Dari Broadway hingga Tembus Hollywood, Begini Perjalanan Karier Anna Kendrick

Bagi penyuka film box office Hollywood tentu sudah mengenal tokoh yang satu ini. Nama Anna Cooke Kendrick menjadi semakin populer setelah kemunculannya dalam film tersohor Twilight tahun 2008 lalu. Namun puncak kesuksesannya terjadi setelah membintangi tiga seri film Pitch Perfect yang tayang di tahun 2012, 2015, dan 2017.

Menyukai akting sejak berusia 10 tahun, wanita kelahiran Portland, Amerika Serikat, 9 Agustus 1985 ini telah membintangi lebih dari 30 judul film layar lebar. Ia juga telah bermain dalam berbagai serial televisi. Pada tahun 2013, Anna tercatat pernah melakoni Funny or Die, sebuah comedy series dengan f(x), girlband cantik asal Korea Selatan.

Makin berjaya sebagai aktris dan penyanyi, Anna Kendrick terus mencetak prestasi dan berhasil meraih sejumlah penghargaan bergengsi. 

Baca Juga: Berubah Drastis, Begini Transformasi Kristen Stewart Selama Berkarier Sebagai Aktris

Mengawali Kariernya dari Broadway

Berbakat sejak kecil, Anna Kendrick tak langsung berhasil menaklukkan Hollywood. Perjalanan kariernya yang cemerlang justru dimulai dari teater Broadway. Wanita cantik dengan tinggi badan 158 cm ini sudah tertarik kepada seni sejak masih remaja.

Berdarah Skotlandia, Inggris, dan Irlandia, Anna terlahir dari ayah ibu bernama William dan Janice Kendrick. Sang ibu berprofesi sebagai akuntan, sedangkan ayahnya bekerja menjadi guru dan berkutat juga di bidang finansial. Adapun kakak lelakinya, Michael Cooke Kendrick juga dikenal sebagai aktor.

Karena berbakat, Janice pun mengajak Anna untuk mengikuti les vokal secara privat. Ia juga memberikan dukungan penuh kepada putrinya dengan mendampingi Anna saat ikut audisi Broadway Theater, New York.

Bersinar sebagai pemain teater, Anna lalu menjadi tokoh utama dalam High Society, sebuah drama musikal terkenal di sana. Dengan aktingnya yang menawan serta suara emasnya, Anna pun menjadi nominator Best Featured Actress in a Musical dalam Tony Awards tahun 1998.

Berhasil Tembus Pasar Hollywood

Setelah berhasil di panggung teater, Anna Kendrick semakin bertekad menekuni dunia akting. Debut film perdananya ialah Camp (2003) yang disusul dengan sederet judul film keren lainnya. Di antaranya seperti Last Five Years, Rocket Science (2007), dan Twilight (2008).

Dalam film Camp yang juga menampilkan bintang papan atas Vera Farmiga dan George Clooney, Anna berhasil menarik perhatian dengan kehebatan aktingnya. Itulah sebabnya namanya menjadi nominator Best Supporting Actress dalam Academy Awards 2010.

Berhasil menembus pasar Hollywood, Anna juga bermain dalam The Marc Pease Experience, Up in the Air, The Twilight Saga: New Moon, dan Elsewhere di tahun 2009. Di tahun berikutnya, Anna terus melakoni Scott Pilgrim vs. The World hingga The Twilight Saga: Eclipse.

Selain itu, aktingnya yang apik juga dapat disaksikan dalam film 50/50 (2011), End of Watch (2012), Into the Woods (2014), Mr. Right (2015), serta The Twilight Saga: Breaking Dawn Part 1 dan 2 di tahun 2011. Tak lupa juga kesuksesan masif yang dicapainya bersama tiga film Pitch Perfect yang ia bintangi hingga Mike and Dave Need Wedding Dates, The Accountant (2016), A Simple Favor (2018), dan The Day Shall Come (2019).

Pernah Gagal Casting Film Twilight

Siapa sangka jika Anna pernah gagal audisi untuk film Twilight. Saat itu, wanita yang pernah menjadi host untuk acara Saturday Night Live tahun 2014 ini harus ekstra keras menunjukkan bakat dan potensi yang dimilikinya. Pasalnya, pihak sutradara sempat berasumsi akting Anna kurang kuat untuk disandingkan dengan para bintang utama lainnya.

Meski begitu, wanita yang hobi membuat kue dan memasak ini akhirnya berhasil mendapatkan peran Jessica dalam fantasy movie yang diangkat dari novel terlaris tersebut. Berkat aktingnya yang ciamik sebagai Jessica, Anna berhasil meraih trofi dari Teen Choice Awards di tahun 2010 lalu. 

Baca Juga: Menilik Karier Bradley Cooper, Bintang Film A Star Is Born yang Sering Lakoni Film Komedi

Bersinar Bintangi Pitch Perfect

Bakat menyanyi dan skill olah vokal Anna Kendrick jadi semakin digemari publik setelah ia bermain dalam Pitch Perfect. Tiga sekuel film bergenre musical romantic comedy ini telah meraup keuntungan sangat besar.

Pitch Perfect 2 yang diluncurkan pada 2015 lalu berhasil mengantongi 259 juta Dollar AS sementara sekuel ketiganya meraup 183 juta Dollar AS. Dengan demikian, kedua film tersebut menjadi musical comedy movie paling laris sepanjang masa. 

Anna juga ikut menyanyikan salah satu soundtrack yang berjudul Cups/ When I’m Gone. Single tersebut bahkan sempat masuk Adult Pop Song dalam tangga lagu Billboard dan menempati posisi kedua.

Raih Berbagai Penghargaan Bergengsi

Tak hanya cantik dan berbakat. Sang bintang juga sudah meraih sejumlah prestasi dan berbagai penghargaan istimewa. Aktingnya yang andal dalam Up in the Air membuatnya berhasil meraih Penampilan Breakthrough Terbaik dari MTV Movie & TV Award tahun 2010.

Ia meraih penghargaan Momen Musikal Terbaik dari MTV Movie & TV Award 2013 berkat penampilannya dalam Pitch Perfect. Di tahun 2015 dan 2018, Anna memenangkan Teen Choice Award untuk Film Pilihan: Aktris Komedi atas aktingnya dalam Pitch Perfect 2 dan 3

Sedangkan raihan Outstanding Motion Picture Ensemble dari Satellite Special Achievement Award dan Film Pilihan: Chemistry serta Film – Choice Hissy Fit dari Teen Choice Award dikantonginya di tahun 2015. Memasuki 2016, Anna Kendrick mendapat penghargaan Bintang Film Wanita Terbaik dari Bravo Otto. Sedangkan penghargaan Tweet Pilihan dari Teen Choice Award ia dapatkan di tahun 2018.

Hidup Sederhana Padahal Kaya Raya

Sukses besar, kini Anna Kendrick telah menjadi bintang populer dan juga tajir. Total kekayaannya bahkan ditaksir mencapai angka 20 juta Dollar AS yang setara Rp285 miliar. Meski kini telah kaya raya dengan uang hasil kerja kerasnya, namun nyatanya Anna tetap menjadi pribadi sederhana.

Dengan kekayaan mencapai miliaran Rupiah, nyatanya Anna masih betah menggunakan handphone zaman dulu. Padahal, ia sanggup menghasilkan banyak uang dari penjualan buku, profesinya sebagai aktris hingga menjadi bintang iklan.

Yang menarik, ia justru ingin merealisasikan salah satu cita-citanya untuk menjadi tukang roti. Dengan semangatnya yang besar, ia masih aktif belajar berakting, memasak, latihan bernyanyi juga memainkan gitar. 

Terus Belajar dan Kembangkan Keterampilan

Sebelum mengecap sukses besar seperti sekarang, Anna Kendrick dulu pernah kesulitan hadir dalam acara penghargaan bergengsi karena sepatu. Ia bahkan sempat kehabisan uang karena harus membeli sepatu seharga seribu Dollar AS. 

Saat itu, ia memerlukan penampilan formal untuk menghadiri pemutaran perdana filmnya sendiri, Up in the Air (2009) di Toronto International Film Festival. Sampai sekarang, sepatu bersejarah itu masih disimpannya dan menjadi kenangan manis dari awal perjuangannya menembus Hollywood. 

Kisah Anna Kendrick dapat menjadi inspirasi untuk bertahan menapaki karier. Meski sudah berbakat dan berpotensi, namun penting untuk terus berlatih hingga menjadi unggul. 

Selain itu, memiliki semangat juang yang tinggi akan menjadi modal yang menjanjikan saat bertahan hadapi tantangan. Jangan patah semangat menghadapi kegagalan, teruslah coba lagi dan baru berhenti setelah meraih keberhasilan.

Baca Juga: Menilik Profil Dakota Johnson, Sosok Ana Steele dalam Film Trilogi Fifty Shades yang Mencuri Perhatian