Asuransi Perjalanan Covid Qatar, Syarat Masuk Qatar 2023, dan Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik

Qatar merupakan negara terkaya keempat di dunia dengan PDB per kapita 100.037 dollar AS (Rp1,4 miliar). Di akhir tahun 2022, Qatar yang dikenal sebagai pusat pengekspor minyak paling besar sedunia tersebut juga menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022.

Namun bukan hanya itu saja yang menarik dari Qatar. Beribukota di Doha, negara dengan Bahasa Arab sebagai bahasa resminya ini juga mempunyai beragam destinasi wisata memesona dan pastinya layak untuk dikunjungi. 

Kabar baiknya, Qatar telah memberlakukan regulasi bebas visa untuk Indonesia. Dan kini, setelah angka penularan Covid-19 kian menurun, Qatar bisa menjadi pilihan tujuan wisata untukmu yang sudah kangen liburan. Lantas, apa saja persyaratan yang harus dipersiapkan? Berikut info selengkapnya.

Baca Juga: Asuransi Perjalanan Covid Swiss Beserta Syarat Masuk dan Rekomendasi Wisata Terpopuler

Bingung cari asuransi perjalanan Covid terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Perjalanan Covid Sekarang!  

Syarat Umum Masuk ke Qatar

loader

Doha, Qatar - Tuan Rumah FIFA World Cup 2022

Bagi individu PPLN (Pelaku Perjalanan Luar Negeri) yang hendak mengunjungi Qatar, sejumlah syarat masuk Qatar ini harus dipenuhi.

  • Pastikan seluruh dokumen yang diperlukan lengkap.
  • Pastikan paspor masih berlaku (lebih dari 6 bulan).
  • Unduh aplikasi Ehteraz agar pemerintah setempat bisa melacak pergerakan PPLN dan memeriksa status kesehatan individu PPLN.
  • Individu PPLN wajib sudah mendapatkan vaksinasi dosis lengkap minimum 14 hari sebelum keberangkatannya. Adapun vaksin yang diterima ialah Sputnik V atau Sinovac, Sinopharm, AstraZeneca (Vaxzevria), Janssen, Covishield, Moderna (Spikevax), dan Pfizer-BioNTech (Comirnaty).

Syarat Tambahan Masuk ke Qatar

Pemerintah Qatar juga mengimbau para pelancong internasional untuk mengambil asuransi perjalanan Covid Qatar/asuransi Covid Qatar dengan jaminan perawatan kesehatan selama mereka berkunjung di negaranya.

Asuransi perjalanan/asuransi perjalanan Covid merupakan solusi tepat untuk para individu yang gemar bepergian jarak jauh dengan menggunakan pesawat, baik berlibur ataupun business trip dan lainnya. Dengan mempersiapkan asuransi perjalanan, para PPLN diharapkan bisa berkunjung dengan lebih aman, nyaman, terjamin, dan menenangkan.

Kebijakan Masuk Qatar untuk Wisatawan dari Luar Negeri

Sampai saat artikel ini diperbaharui, tidak ada larangan atau pembatasan perjalanan khusus dari Indonesia ke Qatar. Selain itu, tidak ada persyaratan untuk mengikuti tes Covid-19 jenis apa pun. (Kebijakan bisa berubah sewaktu-waktu sesuai kondisi dan peraturan negara masing-masing)

Baca Juga: Asuransi Perjalanan Covid Irlandia Beserta Syarat Masuk dan Rekomendasi Wisata Terpopuler

Rekomendasi 10 Tempat Wisata Terfavorit di Qatar

Bekerja sama dengan Qatar Airways, Qatar yang terletak di kawasan Timur Tengah ini telah memberlakukan bebas visa untuk 80 negara sejak Agustus 2017 lalu. Ke-80 negara tersebut dibagi menjadi dua kelompok. 

Kelompok pertama terdiri dari 33 negara yang mendapat bebas visa selama 180 hari. Sementara itu, kelompok kedua yang terdiri dari 47 negara memperoleh jatah 30 hari kunjungan bebas visa di Qatar, dan Indonesia termasuk ke dalamnya.

Berikut ialah beberapa destinasi wisata terfavorit di Qatar yang tidak boleh dilewatkan.

  1. Museum Nasional Qatar

    loader

    Merupakan hasil rancangan arsitek Perancis, Jean Nouvel, museum ini terinspirasi dari mawar gurun yakni formasi mineral yang ditemukan di negara tersebut. Di museum ini, terdapat beragam patung dan artefak yang merupakan peninggalan dari orang-orang nomaden di Qatar. 

  2. The Pearl Island

    loader

    Sumber: www.worldatlas.com

    The Pearl ialah pulau buatan yang memesona yang terletak di Doha. Pulau cantik ini dibuka untuk umum pada pukul 10.00 - 22.00 dan free entry. 

    Berkunjung ke dalamnya, kamu akan disuguhi dengan hiburan yang semarak serta kehidupan yang terkenal amat mewah sana. Terdapat sejumlah kawasan memukau seperti Medina Centrale dan The Qanat Quartier di pulau yang dijuluki The Arabian Riviera ini.

  3. Museum Seni Islam

    loader

    Sumber: ganaislamika.com

    Menawarkan panorama indah nan rupawan baik di dalam maupun di luar galerinya, Museum Seni Islam tak boleh kamu lewatkan. Di museum yang berdesain mewah dan megah ini, terdapat berbagai koleksi kesenian Islam dari tiga benua dengan rentang waktu empat belas abad. 

  4. Souq Waqif

    loader

    Sumber: dohanews.co

    Dapatkan pengalaman bersantap dan berbelanja yang glamour dan luar biasa di Souq Waqif. Ada galeri seni dan arsitektur tradisional yang indah dan memikat di kawasan yang termasuk heritage site ini.

    Tempat ini juga dikenal sebagai pasar tradisional yang besar dan bersejarah, dengan beragam rempah-rempah, souvenir, kerajinan tangan, serta pakaian tradisional yang tersedia di sana. 

  5. Perpustakaan Nasional Qatar

    loader

    Sumber: www.liputan6.com

    Dikenal karena arsitekturnya megah dan indah. Perpustakaan nasional ini juga menjadi simbol kemajuan serta kemakmuran Qatar. Di tahun 2018, koleksi buku di perpustakaan akbar tersebut telah mencapai 800.000 buku. 

  6. Villagio

    loader

    Mall unik ini bisa dikunjungi di Doha, Qatar. Konsepnya menakjubkan dengan atap bergambar awan serta sungai buatan ala Venesia. Pengunjung bisa berbelanja di 220 toko serta 13 studio IMAX 3D sambil berkeliling sungai dengan gondola.

  7. Safari Gurun

    loader

    Sumber: www.bola.com

    Berwisata safari gurun memungkinkanmu untuk menjelajahi perbukitan padang pasir yang curam dengan mobil Jeep. Kamu juga bisa menunggangi unta hingga menyewa tenda dan merasakan sensasi bermalam di gurun. 

  8. Doha Festival City

    loader

    Sumber: www.tripadvisor.co.id

    Dengan luas 650.000 m2, kawasan ini menjadi tempat hiburan, kuliner, dan fashion terbesar di Qatar. Terdapat jalur rekreasi outdoor dengan panjang mencapai 4,5 km di sekitar mall, sehingga pengunjung bisa berjalan-jalan dan cocok bagi pelari serta pesepeda.

    Mall ini mempunyai beragam toko lokal dan internasional, serta rumah untuk satu-satunya IKEA di negara tersebut.

  9. Palm Tree Island

    loader

    Sumber: www.regencyholidays.com

    Merupakan pulau buatan yang unik lantaran bentuknya seperti pohon palm yang dikenal sebagai tanaman khas Timur Tengah. Mega proyek pulau ini dikerjakan oleh Nakheel Properties, perusahaan kelas dunia yang tersohor.

  10. Kawasan Pantai The Corniche

    loader

    Nikmati menyusuri tepian pantai di pusat perkotaan The Corniche dengan boulevard yang indah melengkung. Berjalan di rerumputan hijau tepi pantainya akan menjadikan liburanmu semakin mengesankan.

Estimasi Biaya Perjalanan ke Qatar

Untuk tanggal keberangkatan Desember 2023, harga tiket pesawat dari Jakarta - Doha dan Doha - Jakarta mulai dari Rp15 juta.

Sementara itu, perkiraan biaya yang diperlukan untuk liburan di Qatar mencakup biaya penginapan di hostel, budget makan, transportasi lokal, belanja harian, hingga tiket masuk wisata:

  • Menginap ekonomis di hostel selama tujuh hari: Rp7.302.000 (1.700 QAR).
  • Perjalanan hemat selama tujuh hari: Rp9.481.000 (2.200 QAR).
  • Menginap di penginapan biasa: Rp14.963.000 (3.400 QAR).
  • Estimasi biaya liburan mewah: Rp40.881.000 (9.500 QAR).

Nikmati Sensasi Liburan Seru di Qatar

Demikianlah sejumlah informasi terkait syarat masuk Qatar serta 10 rekomendasi tempat wisata keren di tuan rumah Piala Dunia 2022 tersebut. Jika Qatar menjadi salah satu tujuan wisatamu, maka pastikan untuk mengikuti protokol kesehatan yang berlaku di sana. 

Pastikan juga selalu mengenakan pakaian yang longgar dan tertutup, tidak mengonsumsi minuman alkohol di tempat umum, dan tidak bermesraan di ranah publik walaupun dengan pasangan resmi agar terhindar dari pelanggaran etika dan hukum. Selamat menikmati perjalanan yang seru di Qatar.

Baca Juga: Ingin Liburan Ke Luar Negeri? Jangan Lupa Bawa Dokumen Ini, Ya!

Disclaimer: Seluruh informasi yang ada dalam artikel ini, terutama mengenai persyaratan perjalanan, tidak bisa digunakan sepenuhnya sebagai rujukan perjalanan. Sangat dianjurkan untuk membaca kembali informasi yang lengkap dari berbagai sumber resmi yang dibuat oleh otoritas terkait yang mengatur kebijakan perjalanan ke negara tujuan.