Aquascape: Sejarah, Cara Membuat dan Tips Merawatnya

Aquascape merupakan seni menghias tanaman yang dibuat di air dengan cara memadukan sejumlah objek menarik lainnya, seperti bebatuan dan kayu pada wadah akrilik maupun akuarium dengan memakai ekosistem air tawar.

Aquascape aquarium seperti ini telah jadi trend di kalangan para pecinta lingkungan air, sebagaimana pemeliharaan ikan hias yang banyak dilakukan di dalam akuarium. Namun, aquarium aquascape sendiri tentu lebih indah dan bisa ditampilkan sebagaimana sebuah taman kecil di dalam air. 

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Sejarah dan Perkembangan Aquascape di Tanah Air

loader

Aquarium aquascape telah dikenal sejak zaman dahulu, meskipun dalam bentuk yang terbilang sederhana. Penggunaan wadah aquascape itu sendiri tentu hanya menggunakan media yang sederhana, seperti dari bebatuan maupun tanah liat yang saat itu banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. 

Perkembangan aquascape aquarium yang lebih modern mulai terjadi pada tahun 1369, di mana seorang kaisar China menempatkan ikan mas pada sebuah mangkuk indah yang terbuat dari bahan porselen. Ini menjadi salah satu era perubahan yang tercatat dalam sejarah aquascape mini dan yang lainnya. 

Pada era pertengahan, tepatnya sekitar tahun 1839-an, Dr. Nathaniel Bagshaw menciptakan inovasi yang bernama Wardian Case. Ahli botani tersebut mengisi kota itu dengan sejumlah tumbuhan tropis dan hewan air. Kotak yang mudah dipindah dan dibawa inilah yang menjadi sejarah awal kelahiran aquascape. 

Lalu pada era modern di masa pemerintahan Ratu Victoria, aquarium hadir dengan ciri khas yang lebih modern, yakni berbentuk kotak dengan salah satu sisi terbuat dari kaca, sedangkan sisi lainnya menggunakan kayu yang kedap air dengan bagian bawah yang dibuat tetap hangat. 

Di dalam perkembangannya, akuarium sendiri mengalami perubahan yang besar, di mana seluruh dindingnya terbuat dari kaca seperti saat ini. Perubahan ini sendiri membawa dampak bagi perkembangan dan harga aquascape yang semakin populer dan banyak diminati. 

Aquarium aquascape mulai masuk dan dikenal di tanah air sejak tahun 1993 silam dan dikenalkan oleh Pak Benny. Dalam waktu yang singkat, aquascape aquarium banyak disukai dan dijadikan sebagai hobi oleh sejumlah komunitas yang menyukai seni tanaman air. 

Seiring dengan perkembangannya yang terbilang pesat, harga aquascape juga tentu ikut meningkat tinggi. Ada banyak kompetisi yang diadakan oleh para pecinta seni yang satu ini, baik kompetisi dalam skala nasional maupun internasional. 

Aquascape sendiri tidak harus selalu dalam ukuran yang besar, media ini juga bisa ditemukan dalam bentuk aquascape mini dengan ukuran yang mungil saja. Harga aquascape sendiri akan disesuaikan dengan tingkat kerumitan dan jenis tanaman yang digunakan di dalamnya. 

Baca Juga: Dapat Penghasilan dari Hobi Solo Traveling? Bisa Banget!

Peralatan dan Cara Membuat Aquascape

Sebagaimana media tanam pada umumnya, aquarium aquascape juga tentu harus dibuat dengan cara yang benar. Hal ini untuk memastikan semua tanaman maupun hewan yang dimasukkan di dalam aquascape mini dan yang lainnya bisa hidup serta berkembang dengan baik.

Berikut ini adalah beberapa peralatan yang dibutuhkan untuk membuat aquascape aquarium: 

  • Sebuah akuarium.
  • Pupuk.
  • Pasir Malang.
  • Bebatuan yang unik.
  • Tanaman atau lumut.
  • Lem Korea.
  • Pompa penyaring air dan filter.
  • Lampu untuk mempercantik media. 

Siapkan berbagai peralatan untuk membuat aquascape mini di atas dengan lengkap, sehingga proses pembuatan bisa berjalan dengan lancar. Selain itu, siapkan juga tanaman maupun hewan air yang akan dimasukkan ke dalam media tersebut nantinya. 

Berikut ini adalah beberapa langkah mudah untuk membuat aquarium aquascape yang indah: 

  1. Siapkan semua bahan-bahan di atas terlebih dahulu. Tidak harus aquarium yang baru, media ini juga bisa dibuat menggunakan aquarium bekas atau yang sudah tidak digunakan lagi.
  2. Masukkan pasir ke dalam akuarium dan ratakan hingga seluruh permukaannya tertutup dengan baik. 
  3. Siapkan filter lilit menggunakan spons yang tipis dan eratkan menggunakan karet. Taruh pada area sudut yang paling tepat, dan taruhlah lubang pembuangan di posisi tepat pada bagian atas. 
  4. Mulailah menata bebatuan di dalam aquascape aquarium dengan baik. Upayakan agar filter air berada pada posisi yang tersembunyi, sehingga tidak mengurangi keindahan.
  5. Isi air aquarium sekitar 10% terlebih dahulu, agar proses penancapan berbagai tanaman serta pengaturan benda lainnya jadi lebih mudah. 
  6. Mulailah menata tanaman serta dedaunan dengan rapi pada area sekitar bebatuan yang akan memudahkan pemberian pupuk ke depannya. 
  7. Jangan lupa mengaplikasikan tanaman-tanaman java moss dengan menggunakan lem Korea, sehingga tanaman tersebut bisa menempel dengan baik pada permukaan kayu maupun batu yang sudah ditata sebelumnya. 
  8. Tambahkan air ke dalam aquascape mini tersebut dalam jumlah yang tepat, lalu diamkan media tersebut sekitar 3-4 jam terlebih dahulu. 
  9. Masukkan ikan-ikan hias ke dalam aquascape secara perlahan. Untuk mempercantik media ini dan sekaligus merangsang terjadinya fotosintesis, gunakanlah lampu LED pada posisi yang tepat.

Rekomendasi Tanaman yang Cocok untuk Aquascape

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi tanaman yang cocok untuk digunakan dalam aquascape:

Jenis Tanaman Keterangan
Java Moss Java Moss merupakan tanaman yang bisa memberi efek hijau dan meratakan permukaan aquascape seperti hutan kecil yang menawan. Tanaman ini memiliki warna hijau mencolok dan hanya membutuhkan proses pemeliharaan yang simpel. Jadi tidak mengherankan jika lumut yang bisa tumbuh sekitar 5-8 jam ini menjadi salah satu favorit banyak orang yang menyukai aquascape.
Pakis Lidah Pakis lidah mudah ditemukan pada kolam berair dangkal dan kerap digunakan sebagai tanaman dalam aquascape. Tumbuhan yang satu ini bisa menyerap nutrisi menggunakan daun maupun akarnya. Cukup berikan sinar matahari yang memadai, maka pakis lidah ini akan tumbuh dengan baik.
Tanaman Lilaeopsis Brasiliensis Jika masih pemula, maka gunakan tanaman yang satu ini dalam aquascape. Selain mudah untuk dipelihara, tanaman ini terbilang kuat dan bisa tumbuh pada semua kondisi pencahayaan, termasuk dengan lampu LED Sekalipun. Tanaman lilaeopsis ini akan membuat aquascape lebih mudah dirawat.
Anubias Nana Anubias Nana juga menjadi salah satu tanaman populer bagi pecinta aquascape. Tanaman ini mudah dirawat dan bisa tumbuh dengan cahaya yang minim. Bukan hanya itu saja, perkembangannya juga terbilang sangat cepat, sehingga perlu diawasi, agar tidak merusak ekosistem di sekitarnya.
Aponogeton Ulvaceus Tanaman yang terbilang tinggi ini bisa tumbuh hingga 60 cm. Bentuk daunnya yang unik dan seperti terpelintir membuat tanaman ini menarik. Jika melihat ukurannya, maka jelas Aponogeton Ulvaceus ini akan jadi pilihan tepat bagi mereka yang memiliki akuarium berukuran besar.

Baca Juga:  Cara Mudah Hitung Budget untuk Hobi yang Ideal dan Tips Menyusun Rencana Finansialnya

Tips Membuat Aquascape yang Indah 

Harga aquascape tentu akan sangat dipengaruhi oleh keunikan dan juga keindahannya. Seiring dengan berlalunya waktu dan tingginya minat masyarakat, harga aquascape ini juga meningkat. Namun untuk mendapatkan keindahan tersebut, maka aquascape tentu harus dirawat dengan tepat.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk merawat dan mempercantik aquascape dengan mudah: 

1. Atur Tingkat Keasaman Air

Pastikan untuk selalu melakukan pengukuran tingkat keasaman air secara rutin dengan menggunakan alat ukurnya. Tingkat keasaman yang tepat akan membuat tanaman dan ikan terjaga dan bisa hidup dengan baik di dalam aquascape.

2. Jaga Tingkat Kekerasan Air

Tingkat kekerasan ini merupakan kombinasi mineral yang terdapat di dalam air, di mana hal ini akan ditentukan dengan tingkat ppm air tersebut. Jika tingkat kekerasan ait terlalu tinggi, maka berbagai tanaman akan sulit berkembang, sehingga penting untuk menjaganya dalam ukuran yang tepat. 

3. Berikan Nutrisi pada Tanaman

Tumbuhan dalam aquascape juga memerlukan nutrisi, agar bisa tumbuh dengan baik. Pada umumnya, tumbuhan ini akan mendapatkan nutrisi melalui sisa makanan ikan yang terdapat di air. Namun hal ini tentu tidak berlaku, jika akuarium hanya dihuni oleh tanaman saja. 

4. Berikan Pupuk

Masih berkaitan dengan poin di atas, pemberian pupuk pada tumbuhan aquascape juga diperlukan. Berikan pupuk dalam jumlah yang tepat, sehingga tanaman bisa tumbuh dengan baik, namun ikan-ikan di dalamnya juga tidak sampai mati atau mengalami masalah karena jumlah pupuk yang terlalu banyak. 

5. Berikan Cahaya yang Cukup

Jangan lupa untuk memberi cahaya yang cukup pada aquascape. Hal ini akan membantu fotosintesis bagi tumbuhan yang terdapat di dalamnya. Jika tidak mendapatkan cahaya matahari dalam jumlah memadai, maka gunakan lampu ultraviolet untuk mencukupi kebutuhan cahaya ini. 

Jadikan Aquascape sebagai Hobi Menyenangkan

Aquascape merupakan salah satu media tanam yang banyak diminati selama belasan tahun belakangan ini. Bukan hanya memberikan keindahan saja, aquascape juga bisa memberikan ketenangan dan kenyamanan bagi yang memilikinya. Jika ingin menekuni hobi yang baru yang menyenangkan, maka tidak ada salahnya untuk menjadikan yang satu ini sebagai pilihan.

Baca Juga:  Jangan Jadi Hobi Aja, Bawel di Podcast Bisa jadi Uang dengan Cara Ini