Anda Butuh Uang Cepat? Enaknya Jual atau Gadai Emas Ya?

Emas kerap dijadikan simpanan atau investasi oleh banyak orang. Selain pergerakan harga yang stabil, aset yang satu ini juga memiliki kelebihan sangat mudah dicairkan. Pilihannya, bisa jual atau gadai emas.

Saat mendesak butuh uang, dana darurat tidak mencukupi, Anda dapat menjual atau menggadai emas. Baik dalam bentuk perhiasan, logam mulia, maupun emas batangan. Dalam waktu cepat, Anda sudah bisa memperoleh dana segar.

Bila Anda ingin menjual emas, tetap bisa kok mendapat harga terbaik di pasaran. Jadi tidak perlu khawatir bakal mengalami kerugian. Tentu saja kondisi seperti ini belum tentu bisa Anda dapatkan dengan menjual aset lain, seperti kendaraan karena akan mengalami penyusutan.

Selain jual emas, opsi lain untuk mendapatkan dana dengan cepat adalah gadai emas. Sudah dapat uang, emas tetap bisa jadi milik Anda, asalkan ditebus lagi. Harga untuk gadai emas pun bisa sepadan dan sesuai pasaran. Biasanya gadai emas banyak dilakukan emak-emak kalau lagi musim tahun ajaran baru atau menjelang puasa.

Baca Juga: Harga Emas Lagi Mahal, Waktunya Jual atau Beli?

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

Pilih cara yang tepat dan sesuai kebutuhan Anda

Gadai
Mau jual atau gadai emas?

Pada dasarnya, jual atau gadai emas hanya butuh waktu cepat. Misalnya menjual emas, tinggal datang ke toko emas. Kalau mau gadai emas, Anda dapat pergi ke Pegadaian atau outlet gadai resmi yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk menghindari penipuan.

Tapi yang pasti, sebelum jual atau gadai emas, perlu mempertimbangkan beberapa hal. Salah satunya mengenai kebutuhan dana yang Anda butuhkan. Jika hanya untuk belanja yang tidak penting atau sifatnya konsumtif, lebih baik emas jangan dijual atau digadai. Simpan saja untuk investasi.

  • Jual emas

Jual Emas
Jual emas

Menjual emas sebetulnya mudah. Bawa saja emas milik Anda beserta surat-suratnya ke toko emas, tempat di mana Anda membeli emas sebelumnya. Toko emas lain juga bisa. Selanjutnya, pihak toko akan memeriksa kondisi emas dan kelengkapan surat-surat tersebut, menimbang, dan akhirnya menentukan harga emas Anda. Dalam beberapa menit saja, transaksi penjualan emas ini sudah bisa selesai.

Perlu diingat, menjual emas berarti Anda tidak berhak lagi dengan emas tersebut. Bisa saja emas Anda kemudian dibeli orang lain. Hal ini cukup disayangkan jika emas yang Anda jual merupakan koleksi pribadi yang sudah lama tersimpan, hadiah suami, bahkan warisan dari orangtua.

Bila betul-betul mendesak butuh uang, misalnya untuk biaya pendidikan anak, membayar biaya pengobatan atau perawatan, biaya melahirkan, melunasi utang, maka jual emas merupakan pilihan tepat. Asal jangan untuk foya-foya ya.

Nah, saat ingin jual emas. Pastikan Anda cari tahu dulu harga emas di pasaran saat itu. Setiap hari harga emas bergerak, bisa naik dan turun. Sebaiknya, jual emas saat harga di pasaran sedang naik atau stabil.

Setidaknya lebih tinggi dari harga beli emas Anda. Jadi tidak mengalami kerugian. Untuk mendapatkan harga terbaik, jual emas yang dilengkapi surat-surat ke toko emas tempat Anda membelinya dulu.

Baca Juga: Investasi Emas di Tokopedia dan Bukalapak, Mana yang Lebih Murah?

  • Gadai emas

Gadai
Gadai emas

Selain jual emas, gadai emas juga bisa jadi alternatif memperoleh dana segar dalam waktu sepat. Prosesnya hampir mirip, Anda perlu membawa emas dan surat-suratnya ke Pegadaian atau outlet gadai resmi lain, sehingga emas tetap aman dan mendapat harga gadai yang tinggi.

Gadai emas merupakan pilihan tepat bila Anda masih ‘menyayangi’ emas tersebut karena syarat dengan nilai-nilai historisnya. Anda masih dapat menebus emas itu sesuai tenggat waktu dalam perjanjian, atau lebih cepat jika Anda memiliki uang untuk menebusnya lebih awal.

Dalam proses gadai emas, Anda akan dikenakan sejumlah biaya dan bunga, tergantung pada berat emas digadai. Jika saat jatuh tempo, Anda belum bisa menebus kembali emas tersebut, maka Anda bisa minta perpanjangan waktu gadai.

Anda tidak perlu khawatir dengan keamanan emas Anda, sebab Pegadaian merupakan perusahaan milik negara. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan harga bagus, karena Pegadaian memberi taksiran harga sekitar 92-95% dari harga emas tersebut. Namun jangan lupa untuk menebus kembali kalau gak mau emas Anda dilelang dan menjadi milik orang lain.

Pilih yang Mana?

Gadai atau jual emas sebetulnya sama-sama dapat menyelesaikan masalah keuangan Anda. Tinggal Anda sendiri yang memutuskan mau pilih yang mana. Tentu saja sesuai dengan dana yang memang dibutuhkan. Anda harus bisa menentukannya dengan tepat agar tidak menyesal di kemudian hari.

Baca Juga: Waspada! Ini 5 Ciri-ciri Investasi Emas Bodong