Asuransi Perjalanan Buat yang Hobi Travelling, Perlukah?

Buat Anda yang ingin atau suka bepergian, asuransi menjadi sangat penting sebagai perlindungan dari berbagai risiko selama perjalanan, baik ke luar kota maupun ke luar negeri.

Risiko tersebut antara lain, kecelakaan, ketinggalan pesawat, kehilangan dan kerusakan bagasi, kehilangan dokumen, sakit, bahkan sampai meninggal dunia di perjalanan.

Berikut beberapa hal yang mesti kamu ketahui soal asuransi perjalanan:

Baca Juga: Asuransi Perjalanan Harian atau Tahunan, Lebih Untung Mana?

Pentingnya Asuransi Perjalanan

Asuransi perjalanan adalah asuransi kerugian yang memberikan perlindungan untuk liburan maupun urusan bisnis, baik di domestik maupun internasional. Asuransi perjalanan melindungi atau memberikan ganti rugi dengan risiko yang lebih luas.

Bukan hanya kecelakaan maupun santunan kematian saja. Lebih dari itu. Musibah tidak ada yang tahu kapan datangnya. Bisa menimpa siapapun, kapanpun, dan di manapun.

Amit-amit kalau terjadi hal tidak terduga saat liburan atau dinas ke luar kota maupun luar negeri, Anda tidak perlu khawatir lagi sebab terproteksi asuransi perjalanan.

Umumnya manfaat yang diperoleh nasabah tergantung besar atau kecilnya premi yang dibayarkan. Semakin besar preminya, makin luas pertanggungan yang diterima.

Yang ditanggung asuransi perjalalanan:

• Biaya perawatan medis

• Santunan kematian

• Pembatalan dan keterlambatan perjalanan

• Kerusakan maupun kehilangan bagasi

• Kehilangan dokumen perjalanan

• Pembajakan informasi pribadi

• Evakuasi medis darurat

• Biaya pemulangan jenazah.

Yang tidak ditanggung asuransi perjalanan:

• Cedera atau luka akibat serangan terorisme

• Sakit akibat mengonsumsi alkohol dan narkotika

• Cedera, lula-luka, atau meninggal akibat peristiwa bencana alam

• Kecelakaan yang direncanakan

• Cedera akibat ikut turnamen tertentu.

Jenis-jenis Premi Asuransi Perjalanan

1. Premi Harian

Asuransi ini berlaku untuk satu kali perjalanan. Misalnya, Anda ingin pergi ke Jepang selama seminggu, maka masa berlakunya hanya periode itu saja. Bila mau pulang ke Indonesia, harus mengajukan asuransi terbaru.

2. Premi Tahunan

Asuransi ini disarankan bagi Anda yang sering bepergian ke luar kota atau luar negeri, misalnya dalam setahun 10 kali. Asuransi ini hanya berlaku di satu wilayah saja seperti di Benua Eropa atau Asia Tenggara. Proteksi yang diberikan biasanya sama di setiap negara yang masuk dalam wilayah tersebut.

Ini Perhitungan Besar Kecilnya Premi 

1. Jumlah orang yang bepergian

Umumnya, asuransi perjalanan dikhususkan untuk perorangan. Namun, terdapat pengecualian, di mana asuransi perjalanan bisa dibeli secara berkelompok atau keluarga.

Dari segi biaya atau premi, pastinya akan lebih mahal bila membeli asuransi perjalanan keluarga dibanding perorangan. Tetapi kalau dihitung secara keseluruhan jauh lebih murah membeli asuransi perjalanan berkelompok.

2. Destinasi dan lama kunjungan

Semakin jauh destinasi dan waktu kunjungan, maka semakin mahal premi yang dibayarkan karena risikonya jauh lebih besar. Sebaliknya, kalau tujuannya hanya di dalam kota dengan kunjungan tidak lebih dari seminggu, premi yang dibayarkan pasti murah.

3. Usia Tertanggung

Besarnya premi yang dibayar tergantung dari usia tertanggung. Semakin tua usianya, maka semakin mahal biayanya. Dibandingkan anak muda, orang yang lebih tua biasanya lebih rentan terhadap risiko, terutama penyakit. Contohnya yang sudah berumur 60 tahun ke atas.

Tips Membeli Asuransi Perjalanan

Sebelum membeli asuransi perjalanan, sebaiknya Anda memperhatikan atau mempertimbangkan hal-hal berikut ini:

1. Apa manfaat perlindungan didapat?

Walaupun Anda memilih premi yang murah, pastikan Anda mendapat manfaat perlindungan yang gak murahan. Manfaatnya tetap sesuai dengan kebutuhan Anda.

Misalnya, ada manfaat perlindungan kecelakaan diri, biaya pengobatan medis, ganti rugi keterlambatan dan kehilangan bagasi, pembatalan perjalanan dengan plafon cukup memadai.

Jadi, pastikan Anda membaca syarat dan ketentuan pada lembaran polis sebelum membeli asuransi perjalanan domestik agar tidak menyesal nantinya.

2. Bagaimana cara mengajukannya?

Pilih asuransi perjalanan yang punya channel pengajuan beragam, termasuk melalui online. Jadi kalau tidak punya waktu, tinggal klik mengajukan dari ponsel maupun laptop.

Proses pengajuannya pun cepat. Tidak sampai berjam-jam atau berhari-hari. Cukup hitungan menit saja, beres. Dengan begitu, sangat memudahkan buat Anda yang ingin bepergian mendadak.

3. Bagaimana prosedur klaimnya?

Ini juga sangat penting untuk dicek. Prosedur klaimnya, mudah atau malah bikin mumet alias menyulitkan. Tentu saja siapapun ingin beli asuransi yang gampang dalam pengajuan klaim.

Begitupula dalam memilih asuransi perjalanan. Pilih yang tidak menyusahkanmu, baik dari sisi waktu dan tenaga. Dokumen sebagai kelengkapan syarat pengajuan klaim juga tidak terlalu banyak.

Baca Juga: Bebas Rasa Khawatir dengan Asuransi Perjalanan Domestik