Andalkan 7 Barang Berikut untuk Dapatkan Pinjaman dari Pegadaian

Meningkatnya harga barang kebutuhan pokok berpengaruh besar pada tingkat pengeluaran kita. Mirisnya lagi, tanggal gajian masih 1 minggu lagi tapi dompet sudah kosong. Mau meminjam uang dari teman, mereka juga lagi bokek.

Untungnya, saat ini sudah banyak lembaga yang menawarkan jasa peminjaman uang kepada masyarakat, seperti Pegadaian. Agar proses pencairan uang cepat, ikuti tipsnya di bawah ini.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Tips Mengajukan Pinjaman ke Pegadaian

Logo Pegadaian
Logo Pegadaian via gotomalls.com

1. Tentukan Jumlah Pinjaman yang Diperlukan

Tujuan seseorang meminjam uang berbeda-beda. Ada yang untuk membiayai biaya pendidikan anak, modal usaha, atau sekedar memenuhi kebutuhan harian. Ketahui tujuanmu meminjam uang agar jumlah yang dipinjam sesuai dengan yang dibutuhkan. Hal ini nantinya akan memudahkanmu saat membayar cicilan untuk menghindari terjadinya kredit macet.

2. Menyiapkan Surat atau Syarat Peminjaman

Pegadaian menetapkan beberapa syarat khusus bagi peminjam. Pada umumnya berupa kartu keluarga dan kartu identitas. Tapi tidak menutup kemungkinan adanya syarat lain. Pastikan Anda  melengkapi seluruh syarat yang diminta untuk mempercepat proses pencairan uang.

3. Pertimbangkan Jumlah Biaya Tambahan

Dimanapun Anda mengajukan pinjaman, pasti akan dikenakan biaya tambahan, termasuk di Pegadaian. Biaya tambahan yang dibayarkan biasanya berupa bunga. Persentase bunga tergantung dari jumlah pinjaman dan jangka waktu peminjaman. Intinya, jangan sampai telat bayar cicilan agar tidak dikenakan denda.

Baca Juga: Dapatkan Uang Tunai Secara Instan Lewat Pegadaian

7 Barang yang Dapat Digadaikan

Barang-Barang yang Bisa Digadaikan
Barang-Barang yang Bisa Digadaikan

Pegadaian merupakan lembaga peminjaman dengan agunan. Ini berarti sebelum meminjam, Anda harus menyiapkan barang untuk dijadikan jaminan, seperti:

1. Sertifikat Rumah

Sertifikat rumah menjadi barang gadai yang bernilai mahal, apalagi jika nilai jual rumah tersebut mahal. Mengingat uang yang didapat dari menggadai rumah sangat besar, Anda dapat menggunakan uangnya untuk berbagai macam kebutuhan. Mulai dari memenuhi kebutuhan sehari-hari, kebutuhan pendidikan, kesehatan, bahkan modal untuk membuka usaha baru. Dengan menggadaikan rumah, Anda tidak perlu menggadaikan barang lain lagi ketika uang mulai menipis.

2. Sertifikat Tanah

Meskipun harga tanah naik setiap tahun, tapi nilai jualnya tidak lebih mahal dari nilai jual rumah. Besarnya nilai gadai tanah yang diperoleh tergantung dari taksiran PBB tanah tersebut. Beruntunglah jika Anda memiliki sebidang tanah yang luas dan terletak di wilayah strategis. Sebab, nilai gadainya pasti jauh lebih mahal dibandingkan nilai gadai tanah yang ada di pedalaman.

3. Kendaraan Bermotor

Sebagian besar masyarakat Indonesia memiliki kendaraan bermotor yang diparkirkan di depan rumah. Baik sepeda motor maupun mobil, keduanya dapat digadaikan saat keuangan kandas. Jumlah pinjaman yang diterima juga lumayan besar, apalagi jika menggadaikan mobil.

Gadai kendaraan bermotor bisa dibilang cukup menguntungkan karena yang digadaikan bukan wujud fisik dari kendaraan tersebut, melainkan surat BPKB-nya. Meski sudah digadaikan, Anda masih diperbolehkan untuk menggunakan kendaraan tersebut saat beraktivitas. Jika cicilan sudah lunas, maka surat BPKB yang digadaikan akan langsung dikembalikan oleh pihak Pegadaian.

4. Perhiasan

Perhiasan berupa emas, mutiara, intan, berlian, dan permata juga dapat digadaikan untuk sementara jika Anda tidak mempunyai uang lagi. Proses gadai perhiasan juga sangat mudah, terutama emas, karena nilai jualnya yang cukup tinggi. Dengan melampirkan fotokopi identitas saja, maka uang yang dipinjam akan langsung dicairkan.

5. Alat-Alat Elektronik

Jika tidak mempunyai keempat barang yang disebutkan di atas, Anda bisa menggadaikan alat-alat elektronik, seperti televisi, kulkas, radio, bahkan gadget pribadi. Namun, persyaratan gadai barang elektronik lumayan ketat karena adanya perubahan teknologi.

Jika ingin menggadai barang-barang elektronik, pastikan masa produksi barang tersebut tidak lebih dari satu tahun agar proses pencairan pinjaman lebih mudah dan cepat. Dengan kata lain, barang elektronik yang digadai harus tipe terbaru karena tipe terbaru biasanya lebih cepat laku di pasaran.

6. Perlengkapan Rumah Tangga

Jika bingung ingin menggadaikan apa lagi demi memperoleh uang, jangan langsung panik, Anda masih bisa menggadaikan perlengkapan rumah tangga. Misalnya kitchen set, sofa, tempat tidur, termasuk lemari pakaian sekalipun.

Intinya, perlengkapan tersebut masih bagus dan layak pakai. Meskipun nilai gadainya tidak terlalu tinggi karena adanya penurunan umur ekonomis, setidaknya uangnya dapat dipakai untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari sebelum tanggal gajian tiba.

7. Barang-Barang Branded

Tas, sepatu, pakaian, jam tangan, dan kacamata yang diproduksi oleh brand ternama juga dapat digadaikan jika Anda sudah tidak tahu ingin menggadaikan apalagi untuk memperoleh uang.

Baca Juga: Pegadaian, Solusi Anda Mendapatkan Dana Cepat

Jangan Lupa Bayar Cicilan!

Sistem pembayaran cicilan di Pegadaian sangat ketat. Jika tidak mampu meneruskan pembayaran, mau tidak mau barang yang digadaikan akan menjadi milik Pegadaian. Jika masih menginginkan barang tersebut, bayarlah cicilah dengan tertib. Ingat, jangan sampai telat bayar!

Baca Juga: Kupas Tuntas Cara Investasi Emas di Pegadaian