Anda Lulusan Sarjana Hukum? Yuk, Kenali Profesi Legal Officer!

Di dunia perkuliahan, jurusan hukum menjadi salah satu jurusan yang banyak diminati para calon mahasiswa. Bukan hanya ilmunya yang menarik untuk didalami dan juga lapangan kerja yang luas, tapi gaji atau upah yang didapat juga lumayan menjadi alasan memilih jurusan hukum sebagai landasan jenjang karier yang akan ditempuhnya.

Lulusan sarjana hukum biasanya menggeluti berbagai jenis pekerjaan misalnya saja menjadi hakim, pengacara, notaris, ataupun jaksa. Selain itu, profesi sebagai legal officer juga bisa menjadi pilihan bagi para lulusan sarjana hukum.

Bagi orang awam, profesi ini memang jarang terdengar. Namun, bagi kalangan lulusan sarjana hukum, legal officer sudah menjadi profesi yang cukup populer dan banyak diminati di kalangan .

Profesi legal officer merupakan salah satu posisi yang tak kalah pentingnya dalam perusahaan. Sebab profesi tersebut dibutuhkan guna mendorong peningkatan performa, kenaikan nilai perusahaan, serta menjaga keamanan perusahaan baik secara internal maupun eksternal.

Secara lebih rinci, simak penjelasan beberapa tugas dan fungsi legal officer berikut ini:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Monitoring Perizinan Perusahaan

monitoring
Monitoring perizinan perusahaan

Salah satu tugas utama dari legal officer adalah mengurusi segala hal perizinan yang menyangkut perusahaan. Biasanya, legal officer ini akan bertugas mengawasi dan mengurus perizinan perusahaan yang terkait dengan berbagai bisnis yang dijalankan perusahaan.

Fungsinya profesi legal officer sebagai jembatan kerja sama antar perusahaan dengan pihak eksternal, baik dengan perusahaan lain ataupun pemerintah terkait yang menyangkut pautkan perihal perizinan. Maka, seorang legal officer dituntut untuk terampil dalam membuat kontrak, konsep surat, dan legal opini untuk memperlancar tugas dan tanggung jawabnya.

Baca Juga: Tingkatkan Karir dengan Cara Sederhana Ini

2. Andalan Perusahaan dalam Permasalahan Hukum

legal
Andalan perusahaan menyoal hukum

Legal officer juga memiliki andil yang sangat besar dalam berbagai permasalahan yang mungkin saja dialami perusahaan, terutama dalam permasalahan hukum misalnya saja jika perusahaan terlibat sengketa hukum.

Maka, saran dan nasihat dari legal officer sangat dibutuhkan oleh pihak perusahaan untuk menentukan keputusan hukum yang terbaik, apakah harus bertindak menyerang ataupun bertahan jika terlibat masalah demikian.

Selain itu, secara internal legal officer juga berfungsi sebagai penasihat perusahaan. Nasihat dari legal officer sangat diperlukan ketika perusahaan mengalami berbagai macam masalah yang dihadapi perusahaan. Dengan begitu, nasihat-nasihat yang diberikan legal officer bisa menjadi bahan pertimbangan direksi dan atasan lainnya dalam menentukan keputusan perusahaan.

Baca Juga: Manfaat LinkedIn Bagi Karir Kamu

3. Mengurus Surat Perjanjian

office
Mengurus surat izin

Salah satu aktivitas perusahaan yang berguna untuk menambah nilai perusahaan ialah melakukan kerja sama dengan perusahaan lainnya. Adapun kegiatan kerja sama dengan perusahaan lain tentunya memuat berbagai ketentuan dan perjanjian yang harus dijalankan dan dipatuhi oleh kedua belah pihak.

Dalam aktivitas ini, legal officer memiliki peran dalam mengurus dan merumuskan surat perjanjian kerja sama antar perusahaan. Tugas yang satu ini tentunya menuntut ketelitian legal officer agar segala ketentuan dan perjanjian antar perusahaan tersalin dengan lengkap, rinci, dan tidak ambigu. Dengan begitu,  perjanjian berjalan dengan lancar dan dalam menjalankan kerja sama tidak ada pihak yang merasa dirugikan.

Perlunya Wawasan yang Terus Berkembang

Memiliki posisi dan peran yang penting dalam keberlangsungan perusahaan, legal officer sebaiknya selalu up to date terhadap perkembangan wawasan menyoal peraturan yang dikeluarkan oleh pemerintah terhadap perusahan. Tak ada salahnya bagi seorang legal officer selalu belajar dan membuka diri untuk menerima pengetahuan hukum dan mengikuti perkembangan dan ragam penyesuaian baru yang dikeluarkan oleh pemerintah. Agar tindakan dan  nasihat yang diberikan dalam menghadapi permasalahan hukum bisa relevan dengan peraturan yang ada.

Baca Juga: Cara Cepat Dapat Kerja bagi Fresh Graduate