Asuransi Perjalanan Covid Korea Selatan, Syarat Masuk Korea Selatan 2023, dan Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik

Korea Selatan adalah salah satu negara yang juga sudah kembali membuka negaranya untuk kunjungan dari luar negeri, baik untuk tujuan wisata dan bisnis.

Terkenal dengan budaya, kuliner, Kpop dan dramanya, membuat Korea Selatan menjadi tujuan wisata banyak orang terutama ketika demam Kpop dan drama atau film Korea semakin populer. Indonesia sendiri merupakan salah satu negara yang memiliki pecinta hiburan Kpop dan penikmat drama Korea yang membuat wisata ke Korea Selatan semakin populer.

Apakah kamu salah satunya?

Jika iya, sebelum berangkat, yuk ketahui dulu syarat masuk Korea Selatan 2023 mulai dari aturan dan hal-hal yang perlu dilakukan dan tidak boleh dilakukan selama perjalanan sebelum memasuki dan setelah memasuki negara ginseng tersebut, berikut ini.

Bingung cari asuransi perjalanan Covid terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Perjalanan Covid Sekarang!  

Syarat Umum Masuk ke Korea Selatan

loader
Bandara Internasional Incheon, Korea Selatan

Korea Selatan telah menerapkan beberapa persyaratan terbaru untuk para turis asing yang akan memasuki negara Korea Selatan. Termasuk juga skema perjalanan terbaru memasuki negara Korea Selatan.

Berikut syarat masuk Korea Selatan 2023:

  • Memiliki visa Korea Selatan yang valid
  • Wajib mengisi Q-code yang merupakan sistem yang dibuat oleh Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (KDAC) untuk mempersingkat waktu pemeriksaan karantina dan memberikan kemudahan yang dibutuhkan wisatawan mancanegara saat masuk ke Korea Selatan.
  • Telah melakukan vaksinasi Covid-19 lengkap beserta booster.
  • Jika belum melakukan vaksin lengkap, wajib menjalankan karantina selama 7 hari.
  • Mengisi Formulir Pernyataan Kesehatan dan Pernyataan Catatan Perjalanan.
  • Tujuan langsung ke Pulau Jeju bisa dilakukan tanpa harus memiliki Visa
  • Disarankan memiliki Asuransi Perjalanan Covid atau Asuransi Perjalanan Umum

Kebijakan Karantina Korea Selatan untuk Pengunjung/Wisatawan Luar Negeri

Berikut kebijakan karantina Korea Selatan yang ditetapkan untuk pengunjung/wisatawan dari luar negeri yang akan memasuki negara Korea Selatan:

  • Penumpang yang telah melakukan vaksinasi dosis lengkap dan booster dibebaskan dari kewajiban karantina.
  • Wisatawan yang masuk ke dalam negeri dengan skema perjanjian atau transit, selama tidak keluar dari area bandara dan menunjukkan tiket penerbangan di luar Indonesia, dibebaskan dari persyaratan vaksinasi.
  • Untuk penumpang yang vaksin di Korea wajib terdaftar di Korea Disease Control and Prevention Agency (KDCA)'s COOV (Sistem Verifikasi Vaksinasi) diperbarui secara otomatis.
  • Untuk penumpang yang catatan vaksinasinya tidak terdaftar di Korea wajib memasukkan "Q-CODE" dan melampirkan sertifikasi yang diperlukan.
  • Penumpang yang belum divaksinasi lengkap wajib menjalani karantina selama 7 hari karantina mandiri atau karantina di fasilitas nasional.
  • Warga negara Indonesia dan penduduk yang belum mendapatkan vaksinasi lengkap wajib mendapatkan vaksinasi selama masa karantina.
  • Tes RT-PCR akan dilakukan pada hari ke-4 dan mereka yang hasil tesnya negatif tidak akan diperpanjang masa karantinanya. Wisatawan akan diminta untuk memantau sendiri selama 14 hari.

Pengecualian/Pembatasan Masuk Korea Selatan

Sebelum memasuki atau akan melakukan perjalanan ke Korea Selatan, berikut beberapa pengecualian/pembatasan masuk Korea Selatan yang harus diketahui:

  • Kedatangan dari negara yang memenuhi syarat untuk K-ETA dibebaskan dari larangan namun diharuskan untuk mendapatkan izin masuk terlebih dahulu. Perizina bisa didapatkan dengan klik link
  • Penumpang yang sudah vaksinasi dosis lengkap dengan vaksin yang disetujui pemerintah Korea Selatan.
  • Warga negara pemegang visa jangka panjang, dan mereka yang bepergian dengan pengecualian karantina dibebaskan dari persyaratan membawa salinan atau bukti dokumen fisik asuransi perjalanan covid.
  • Pengunjung yang akan stay di Korea Selatan lebih dari 8 hai (jangka panjang) harus mengajukan ‘izin masuk kembali’ minimal 4 hari kerja sebelum hari keberangkatan. Izin bisa didapatkan dari website resmi K-ETA.

Untuk informasi selengkapnya bisa mengunjungi website resmi Kedutaan Besar Korea Selatan baik untuk syarat dan kebijakan baru masuk Korea Selatan dan info pengajuan dan perpanjangan visa yaitu, https://overseas.mofa.go.kr/id-id/index.do dan https://www.visa.go.kr/.

Kebijakan Masuk Korea Selatan Terkait Covid-19

Sampai saat artikel ini diperbaharui, tidak ada larangan atau pembatasan perjalanan khusus dari Indonesia ke Korea. Selain itu, tidak ada persyaratan untuk mengikuti tes COVID-19 jenis apa pun*.

Namun, pengunjung tetap disarankan untuk melakukan tes secara mandiri untuk memastikan kamu bebas COVID sebelum bepergian ke luar negeri.

*Kebijakan bisa berubah sewaktu-waktu sesuai kondisi dan peraturan negara masing-masing

Syarat Mengajukan Visa Korea Selatan

Berikut ini adalah syarat pengajuan visa Korea Selatan secara lengkap mengutip dari website resmi Direktorat Jenderal Imigrasi www.imigrasi.go.id:

  • Formulir permohonan visa yang sudah diisi dengan lengkap. Formulir tersebut bisa diunduh secara gratis pada situs visaforkorea-in.com
  • Beberapa lembar pas foto ukuran 3,5 cm x 4,5 cm dengan background polos warna putih
  • Paspor asli yang memiliki masa berlaku lebih dari 6 bulan
  • Fotokopi halaman informasi pripadi pada paspor dan halaman cap imigrasi (apabila sudah pernah pergi ke negara lain)
  • Surat keterangan bekerja yang ditulis dalam bahasa Inggris dan surat bukti pembayaran pajak atau SPT dari tahun sebelumnya untuk pegawai
  • Surat Izin Usaha (SIUP) dan SPT dari tahun sebelumnya untuk wirausahawan
  • Surat keterangan pelajar yang diperoleh dari pihak sekolah bagi pelajar
  • Untuk yang belum bekerja maka wajib melampirkan sertifikat kelulusan dari sekolah terakhir
  • Lampiran fotokopi KTP
  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
  • Dokumen asli rekening koran selama 3 bulan terakhir (sudah memperoleh bukti cap basah dari bank)
  • Apabila tidak ada bukti rekening koran, maka bisa digantikan oleh: tagihan kartu kredit selama 3 bulan, surat pernyataan dan disertai dengan fotokopi BPKP mobil.

Pembuatan visa Korea untuk tujuan wisata atau keperluan lainnya wajib mengurusnya secara langsung dengan datang ke Korea Visa Application Center atau KVAC. Gedung ini berada di lantai 5 Lotte Shopping Avenue di Jakarta Selatan. Permohonan visa bisa dilakukan pada hari Senin-Jumat mulai pukul 09:00-15:00. Sedangkan untuk layanan pengambilan visa dibuka pada pukul 11:00-17:00.

Adapun biaya pembuatan visa Korea Selatan yang harus dipersiapkan adalah:

  • Pembuatan Single Entry Visa (dengan masa berlaku maksimal 90 hari): Rp824.000
  • Pembuatan Single Entry Visa (dengan masa berlaku lebih dari 90 hari): Rp1.116.000
  • Pembuatan Double Entry Visa: Rp1.262.000
  • Pembuatan Multiple Entry Visa: Rp1.554.000
  • Pembuatan Group Visa: Rp366.000.

Baca Juga: Asuransi Perjalanan Covid Thailand, Syarat Masuk Thailand 2023 dan Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik

Rekomendasi 10 Tempat Wisata Favorit di Korea Selatan

loader

Jika sudah memahami seluruh persyaratan dan syarat masuk Korea Selatan Terbaru, berikutnya kamu tinggal merencanakan liburan atau perjalanan mu di negara tempat lahir K-Pop ini:

1. SM Town Coex Atrium (SM Entertainment)

Merupakan salah satu dari 3 Agensi terbesar di Korea Selatan yang menaungi artis-artis populer seperti TVXQ, Super Junior, Girls Generation, Shinee, Exo, Red Velvet, NCT dan Aespa.

Di dalam Gedung SM Town Coex Atrium kamu bisa belanja berbagi pernak-pernik dari kpop group besutan SM yang kamu sukai. Disini juga ada café yang menyediakan makanan dan minuman lucu dengan rasa yang lezat.

2. Namsan Tower

Sebelum banyak dijadikan lokasi syuting drama-drama populer, Namsan Tower telah menjadi destinasi wisata yang cukup terkenal. Untuk para pecinta drama Boy Before Flower dan My Love from The Star, wajib datang kesini dan ikutan menggantung gembok cinta kamu di tembok Namsan Tower.

3. Suncheon Open Film Set

Tidak cuman dijadikan lokasi drama, tapi juga film. Suncheon Open Film Set ini menggambarkan suasana korea pada tahun 70’an – 90’an. Variety Show terkenal Running Man juga pernah loh melakukan syuting disini.

Karena tempatnya yang cukup unik, kamu bisa melakukan banyak pengambilan foto dengan gaya retro yang estetik untuk jadi kenang-kenangan. Karena cukup populer tempat ini juga memiliki banyak pedagang street food lokal disekitarnya yang harganya cukup terjangkau.

4. Pantai Jumunjin

Kepopuleran drama Goblin, Gong Yoo ini telah berhasil juga mempopulekan tebing batu di pantai terkenal provinsi Gangwon, Korea Selatan ini berhasil viral karena adegan antara Ji Eun Tak dan Kim Shin berpegangan tangan di breakwater pantai Jumunjin.

Selain kamu juga bisa memparodikan adegan yang sama dengan pasangan, pemandangan dari pantai Jumunjin ini juga terbilang sangat Indah. Jadi jangan lupa banyak mengabadikan foto estetik mu disini yah.

5. Monsant Aewol Cafe Milik G-Dragon

Kalo tujuan liburan Korea Selatan kamu adalah mengunjungi pulau Jeju, jangan lupa mampi ke cafe milik leader dari grup idol terkenal Big Bang, G-Dragon. Cafe ini akan memberikan kamu kesempatan memandangi indahnya laut Jeju, ditemani dengan berbagai menu makanan lezat khas cafe ini.

Café ini berada di Pulau Jeju, Korea Selatan. Jadi selain mengunjungi Café Leader Big Bang itu kamu juga bisa sekaligus menikmati wisata alam Pulau Jeju yang dikelilingi oleh laut dan gunung yang Indah.

6. Hongdae Street

Disini kamu bisa berbelanja, makan di cafe-cafe lucu atau mencicipi banyak jajanan khas dari Korea Selatan. Di Hongdae kamu bisa menemukan berbagai toko pakaian dengan clothing line yang sedang tren di Korea saat ini dengan harga yang cukup terjangkau.

7. Bukchon Hanok Village

Merupakan tempat yang cukup populer dan bersejarah. Disini kamu bsia melihat bagaimana rumah-rumah dan suasana kota di Korea pada jaman dulu. Bukchon Hanok Village juga sering dijadikan sebagai lokasi syuting drama Korea yang populer.

8. Gyeongbokgung Royal Place

Merupakan salah satu bangunan yang telah berdiri dari jaman Dinasti Joseon (Kerajaan Pertama di Korea Selatan). Kamu bisa masuk ke Istana ini dengan memakai hanbok atau pakaian tradisional Korea Selatan. Tenang saja di sekitar Istana Gyeonbokgung banyak tempat penyewaan hanbok yang bisa dikunjungi.

9. Han gang Park

Dengan pemandangan indah sungai Hanggangnya saat matahari terbenam kamu bisa menikmatinya sambal jalan-jalan santai atau melakukan piknik romantis bersama pasangan. Di Han Gang Park juga terdapat penyewaan sepeda dan skuter listrik yang bisa disewa untuk mengelilingi taman Han Gang tersebut.

10. Gwanghwamun Square

Adalah lokasi paling sering dikunjungi oleh para wisatawan domestik dan luar negeri. Disini kamu bisa melihat patung besar salah satu raja paling dicintai di Korea, King Sejong. Selain menjadi landmark paling iconic di Korea Selatan.

Di Gwanghwamun Square juga banyak truck food yang menjual banyak makanan ringan sampai berat yang lezat baik khas Korea, fusion atau khas negara lain.

Baca Juga: Asuransi Perjalanan Covid Yunani, Syarat Masuk Yunani 2023 dan Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik

Do and Dont’s di Korea Selatan

loader
Do and Dont’s di Korea Selatan

Di setiap negara memiliki kebiasaan, aturan, adat dan budaya sendiri. Oleh sebab itu sebagai pengunjung kita wajib menghormatinya. Berikut hal-hal apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama kamu berlibur di Korea Selatan:

Yang Boleh Dilakukan:

  1. Menggunakan gaya bahasa formal jika berbicara dengan bahasa Korea dengan orang asing dan orang tua.
  2. Membungkuk sedikit ketika akan berbicara dengan warga lokal.
  3. Awali perkataan dengan “Annyeonghaseyo” yang artinya “Hello” atau “Chogiyo” atau “Excuse me” ketika akan menyapa atau bertanya ke warga lokal.
  4. Menerima barang dengan dua tangan.
  5. Selalu mengucapkan terimakasih atau “kamsahamnida” atau bisa juga “Gomawoyo” setelah kamu dilayani baik direstaurant atau hotel atau ketika kamu dibantu/ditolong”
  6. Usahakan menghabiskan makanan yang dipesan sebagai bentuk menghargai orang yang memasak dan meghidangkan makanan tersebut.
  7. Memanggil taksi dengan seluruh telapak tangan agar dianggap sopan dan menghormati profesi supir taksi.

Yang Tidak Boleh Dilakukan

  1. Menyentuh atau memegang orang sembarangan
  2. Berbicara dengan terlalu keras di tempat umum
  3. Mengantri bus di sembarang halte
  4. Berjalan dengan terlalu lambat, terutama di daerah yang ramai
  5. Tidak mengantri/mendahului orang yang dating lebih dulu dari kamu
  6. Memotret orang lokal tanpa seizin mereka
  7. Membuang sampah dan merokok sembarangan

Estimasi Biaya Perjalanan ke Korea Selatan

loader
Estimasi Biaya Perjalanan ke Korea Selatan

Sebelum berlibur ada baiknya merencanakan tidak hanya tujuan wisata tapi juga keuanganya. Nah, biar memiliki gambaran yang cukup jelas berapa biaya yang harus dipersiapkan selama liburan di Korea Selatan. Berikut rincian biaya perjalanannya:

  • Biaya visa Rp576.000 untuk sekali kedatangan dengan waktu selama kurang dari 90 hari.
  • PCR+Fit to Fly Certificate mulai dari Rp900 ribu
  • Biaya tiket pesawat pulang-pergi Rp4.000.000 – Rp8.000.000 bahkan lebih saat high season.
  • Biaya membeli T-Money untuk tranportasi Rp28.000
  • Biaya transportasi bus dan kereta sekali jalan dimulai dari Rp15.000 – Rp50.000 tergantung jarak tempuh
  • Biaya penginapan dimulai dari Rp150.000 permalam
  • Biaya makan 3 kali sehari dimulai dari Rp100.000 per hari
  • Simcard dan Internet:
    • Biaya simcard dimulai dari harga sekitar Rp259.000 untuk seminggu penggunaan
    • Sekitar Rp110.000 perhari dari provider KT
    • Sekitar Rp100.000 perhari dari provider LG U+
    • Sekitar Rp37.000 per hari dari provider SK Telcom
  • Biaya sewa wifi portable sekitar Rp85.000 – Rp95.000
  • Biaya masuk tempat wisata sekitar Rp100.000 – Rp300.000

Nah, jika kamu berencana berlibur seminggu (7 hari) di Korea Selatan, kamu bisa mempersiapkan biaya liburan mulai dari Rp9.000.000 – Rp10.000 yang sudah termasuk biaya penginapan, makan 3x sehari, transportasi dan biaya masuk tempat wisata.

Agar lebih murah untuk penginapan kamu bisa memilih penginapan dari Air bnb atau motel. Untuk biaya makan sendiri, hindari terlalu sering makan di restaurant besar atau cafe, cukup sekali atau 2 kali saja selebihnya lebih baik lakukan delivery, fastfood, streetfood atau membeli makanan di convenience store seperti 7-11.

Untuk biaya tempat wisata sendiri, ada banyak lokasi menarik di Korea Selatan yang tidak dipungut biaya. Seperti sungai han gang dan taman-taman kotanya. Kamu bisa melakukan piknik atau sekedar jalan-jalan sore.

Tapi jika tujuan wisata mu agak jauh seperti Busan bahkan Pulau Jeju. Sebaiknya untuk berjaga-jaga siapkan biaya sampai Rp15.000.000. Karena untuk mengunjungi pulau Jeju kamu harus naik pesawat lagi dari bandara udara di Seoul.

Jangan Lupa Asuransi Perjalana Covid Agar Liburan Terasa Lebih Aman dan Nyaman

Pentingnya asuransi perjalanan covid bukan hal yang bisa disepelekan. Dengan banyaknya negara yang mewajibkan memiliki asuransi perjalanan covid sebagai syarat memasuki negara mereka membuktikan bahwa baik dinegara paling aman pun risiko perjalanan bisa terjadi kapan saja dan terhadap siapa saja.

Selain itu, dengan memiliki asuransi perjalanan kamu akan tercover dari biaya-biaya tidak terduga seperti pencurian, perampokan, perawatan medis atau kehilangan yang tidak disengaja. Jadi tidak ada ruginya membayar sedikit untuk membeli asuransi perjalanan covid demi kenyamanan dan keamanan selama perjalanan.

Jangan lupa juga selama melakukan perjalanan, pastikan dirimu untuk selalu mengikuti protokol kesehatan dan aturan yang ada disetiap tempat yang dikunjungi. Selalu gunakan masker, jaga kebersihan, rajin mencuci tangan dan tidak lupa untuk menjaga jarak.

Disclaimer: Seluruh informasi yang ada dalam artikel ini, terutama mengenai persyaratan perjalanan, tidak bisa digunakan sepenuhnya sebagai rujukan perjalanan. Sangat dianjurkan untuk membaca kembali informasi yang lengkap dari berbagai sumber resmi yang dibuat oleh otoritas terkait yang mengatur kebijakan perjalanan ke negara tujuan.

Baca Juga: Asuransi Perjalanan Covid Vietnam, Syarat Masuk Vietnam 2023 dan Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik

Bingung cari asuransi perjalanan Covid terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Perjalanan Covid Sekarang!