Anxiety Dreams: Penyebab dan Cara Mencegahnya

Setiap orang berhak mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas. Dengan tidur, tubuh diharapkan menjadi lebih bugar keesokan harinya dan siap untuk beraktivitas kembali seperti biasa. 

Namun, jika kamu ada masalah dengan anxiety atau rasa takut, mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas tentu menjadi PR untukmu. Yang ada kamu malah mengalami anxiety dreams atau mimpi buruk akibat hal-hal negatif yang kamu pikirkan.

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

Apa Itu Anxiety Dreams?

Anxiety dreams adalah istilah yang acap kali digunakan untuk menjelaskan kalau seseorang sedang mengalami mimpi buruk, tapi dalam case yang berbeda. Mimpi buruk yang dialami disini bukan karena pengaruh orang lain atau hal-hal yang ada di sekitarnya, melainkan karena diri sendiri.

Ketika kamu memikirkan hal-hal negatif dalam dirimu, misalnya, maka ada kemungkinan terjadi anxiety dreams saat kamu tidur di malam hari. Setelah bermimpi, kamu biasanya merasa lebih takut. Takut karena mimpinya itu menjadi kenyataan suatu hari nanti. 

Beberapa contoh anxiety dreams seperti mimpi dihukum di hadapan banyak orang, mimpi dimarahi, atau dipermalukan dalam acara tertentu. Jika hal ini sampai terjadi, tentu sangat memalukan, ‘kan?

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

Penyebab Anxiety Dreams

Seperti yang kamu tahu, otakmu akan terus bekerja walaupun dalam kondisi tidur. Makanya, ketika kamu memikirkan sesuatu sebelum tidur, hal-hal yang kamu pikirkan itu bisa terbawa dalam mimpi. Bukannya hal baik, yang biasa muncul justru kebalikan dari apa yang kamu harapkan. 

Misalnya, kamu ingin memakai baju bagus di acara ulang tahunmu nanti. Tapi, dalam mimpi ini baju tersebut malah dicuci dan belum kering, jadi kamu tidak bisa memakainya saat ulang tahunmu nanti.

Sederhana memang, tapi hal ini tentu memicu rasa takut sendiri. Apalagi kalau acara ulang tahunmu itu termasuk acara yang spesial. Kamu pasti menginginkan pesta terbaik, yang bisa berjalan sempurna dari awal sampai akhir.

Sebuah studi yang dilakukan tahun 2014 terhadap 227 orang dewasa, seseorang yang mempunyai anxiety lebih rentan mengalami anxiety dreams dibandingkan orang yang sama sekali tidak mempunyai anxiety. Maka tak heran apabila mimpi buruk tersebut dapat mempengaruhi kualitas hidup seseorang. 

Cara Mengatasi Anxiety Dreams.

1. Bersantai sebelum tidur

bersantai sebelum tidur

Beraktivitas seharian tentu membuat tubuh lelah, tapi tidur bukan cara yang tepat untuk mengatasi rasa lelah itu. Sebaiknya luangkan waktu untuk bersantai terlebih dahulu sebelum tidur untuk menenangkan pikiran. Jika kamu langsung tidur, sementara pikiranmu tidak tenang, yang ada kamu tidak mendapat tidur berkualitas.

Ada banyak aktivitas untuk mengisi waktu santai ini, bisa membaca, mendengarkan musik, atau menonton komedi. Apapun bisa asalkan pikiranmu benar-benar rileks. Setelah itu, baru tidur.

Baca Juga: Fisioterapi untuk Mencegah Cacat Fisik 

2. Selesaikan masalahmu

selesaikan masalahmu

Jangan pernah mendekat ke tempat tidur kalau masalahmu belum selesai. Sebab, ini dapat membuat pikiran tidak tenang dan kamu menjadi lebih sulit tidur. Memejamkan mata saja rasanya sulit karena masalah tersebut masih berputar-putar di dalam kepala.

Jika kamu kesulitan memilah-milah masalah, sebaiknya tuliskan dalam buku catatan secara terperinci. Setelah itu, kelompokkan masalah mana yang saling berkaitan dan temukan jalan keluarnya. Atau bisa juga minta bantuan orang lain jika pikiranmu benar-benar buntu.

3. Sulap tempat tidurmu sebagai tempat istirahat ternyaman

tempat tidur yang nyaman

Hentikanlah kebiasaan memikirkan hari esok atau hal-hal yang masih menjadi misteri ketika ingin tidur. Sebab, hal ini dapat memicu rasa takut yang membuatmu tidak nyaman saat hendak tidur. 

Lebih baik habiskan waktumu di ruangan lain, seperti ruang tamu sampai kamu merasa ngantuk. Jadi, kamu tidak perlu memikirkan apapun sebelum tidur sehingga tidurmu menjadi lebih berkualitas.

Baca Juga: Penyebab, Gejala Infeksi Saluran Kemih, dan Cara Mengobatinya

4. Stretch up

stretch up

Bagi yang suka bangun tengah malam dan tidak bisa tidur lagi, sebaiknya jangan paksakan dirimu untuk tidur di waktu yang sama. Beranjaklah dari tempat tidur dan lakukan stretch up, seperti meregangkan otot tangan dan kaki, atau minum segelas air putih. Ini akan membuat tubuh terasa bugar.

Setelah itu, kembalilah ke tempat tidur dengan catatan jangan memaksa dirimu untuk tidur. Apalagi sampai memikirkan masalah tertentu. Biarkan saja tubuh tidur dengan sendirinya. 

5. Berolahraga

berolahraga

Olahraga punya banyak manfaat, salah satunya dapat meningkatkan kualitas tidur. Kamu bisa berenang, bersepeda, yoga, atau jalan-jalan di sore hari. Ketika tubuh lelah, tubuh lebih cepat merasa kantuk dan akhirnya tidur lelap.

Waktu tidur yang dibutuhkan tentunya lebih lama dari biasanya. Sebab jika tubuh tidak mendapat tidur yang cukup, tubuh menjadi lebih mudah mengantuk dan terasa pegal pada keesokan harinya. 

Sikapi dengan Serius

Anxiety dreams adalah hal biasa, tapi jangan sampai dianggap remeh kalau kamu mengalaminya terus-menerus. Segera konsultasikan dengan psikolog untuk penanganan lebih lanjut, sehingga anxiety dreams tidak menjadi kebiasaan saat tidur.

Baca Juga: Team Rokok atau Vape? Lebih Buruk yang Mana, Sih?