Apa Keuntungan dan Kerugian Deposito? Ini Penjelasannya

Deposito merupakan satu fasilitas bank berbeda dengan tabungan atau debit yang bisa digunakan banyak orang. Namun, tentu tidak semua orang tahu dan memahami dengan baik apa itu deposito, termasuk kelebihan dan kekurangannya.

Oleh karena itu, pahami dengan baik untung dan rugi menempatkan dana di deposito sebagai penunjang pengelolaan keuangan Anda. Lalu, apa itu deposito?

Deposito adalah produk simpanan di bank yang penyetorannya maupun penarikannya hanya bisa dilakukan dalam waktu tertentu saja. Tidak seperti tabungan yang bisa bebas Anda tarik kapan saja dan sesuka hati menarik nominalnya.

Deposito sendiri memiliki beberapa jenis, ada yang deposito berjangka kemudian ada deposito on call atau deposito yang hanya memiliki jangka waktu pendek maupun sertifikat deposito yang berjangka satu tahun atau kurang dari itu.

Dari masing-masing jenisnya, deposito hanya dibedakan oleh jangka waktu dan fasilitas dalam pengambilan serta penyetorannya. Lalu, apa saja keuntungan dan kerugian deposito?

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

1. Keuntungan Deposito


Deposito
Ilustrasi deposito

Jika ada suatu kekurangan, maka di situ akan ada kelebihan. Seperti halnya deposito, juga terdapat sejumlah keuntungan, diantaranya:

  • Keamanan Terjamin

Ketika Anda menyimpan uang di rumah, tentu saja dengan jumlah yang banyak akan membahayakan, termasuk keselamatan Anda karena kriminalitas atau perampokan. Namun bagaimana dengan menyimpan di bank?

Tentu saja itu sangat bisa dilakukan. Salah satunya dengan memanfaatkan fasilitas deposito. Sama halnya seperti menabung di mana kemanannya dijamin oleh LPS (Lembaga Penjamin Simpanan).

Jadi, jangan khawatir jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, maka uang Anda terproteksi keamanan. Katakanlah bank bangkrut, maka deposito Anda tetap aman karena dijamin LPS dengan batasa nominal yang sudah ditentukan.

  • Resiko yang Rendah

Bagi Anda yang tidak ingin terkena sembarangan risiko, maka deposito merupakan pilihan yang tepat, dibandingkan dengan menempatkan uang di pasar saham yang harganya akan terus berubah.

Di saham, rasa khawatir karena risiko merugi lebih besar dibandingkan penempatan dana di instrumen lainnya. Lalu, bagimana dengan risiko deposito? tentu saja akan aman karena tidak terpengaruh pergerakan pasar dan sistem pengelolaan yang sudah ditetapkan pihak dan dan tidak berubah sewaktu-waktu.

  • Pendapatan per Tenor

Pendapatan per tenor merupakan keuntungan deposito selanjutnya. Di mana Anda memang cukup kesulita mengambil uang jika waktunya tidak pas. Namun, keuntungan bisa diambil dengan cara menyetor kembali atau mentransfer ke rekening Anda.

Sehingga pemilik deposito memiliki pendapatan tetap dari bunga tersebut setiap tenornya. Hal ini layaknya Anda memberikan modal pada orang lain yang sedang usaha, maka Anda hanya tinggal menikmati hasilnya.

Baca Juga: Waspada Jebakan Tawaran Bunga Deposito Tinggi

2. Kerugian Deposito

Dampak Inflasi
Ilustrasi dampak inflasi

Jika sebelumnya dibahas mengenai keuntungan dari penempatan dana di deposito, berikut ini kerugian yang bisa saja timbul dalam deposito, diantaranya:

  • Anda Tidak Terlibat  

Dalam deposito, Anda sebagai pemilik dana tidak terlibat dalam pengelolaan dana tersebut. Bisa jadi keuntungan yang didapat sangat besar dan juga berlimpah. Namun karena ada pihak bank yang mengelolanya, sehingga Anda hanya menikmati bersihnya saja.

Artinya, Anda tidak mendapatkan keuntungan secara keseluruhan karena Anda harus membayar pajak dan biaya pengelolaan bank atas deposito Anda. Berbeda untuk jenis reksadana atau saham yang bisa membuat Anda terlibat dalam pengelolaannya.

  • Tergerus Inflasi

Kita semua tahu, nilai uang dari hari ke hari terus menurun. Dan Anda menghadapi yang namanya harga barang atau kebutuhan pokok yang semakin mahal. Lalu, uang yang nilainya sama dengan sebelumnya, tapi hari ini atau semakin hari nilainya lebih sedikit untuk dapat membeli barang.

Semua itu disebut inflasi, di mana nilai uang menurun bahkan rendah. Maka, bunga dari deposito pun sebenarnya untuk menutup nilai kekurangan tersebut. Sayangnya hal ini membuat pendapatan deposito Anda tidaklah besar.

  • Keuntungan Cukup Rendah

Deposito merupakan investasi yang aman, namun kembali pada prinsip investasi di mana semakin tinggi nilai yang didapat, maka akan semakin tinggi hasil yang didapat pula sejalan dengan risiko yang juga besar.

Tetapi, karena deposito merupakan investasi risiko rendah, maka hasilnyapun tidak akan seberapa dibanding investasi saham dan juga properti yang bisa hingga dua kali lipat dari dana investasi Anda. Jadi, jangan berharap banyak pada deposito untuk masalah keuntungan terutama jika ingin mengelola dana investasi agar menghasilkan return berlipat.

Baca Juga: Waspadai Inflasi 2018 Naik, Atur Keuangan dengan Cara ini!

Pahami Deposito dan Pilih Sesuai Keinginan

Dengan memahami kelebihan serta kekurangan dari deposito, maka Anda bisa mempertimbangkan dengan baik di mana pilihan yang tepat untuk menempatkan dana. Jika memang Anda sudah mantap dengan menempatkan dana di deposito, maka pilihlah deposito yang Anda inginkan mulai dari jumlah dana yang akan didepositokan, hingga tenor yang diinginkan.

Baca Juga: Anda Ingin Buka Deposito? Perhatikan Hal Berikut Ini