrah Plus Turki, sedangkan Haji hanya Plus.

Fasilitas yang ditawarkan juga beragam sesuai paket yang diambil. Namun pada umumnya paket ini sudah termasuk tiket pesawat PP, hotel, makan, transportasi, perlengkapan ibadah, pembimbing ibadah dan masih banyak lagi.

9. Pakem Tours

Pakem Tour yang berpayung pada PT Pandi Kencana Murni ini merupakan biro perjalanan umrah dan haji yang sudah mengantongin izin dengan izin umrah No. 437 Tahun 2017 dan izin haji No.529 Tahun 2017. Travel ini menawarkan paket umrah mulai Rp24 juta dengan keberangkatan langsung dari Makassar ke Jeddah. Dengan harga yang terjangkau, Pakem Tours memberikan pelayanan fasilitas yang memukau salah satunya hotel bintang 3 Mekkah dan Madinah.

10. Patria Wisata

Patria Wisata merupakan salah satu travel umrah dan haji di Makassar yang juga sudah mendapatkan izin dari Kemenag dengan masing izin umrah No 376 Tahun 2016 dan izin haji No 16 Tahun 2017. Untuk umrah reguler, calon perserta harus menyiapkan dana sebesar mulai Rp25 juta – Rp30 juta.

11. MQ Travel

Pastinya sebagian masyarakat taka sing lagi dengan MQ Travel, bukan? Ya, travel milik salah satu Ustad kodang Indonesia, yaitu AA Gym ini menawarkan tiga layanan perjalanan. Pertama adan wisata hikmah yang merupakan perjalanan ke mancanegara yang bukan hanya menghabiskan waktu liburan saja, tapi juga menjelajahi hikmah di setiap sudutnya dan menyusuri tanda-tanda kekuasan sang Maha Pencipta.

Selain itu, ada umrah dan haji yang masing-masingnya sudah memiliki izin, yakni penyelenggara perjalanan ibadah umrah dengan No. 411 Tahun 2015, sedang haji khusus dengan No. PHU/HK/3317/XII/2016. Adapun paketan harga yang telah ditentukan, misalnya saja paket umrah mulai dari Rp40 juta – Rp42 juta, sedangkan paket haji khusus tidak diinfokan secara terbuka.

Calon peserta haji khusus bisa langsung menghubungi nomor customer service yang tersedia pada websitenya atau langsung datang ke kantor pusatnya yang berada di Jakarta Selatan.

12. Daqu Travel

Daqu Travel yang memiliki badan hukum di PT AL Amin Mulia Lestasi ini merupakan satu group dari Yayasan Daarul Qur’an yang dibina langsung oleh KH. Yusuf Mansur. Travel yang sudah berizin, PPIU umrah D/322/Tahun 2015 dan PIHK haji PHU/HK.3005/VI/2016 memiliki pelayanan umrah dengan harga paket mulai Rp23.750.000 – Rp29 juta dan haji khusus mulai US$17000.

Menyoal fasilitas tak perlu khawatir, travel yang berlokasi di Kawasan Bisnis CBD Ciledug, Tangerang Banten ini pastinya setiap peserta umroh atau haji akan mendapatkan tikep penerbangan PP, pengurusan Visa, akomodasi sesuai paket yang dipilih, makan catering atau prasmanan, transportasi selama di Saudi, asuransi, perlengkapan ibadah dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Simak Pilihan Produk Tabungan Haji, dan Cara Menabungnya

Persiapkan Umrah atau Haji Sejak Dini

Umrah dan haji menjadi salah satu ibadah yang juga wajib dilaksanakan. Mengingat persiapannya tidak mudah dan membutuhkan biaya yang cukup besar per orangnya, maka perlulah dimulai dari sejak sekarang.

Untuk persiapan dananya, Anda bisa memulainya dengan menabung atau membuka tabungan berjangka di bank. Selain itu, Anda juga perlu memilih travel umrah dan haji yang aman dan terpercaya, jika perlu pilihlah travel yang dekat dengan tempat tinggal agar lebih mudah dalam pengecekan.

Dengan mendaftar di travel ini tentunya Anda bisa lebih praktis karena pihak travel akan mengurus semua kelengkapan dokumen, perlengkapan ibadah, mulai dari keberangkatan, selama di Jeddah, hingga kembali lagi ke Indonesia.

Baca Juga: Informasi Terbaru: Biaya Haji, Lama Antrean, dan Cara Persiapkan Dana Haji