Asuransi Perjalanan Covid Thailand, Syarat Masuk Thailand 2022 dan Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik

Semakin rendahnya penularan kasus Covid-19 dan sudah semakin banyaknya orang yang telah menerima vaksin Covid-19 maka semakin banyak juga negara yang mulai membuka negaranya baik untuk tujuan perjalanan wisata, bisnis atau pendidikan.

Tidak hanya itu, persyaratan wajib karantina sebelum dan sesudah memasuki negara pun sudah mulai dihapus di beberapa negara termasuk negara dengan sebutan negara gajah putih, Thailand.

Ingin segera liburan ke Thailand? Yuk simak dulu apa saja syarat masuk Thailand terbaru selengkapnya.

Bingung cari asuransi perjalanan Covid terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Perjalanan Covid Sekarang!  

Syarat Umum Masuk ke Thailand

loader
Bandara Internasional Thailand, Bangkok

Thailand sudah menerapkan beberapa persyaratan terbaru untuk para turis asing yang akan memasuki negara Thailand. Termasuk juga skema perjalanan terbaru memasuki negara Thailand.

Berikut persyaratan lengkap masuk negara Thailand 2022:

  • Harus memiliki Thailand Pass
  • Tidak wajib membawa hasil tes RT-PCR sebelum keberangkatan
  • Wajib memiliki Asuransi Perjalanan Covid dengan nilai pertanggungan tidak kurang dari US$20.00 yang mencakup penanganan COVID-19.
  • Membawa bukti reservasi hotel untuk 1 malam akomodasi di hotel yang disetujui pemerintah; seperti SHA Extra Plus (SHA++) yang juga harus mencakup biaya untuk 1 tes RT-PCR pada Hari ke-1 dan 1 Antigen Self-Test Kit (ATK) pada Hari ke-5.
  • Telah memiliki Sertifikat Vaksinasi/Pemulihan Covid-19 dengan vaksin yang disetujui setidaknya 14 hari sebelum bepergian ke Thailand.

Syarat Tambahan Masuk Thailand:

Selain persyaratan diatas, Thailand juga menerapkan beberapa persyaratan tambahan  untukk masuk Thailand yaitu:

  • Kedatangan internasional di bawah Test & Go, Sandox, dan Alternative Quarantine diizinkan masuk ke Thailand tidak perlu menunjukkan bukti RT-PCR negatif.
  • Penumpang yang belum melakukan vaksinasi bisa masuk negara Thailand di bawah sekma Alternative Quarantine
  • Penumpang yang sudah melakukan vaksinasi bisa masuk negara Thailand dengan sekam Test and Go.
  • Penumpang diwajibkan melakukan registrasi di Thailand Pass.
  • Penumpang diwajibkan memiliki asuransi perjalanan covid untuk menutupi biaya pengobatan di Thailand.
  • Penumpang diwajibkan mempunya Cerficate of Entry (COE) yang dikeluarkan oleh Royal Thai Embassy atau kode QR Thailand Pass yang didapatkan dengan klik link ini.
  • Sertifikan vaksinasi COVID- 19 yang menunjukkan bahwa penumpang sudah melakukan vaksinasi lengkap setidaknya 14 hari sebelum keberangkatan dengan vaksin:
    • AstraZeneca (Vaxzevria)
    • Covaxin
    • Covishield
    • Janssen
    • Moderna (Spikevax)
    • Pfizer-BioNTech (Comirnaty)
    • Sinopharm
    • Sinovac
    • Sputnik V
  • Mendownload aplikasi ThailandPlus lalu daftarkan diri dengan menggunakan nomor COE dan kode referensi.

Kebijakan Karantina Thailand untuk Pengunjung/Wisatawan dari Luar Negeri

Berikut kebijakan karantina Thailand yang ditetapkan untuk pengunjung/wisatawan dari luar negeri yang akan memasuki negara Thailand:

  • Penumpang dari Indonesia yang memasuki Thailand dengan skema perjalanan Test and Go dibebaskan dari karantina.
  • Penumpang yang bepergian dengan skema Alternative Quarantine (AQ) wajib memiliki bukti pembayaran reservasi hotel di hotel AQ, OQ atau AHQ.
  • Penumpang yang memasuki Thailand dengan skema perjalanan dari Sandbox bisa memilih untuk menjalani wajib menginap 7 hari di Krabi, Phang-Na, Phuket, atau Surat Thani (hanya Ko Samui, Ko Pha-ngan, dan Ko Tao).

Pengecualian/Pembatasan Masuk Thailand

Sebelum memasuki atau akan melakuakn perjalanan ke Thailand, berikut beberapa pengecualian/pembatasan masuk Thailand yang harus diketahui:

  • Thailand dengan skema TEST & GO membuka kembali Pattaya dan Ko Chang Sandbox untuk wisatawan dari Luar Negeri.
  • Warga negara atau penduduk Thailand dan keluarga dekat mereka.
  • Penumpang dengan visa yang dikeluarkan oleh Thailand.
  • Warga negara Indonesia diizinkan mengunjungi Thailand sampai batas waktu:
    • Maksimal 45 hari untuk paspor biasa.
    • Maksimal 30 hari untuk paspor diplomatik dan paspor yang dikeluarkan oleh Kementerian Luar Negeri.

Wisatawan/pengunjung dari Indonesia bisa memeriksa kelayakan dan dokumen diperlukan untuk memasuki Thailand di Situs Resmi Kedutaan Besar Thailand di Jakarta yaitu http://www.thaiembassyjakarta.com/.

Untuk informasi syarat masuk Thailand 2022 selengkapnya bisa klik link ini.

Baca Juga: Travelling Yuk! Simak Daftar Negara dan Ketentuannya untuk Berwisata Tahun 2022

Rekomendasi 10 Tempat Wisata Favorit di Thailand

loader
Rekomendasi Tempat Wisata Thailand

Jika sudah memahami seluruh persyaratan dan aturan baru memasuki Thailand, berikutnya kamu tinggal merencanakan liburan atau perjalanan mu di Thailand.

Sebagai salah satu negara favorit untuk berlibur oleh wisatawan Indonesia. Jadi, tidak ada salahnya jika kamu juga ikut mengunjungi berbagai tempat wisata menarik di Thailand yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan termasuk wisatawan Indonesia.

Nah, ini dia 10 tempat wisata favorit dan paling direkomendasikan di Thailand:

1. Phuket

Phuket merupakan pulau indah yang memiliki pantai berpasir putih dan bersih. Lautnya begitu tenang dan akan membuat kamu nyaman ketika bermain di pantai dan pasirnya yang putih. Kamu bisa menikmati suasananya yang tenang dan begitu indah di pulau yang juga memiliki kuliner lezat ini.

Menjadi salah satu ikon wisata di Thailand, Phuket sangat populer dan telah dikenal secara luas oleh masyarakat dunia. Destinasi yang satu ini sering dijadikan sebagai salah satu destinasi utama di dalam perjalanan ke Thailand.

2. Wat Arun

Wat Arun menawarkan pemandangan yang sangat indah, terutama saat malam hari. Kuil indah ini juga cukup dekat dari The Grand Palace. Wat Arun sendiri merupakan satu dari beberapa kuil tertua yang terdapat di negara tersebut, sehingga sarat akan arsitektur kuno dan menarik.

Tentu saja Wat Arun pantang untuk dilewatkan sebagai destinasi tujuan jika kamu akan berkunjung ke Thailand.

3. The Grand Palace

The Grand Palace merupakan bangunan tua yang memiliki berbagai peninggalan sejarah Thailand. Begitu kaya dan unik, di tempat ini kamu akan disuguhi pemandangan yang tak ada duanya.

Lokasi ini terdiri dari berbagai bagian, meliputi: kuil, ruang bawah tanah yang menarik dan berisi labirin aula dari kerajaan Thailand di masa lalu, beragam peninggalan sejarah, serta arsitektur yang begitu indah.

4. Krabi

Bagi yang suka wisata alam dan juga laut, maka Krabi akan menjadi destinasi wajib yang kamu kunjungi saat di Thailand. Pulau yang indah ini akan memanjakan kamu dengan pemandangan eksotis yang tiada duanya.

Bukan hanya pulau Krabi saja, namun gugusan pulau-pulau kecil di sekitarnya juga tidak kalah indah dan akan membuat perjalanan liburan semakin berkesan serta menyenangkan. Panoramana laut dengan keindahan pulau yang tenang, akan memberikan nuansa liburan yang berbeda dari biasanya.

5. Sung Nong Nooch

Berada di kawasan Pattaya, taman yang indah ini akan menyuguhkan penorama yang sangat unik dan berbeda untukmu. Destinasi wisata yang satu ini memiliki panorama yang indah dan sejuk, lengkap dengan pemandangan yang tiada duanya.

Lokasi ini juga telah memiliki beragam fasilitas yang lengkap bagi wisatawan yang datang. Nong Nooch memiliki berbagai fasilitas pendukung yang memadai, seperti: penginapan, kebun binatang, kolam renang, beragam kuliner lezat, pusat oleh-oleh, dan yang lainnya.

Baca Juga: Rekomendasi Asuransi Perjalanan Terbaik dan Tips Liburan Aman 2022

6. Pantai Railay

Railay merupakan pantai eksotis begitu indah. Kamu akan menikmati air laut yang benar-benar jernih di kawasan ini, dilengkapi dengan pasir putih yang bersih di sepanjang bibir pantainya. Semua ini tentu akan memberikan nuansa yang nyaman di dalam liburanmu.

Di pantai Railay kamu juga bisa menikmati olahraga panjat tebing yang seru dan menegangkan.

7. Pattaya

Pattaya merupakan salah satu destinasi wisata yang paling populer di Thailand. Tidak hanya pemandangan laut nya yang luar biasa Indah. Sebagai salah satu destinasi terfavorit di Thailand. Pattaya juga menawarkan beragam kuliner dan hiburan bisa kamu nikmati di sepanjang pantai ini.

Kamu juga tidak perlu khawatir saat berkunjung di lokasi ini, sebab Pattaya memiliki banyak sekali pilihan penginapan yang ditawarkan dengan harga yang cukup murah bagi wisatawan.

8. Chiang Mai

Chiang Mai adalah salah satu usat belanja murah yang wajib dikunjungi saat berada di Thailand. Di Chiang Mai kamu juga bisa menikmati beragam kuliner lezat khas Thailand, termasuk berbelanja berbagai barang murah yang bisa kamu beli dengan sistem tawar menawar.

Buka sejak pukul 5 pagi hingga tengah malam jadi kamu tidak perlu khawatir dan terburu-buru ketika berbelanja. Kamu akan memiliki waktu yang panjang untuk bisa menikamti setiap sudut Chiang Mai.

9. Kanchanaburi

Untuk yang suka berpetualang di kawasan perbukitan dan menikmati sinar matahari yang hangat, maka kawasan ini akan menjadi pilihan yang tepat. Kanchanaburi merupakan kawasan perbukitan nan indah dan memiliki panorama yang sejuk dan masih begitu bersih. Kamu akan memiliki waktu liburan yang nyaman dan tenang di lokasi yang satu ini.

10. Chatuchak Weekend Market

Lokasi ini merupakan salah satu pusat perbelanjaan yang murah di Thailand, yang tidak boleh kamu lewatkan. Di Chatuchak Weekend Market, ada berbagai barang unik dan menarik dengan harga yang murah, termasuk berbagai souvenir.

Kamu juga bisa tawar menawar dengan pedagang di sana, sehingga harga belanjaan jadi lebih murah lagi nantinya.

Do and Dont’s di Thailand

loader
Liburan di Thailand

Di setiap negara memiliki kebiasaan, aturan, adat dan budaya sendiri. Oleh sebab itu sebagai pengunjung kita wajib menghormatinya. Berikut hal-hal apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama kamu berlibur di Thailand:

Yang Boleh Dilakukan:

  1. Menghormati setiap objek yang berkaitan dengan agama Buddha baik itu gambar, foto atau patung.
  2. Berpakaian dengan sopan saat mengunjungi kuil-kuil yang ada di Thailand.
  3. Melepas sepatu ketika ingin memasuki kuil dan rumah seseorang.
  4. Memperlakukan para Biksu dengan sopan dan penuh hormat.
  5. Makan dengan sendok.
  6. Menggunakan garpu untuk meletakan makanan di sendok.
  7. Membungkukan badan sedikit ketikan berpapasan dengan orang yang lebih tua dan orang asing.
  8. Menghapal beberapa ucapan dasar berbahasa Thailand seperti “hello” dan “thank you”.
  9. Ramah senyum
  10. Memiliki visa jika diharuskan
  11. Memiliki asuransi perjalanan

Yang Tidak Boleh Dilakukan:

  1. Tidak menunjukkan rasa hormat ke anggota keluarga kerajaan Thailand.
  2. Menyilangkan kaki ketika berhadapan atau duduk bersama dengan Biksu.
  3. Tidak boleh menyentuh orang lain terutama wanita tanpa izin.
  4. Tidak boleh melakukan PDA (Public Display Affection) yang berlebihan di tempat umum.
  5. Tidak boleh menyentuh kepala atau rambut orang lain tanpa seizin mereka. Jika tidak sengaja, kamu tetap diharuskan untuk meminta maaf kepada orang tersebut.
  6. Tidak boleh meletakan kaki ke atas meja.
  7. Tidak boleh berbicara dengan keras.
  8. Tidak boleh merasa tersinggung jika ada pertanyaan mengenai usia, status atau pekerjaan. Karena di Thailand hal tersebut sering ditanyakan untuk memulai sebuah pembicaraan.
  9. Tidak boleh mencuri atau membawa aset Buddha keluar dari negara Thailand baik itu gambar, foto atau patung.

Estimasi Biaya Perjalanan ke Thailand

loader
Estimasi Biaya Perjalanan

Sebelum berlibur ada baiknya merencanakan tidak hanya tujuan wisata tapi juga keuanganya. Nah, biar memiliki gambaran yang cukup jelas berapa biaya yang harus dipersiapkan selama liburan di Thailand. Berikut rincian biaya perjalanan ke Thailand:

  • Tiket bisa dimulai dari Rp1,5 juta – Rp 4,5 juta (pulang – pergi)
  • PCR+Fit to Fly Certificate mulai dari Rp900 ribu
  • Asuransi Perjalanan Covid mulai dari Rp300 ribu
  • Hotel/Penginapan bisa dimulai dari Rp400 ribuan permalamnya
    • Hotel bintang 3 mulai dari Rp200 ribu – Rp300 ribu
    • Hotel bintang 4 mulai dari Rp350 ribu.
    • Hotel bintang 5 mulai dari Rp500 ribu
    • Apartment mulai dari Rp300 ribu
  • Transportasi berkisar antara Rp3500 ribu – Rp20 ribuan sesuai dengan jarak tempuh
  • Makanan berkisar antara Rp10 ribu – Rp 50 ribu per harinya untuk sekali makan.
    • Street food mulai dari Rp20 ribu – Rp40 ribu
    • Restaurant mulai dari Rp50 ribu – Rp200 ribu
    • Delivery mulai ari Rp90 ribu untuk porsi 2-4 orang
  • Minuman mulai dari harga Rp5000 – Rp12 ribu.
  • Biaya masuk tempat wisata bisa dimulai dari ribuan sampai ratusan ribu tergantung dari lokasi wisatanya. Ada yang dimulai dari Rp25 ribu – Rp50 ribu ada yang dari Rp150ribu – Rp250 ribu.

Jika diakumulasikan misalnya untuk perjalanan 3 hari 2 malam di Thailand artinya kamu harus mempersiapkan biaya minimal Rp3,5 juta dengan pilihan penginapan kategori hotel bintang tiga, pilihan makanan yang harganya mulai dari Rp20 ribu – Rp40 ribu, transportasi, biaya masuk tempat wisata dan tentunya sudah termasuk biaya tiket penerbangan, tes pcr dan asuransi perjalanan covid.

Namun untuk kenyamanan dalam berlibur, meskipun ingin liburan hemat alangkah baiknya persiapkan juga biaya darurat untuk situasi tidak terduga. Jadi untuk berjaga-jaga kamu bisa menyiapkan setidaknya Rp4 juta untuk berlibur ke negara Thailand.

Dengan Asuransi Perjalanan Covid, Liburan Terasa Lebih Aman dan Nyaman

Pentingnya asuransi perjalanan covid bukan hal yang bisa disepelekan. Dengan banyaknya negara yang mewajibkan memiliki asuransi perjalanan covid sebagai syarat memasuki negara mereka membuktikan bahwa baik dinegara paling aman pun risiko perjalanan dan Covid-19 bisa terjadi kapan saja dan terhadap siapa saja.

Selain itu, dengan memiliki asuransi perjalanan kamu akan tercover dari biaya-biaya tidak terduga seperti pencurian, perampokan, perawatan medis atau kehilangan yang tidak disengaja. Jadi tidak ada ruginya membayar sedikit untuk membeli asuransi perjalanan covid demi kenyamanan dan keamanan selama perjalanan.

Jangan lupa juga selama melakukan perjalanan, pastikan dirimu untuk selalu mengikuti protokol kesehatan dan aturan yang ada disetiap tempat yang dikunjungi. Selalu gunakan masker, jaga kebersihan, rajin mencuci tangan dan tidak lupa untuk menjaga jarak.

Disclaimer: Seluruh informasi yang ada dalam artikel ini, terutama mengenai persyaratan perjalanan, tidak bisa digunakan sepenuhnya sebagai rujukan perjalanan. Sangat dianjurkan untuk membaca kembali informasi yang lengkap dari berbagai sumber resmi yang dibuat oleh otoritas terkait yang mengatur kebijakan perjalanan ke negara tujuan.

Baca Juga: Syarat Masuk Malaysia Terbaru 2022, Tempat Wisata dan Biaya Liburannya

Bingung cari asuransi perjalanan Covid terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Perjalanan Covid Sekarang!