Bebas Rasa Khawatir dengan Asuransi Perjalanan Domestik

Awal tahun 2021 menjadi duka bagi dunia penerbangan. Pesawat Sriwijaya Air SJ 182 jurusan Jakarta-Pontianak jatuh di perairan Kepulauan Seribu.

Kecelakaan tersebut merenggut nyawa 62 orang penumpang. Rinciannya, 50 orang penumpang dan 12 orang awak kabin. Peristiwa nahas ini bukan yang pertama kalinya. Sebelumnya ada Lion Air JT 610 yang jatuh di lepas pantai Karawang.

Ada pula Trigana Air Service Flight 267 menabrak Gunung Tangok Papua, AirAsia QZ 8501 jatuh di Laut Jawa, dan kecelakaan transportasi lainnya.

Buat kamu yang ingin atau suka bepergian, asuransi menjadi sangat penting sebagai perlindungan diri dari berbagai risiko selama perjalanan, baik ke luar kota maupun ke luar negeri.

Risiko tersebut antara lain, kecelakaan, ketinggalan pesawat, kehilangan dan kerusakan bagasi, kehilangan dokumen, sakit, bahkan sampai meninggal dunia di perjalanan.

Baca Juga: Inilah 5 Manfaat Asuransi Perjalanan yang Harus Diketahui

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

Asuransi Perjalanan Domestik

loader

Asuransi Perjalanan Domestik

Asuransi perjalanan domestik adalah asuransi kerugian yang memberikan perlindungan untuk liburan maupun urusan bisnis khusus di dalam kota.

Itu artinya, hanya berlaku kalau perjalananmu dilakukan di Indonesia saja. Tidak untuk bepergian ke luar negeri.

Manfaat Asuransi Perjalanan Domestik

loader

Manfaat Asuransi Perjalanan Domestik

Kalau kamu mengajukan asuransi perjalanan domestik sebelum bepergian, kamu akan mendapatkan keuntungan atau manfaat yang ditanggung perusahaan asuransi jika sewaktu-waktu mengalami risiko selama di perjalanan.

Yang ditanggung asuransi perjalanan domestik, meliputi:

  • Biaya berobat karena sakit ketika liburan
  • Biaya perawatan karena kecelakaan
  • Bagasi hilang atau rusak
  • Evakuasi medis darurat
  • Keterlambatan maupun pembatalan penerbangan
  • Santunan kematian
  • Biaya pemulangan jenazah ke kota asal.

Baca Juga: Beli Asuransi Perjalanan Bisa Online dan Offline, Cek Disini

Sebelum Mengajukan Asuransi Perjalanan Domestik Perhatikan Hal Ini

loader

Perhatikan Hal Berikut Ini Sebelum Mengajukan Asuransi Perjalanan

Banyak orang mengabaikan asuransi perjalanan. Dianggapnya tidak penting atau memang belum aware.

Wong asuransi kesehatan atau asuransi jiwa sebagai asuransi dasar saja belum tentu mereka punya, apalagi asuransi perjalanan.

Mereka berpikiran cukup dengan asuransi Jasa Raharja atau sudah ditanggung oleh BPJS Ketenagakerjaan. Padahal asuransi perjalanan berbeda.

Asuransi perjalanan melindungi atau memberikan ganti rugi dengan risiko yang lebih luas. Bukan hanya kecelakaan maupun santunan kematian saja. Lebih dari itu.

Musibah tidak ada yang tahu kapan datangnya. Bisa menimpa siapapun, kapanpun, dan di manapun.

Amit-amit kalau terjadi hal tidak terduga saat liburan atau dinasi luar kota, kamu tidak perlu khawatir lagi sebab terproteksi asuransi perjalanan domestik.

Sebelum mengajukan asuransi perjalanan domestik, sebaiknya kamu memerhatikan atau mempertimbangkan hal-hal berikut ini:

  1. Berapa lama kamu bepergian?

    Jika ingin membuat asuransi perjalanan domestik, pastikan dulu berapa lama kamu akan bepergian. Waktu ini akan memengaruhi biaya premimu.

  2. Berapa budget yang kamu miliki?

    Memilih asuransi perjalanan domestik juga harus mempertimbangkan kondisi dompet. Kalau uang lagi pas-pasan, tetapi harus pergi ke luar kota dalam kurun waktu yang lama, belilah asuransi perjalanan dengan premi yang sesuai dengan kemampuan finansialmu.

    Pastikan jika kamu bepergian dengan keluarga, pilih asuransi yang memiliki penawaran jenis perlindungan keluarga. Besaran preminya lagi-lagi disesuaikan isi dompet.

  3. Apa saja manfaat perlindungan yang pasti kamu dapatkan?

    Walaupun kamu memilih premi yang murah, pastikan kamu mendapat manfaat perlindungan yang gak murahan. Manfaatnya tetap sesuai dengan kebutuhanmu.

    Misalnya, ada manfaat perlindungan kecelakaan diri, biaya pengobatan medis, ganti rugi keterlambatan, kehilangan bagasi, hingga pembatalan perjalanan dengan plafon cukup memadai.

    Jadi, pastikan kamu membaca syarat dan ketentuan pada lembaran polis sebelum membeli asuransi perjalanan domestik agar tidak menyesal nantinya.

  4. Bagaimana cara mengajukannya?

    Pilih asuransi perjalanan domestik yang punya channel pengajuan beragam, termasuk melalui online. Jadi kalau tidak punya waktu, tinggal klik mengajukan dari ponsel maupun laptop.

    Proses pengajuannya pun cepat. Tidak sampai berjam-jam atau berhari-hari. Cukup hitungan menit saja, beres. Sangat memudahkan buat kamu yang ingin bepergian mendadak.

  5. Bagaimana prosedur klaimnya?

    Ini juga sangat penting untuk dicek. Prosedur klaimnya, mudah atau malah bikin mumet alias menyulitkan. Tentu saja siapapun ingin beli asuransi yang gampang dalam pengajuan klaim.

    Begitupula dalam memilih asuransi perjalanan domestik. Pilih yang tidak menyusahkanmu, baik dari sisi waktu dan tenaga. Dokumen sebagai kelengkapan syarat pengajuan klaim juga tidak terlalu banyak.

Baca Juga: 6 Hal Seputar Asuransi Perjalanan Ini Hanya Mitos!

Beli Asuransi Perjalanan di Sini

Membeli atau mengajukan asuransi perjalanan domestik maupun internasional sekarang ini dapat dilakukan melalui fintech. Seperti marketplace produk keuangan, Cermati.com.

Di platform tersebut, kamu dapat mengajukan asuransi perjalanan yang sesuai dengan kebutuhan dan keuangan. Banyak produk asuransi perjalanan yang bisa kamu pilih dengan premi beragam. Cara mengajukannya pun mudah sekali.

Baca Juga: Rekomendasi Asuransi Perjalanan Terbaik dan Tips Liburan Aman 2022