Anak Muda Perlu Tahu! ini Mitos, Fakta hingga Kunci Raih Kesuksesan

Siapapun pasti sering atau pernah membaca dan mendengar kisah sukses dari tokoh-tokoh dunia, seperti Jeff Bezos, Bill Gates, Warren Buffet, ataupun Lo Kheng Hong dan sebagainya. Bahkan tak sedikit orang menjadikan mereka sebagai panutan dalam menuai sukses bagi diri sendiri.

Jika dilihat-lihat, kebanyakan orang-orang mencapai kesuksesan hidupnya saat sudah berumur. Hal ini tentu menimbulkan pertanyaan bagi diri kita. Apakah benar sukses itu terjadi saat kita sudah tua nanti? Namun, tak sedikit juga yang sukses ketika usianya masih muda.

Lantas, manakah yang benar? Untuk mendapatkan jawabannya, simak ulasannya berikut ini yang telah Cermati.com rangkum dari berbagai sumber.

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

mitos dan fakta
Mitos dan fakta seputar kesuksesan

Mitos tentang Kesuksesan 

Banyak yang mengatakan kalau sukses itu nanti, saat seseorang sudah berumur seperti 30 atau 40 tahun ke atas. Sebab di usia yang masih muda seperti sekarang, seseorang cenderung labil dan tidak bisa mengambil keputusan yang tepat dalam hidupnya. 

Di lain sisi, ada juga yang beranggapan kalau sukses bisa diraih saat seseorang sudah berkeluarga. Alasannya cukup klasik, karena seseorang yang sudah berkeluarga memiliki tanggungan yang lebih besar daripada mereka yang masih single. Sehingga, rezeki yang diperolehnya pun jauh lebih besar guna memenuhi kebutuhan dirinya dan keluarga. 

Kedua anggapan di atas merupakan mitos yang tidak seharusnya dipercaya oleh setiap orang terutama para generasi muda. Terbukti, banyak generasi muda yang sekarang ini ambil bagian dalam mewujudkan sukses, tidak hanya untuk dirinya sendiri, tapi juga untuk perusahaan tempat dia bekerja ataupun bisnis yang dijalankan. Ini bisa terjadi karena generasi muda memiliki ide dan gagasan baru yang cukup brilian dalam membuat perubahan.

Baca Juga: Biar Tak Jadi Wacana, 4 Tips ini Bikin Resolusi Karir di 2020 Bisa Tercapai

Fakta tentang Kesuksesan

Nyatanya, kesuksesan bisa diraih oleh siapapun tanpa mengenal batas usia. Seseorang bisa meraih sukses di usia 20-an, 30-an, dan seterusnya, tergantung dari orang itu sendiri. Namun bila seseorang ingin cepat meraih dan merasakan kesuksesan, ada baiknya untuk mulai melakukan tindakan nyata saat usianya masih muda, yaitu 20-an. 

Sebab di usia 20-an, seseorang memiliki energi, kemauan, dan waktu yang lebih banyak untuk memikirkan hal-hal yang berkaitan dengan masa depannya. Di usia ini pula, gejolak dalam hidup belum terlalu banyak, sehingga memudahkan para generasi muda untuk menggapai sukses.

Ide-ide brilian yang menghasilkan inovasi dan gebrakan terbaru juga muncul di usia 20-an. Tak heran kalau banyak anak muda di era sekarang mulai memanfaatkan masa mudanya untuk merintis suatu usaha. Skala usahanya memang tidak besar, tapi setidaknya bisa dijadikan sebagai bahan pembelajaran seputar ilmu bisnis guna kelanjutan usahanya di masa mendatang.

Baca Juga: 9 Pekerjaan Paling Menjanjikan di Tahun 2020. Segera Siapkan CV Terbaik Kamu!

5 Kunci Meraih Sukses Bagi Anak Muda 

anak muda sukses
Kunci meraih sukses bagi anak muda

Apakah meraih sukses itu mudah? Tentu tidak, tapi orang-orang sukses memiliki beberapa kunci yang sering dijadikannya sebagai pedoman dalam meraih sukses. Apa saja?

1. Keinginan untuk Maju

Tidak dapat dipungkiri, seseorang bisa meraih sukses karena memiliki keinginan untuk maju. Mereka tak ingin hidupnya hanya sebatas itu-itu saja, tapi selalu mengalami perubahan ke arah yang lebih baik dari waktu ke waktu. Keinginan ini yang secara tidak langsung mendorong mereka untuk melakukan sesuatu yang ada kaitannya dengan apa yang diinginkan. 

2. Relasi yang Luas

Terkadang, kesuksesan yang diraih seseorang tidak berasal orang-orang terdekat, melainkan dari orang-orang yang sama sekali tidak dikenal. Tak heran kalau orang sukses senang menjalin relasi dengan banyak orang. Jika suatu saat mereka butuh bantuan dalam bisnis, setidaknya ada orang yang bisa membantu, diajak berdiskusi atau bekerjasama untuk melancarkan aktivitas bisnisnya di kemudian hari. 

3. Sikap Pantang Menyerah

Orang sukses dikenal memiliki sikap gigih dalam mewujudkan mimpi-mimpinya. Meskipun hal-hal tertentu seringkali menghambat jalan menuju sukses, mereka tak lantas menyerah begitu saja. Justru hambatan ini semakin menambah semangat, karena mereka merasa tertantang untuk memecahkan dan menyingkirkannya. Mereka percaya kalau apapun bisa diselesaikan asal dibarengi dengan strategi yang tepat dan matang.

4. Ketertarikan untuk Mencoba Hal Baru

Orang sukses memiliki rasa penasaran yang tinggi. Hal ini mendorong mereka untuk melakukan hal-hal baru, termasuk menciptakan apa yang sebelumnya tidak pernah ada. Memang, rasa penasaran yang dimiliki tak lantas membuat mereka sukses dalam sekejap. 

Kebanyakan justru mengalami kegagalan, namun karena penasaran terhadap ending atau akhir dari upaya yang dilakukannya di awal, mereka tetap berusaha. Hingga pada akhirnya, masalah bisa terpecahkan dan mereka bisa mencapai sukses.

5. Tidak Pernah Merasa Puas

Orang sukses bukan tipikal orang yang cepat puas atas pencapaian atau prestasi yang didapatnya. Mereka menginginkan sesuatu yang lebih besar dan lebih hebat, sehingga tantangan yang dilewati pun semakin besar. Lewat tantangan ini, mereka bisa tahu ambang batas kemampuannya sendiri yang secara tidak langsung mendorong mereka untuk terus belajar sampai kapanpun.

Tetap Berusaha Raih Sukses dengan Maksimal

Sukses itu bukan hanya untuk orang tua saja, tapi juga untuk orang muda. Yang terpenting seseorang harus terus berusaha dalam meraih sukses. Lakukan berbagai cara dengan maksimal, seperti mengasah keahlian, mengikuti banyak pelatihan atau pembelajaran, berdiskusi dengan orang sukses dan sebagainya. Di samping itu, kita juga harus mampu memfokuskan diri pada satu tujuan untuk memaksimalkan hasil yang didapat.

Baca Juga: Rahasia Sukses Agar Karir Melesat, Ini 10 Keahlian Dasar yang Wajib Dimiliki di 2020