Asuransi Perjalanan Covid Singapura, Syarat Masuk Singapura 2023, dan Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik

Situasi pandemi Covid-19 yang makin hari makin terkendali, membuat banyak negara di dunia merubah berbagai peraturan di negaranya. Termasuk peraturan dan ketentuan terkait pariwisata internasional.

Jadi, apa saja syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi? Tanpa panjang lebar lagi, berikut adalah syarat masuk Singapura 2023 terbaru yang wajib kamu ketahui.

Baca Juga: Asuransi Perjalanan Covid Malaysia, Syarat Masuk Malaysia Terbaru 2023 dan Rekomendasi Tempat Wisata beserta Biaya Liburannya

Bingung cari asuransi perjalanan Covid terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Perjalanan Covid Sekarang!  

Syarat Umum Masuk ke Singapura

Dikutip dari laman www.visitsingapore.com, berikut adalah syarat masuk Singapura terbaru.

  1. Semua wisatawan asing diperbolehkan masuk ke Singapura terlepas dari status vaksinasi Covid-19 apapun. Wisatawan asing yang berasal dari negara atau wilayah yang memenuhi syarat juga dapat menggunakan jalur otomatis saat ketibaan untuk pengecekan imigrasi di lokasi pemeriksaan di bawah Inisiatif Pengecekan Otomatis (Automated Clearance Initiative).
  2. Per 13 Februari, Singapura juga sudah membebaskan wisatawan asing dari persyaratan masuk, tes sebelum keberangkatan, tes saat kedatangan, karantina, dan asuransi perjalanan Covid-19 Singapura.

Syarat Tambahan Masuk ke Singapura

Selain persyaratan di atas, kamu juga wajib memenuhi beberapa syarat tambahan masuk ke Singapura berikut ini:

  1. Melengkapi SGAC (SG arrival card) 3 hari sebelum kedatangan. SGAC sendiri merupakan pernyataan kedatangan sederhana yang berisi tentang detail dari perjalanan dan kesehatan kamu. Tentunya, ini semua dapat dilakukan tanpa pungutan biaya apapun alias gratis.
  2. Mematuhi protokol kesehatan yang berlaku di Singapura. 

Kebijakan Masuk Singapura untuk Wisatawan dari Luar Negeri

Sampai saat artikel ini diperbaharui, tidak ada larangan atau pembatasan perjalanan khusus dari Indonesia ke Singapura. Selain itu, tidak ada persyaratan untuk mengikuti tes Covid-19 jenis apa pun. (Kebijakan bisa berubah sewaktu-waktu sesuai kondisi dan peraturan negara masing-masing)

Rekomendasi 10 Tempat Wisata Favorit di Singapura

Jika seluruh syarat masuk Singapura 2023, sudah kamu penuhi. Sekarang saatnya kamu memasukkan 10 tempat wisata di Singapura paling favorit berikut ke dalam itinerary-mu.

  1. Merlion Park

    loader

    Terletak di 1 Fullerton Rd, Merlion Park adalah destinasi wisata wajib yang tidak boleh dilewatkan oleh seluruh wisatawan asing yang berkunjung ke Singapura. Di tempat ikonik ini, kamu bisa mengambil foto sepuasnya tanpa perlu mengeluarkan biaya untuk tiket masuk sepeser pun.

  2. Universal Studios Singapore

    loader

    Dapatkan pengalaman bermain paling seru di setiap wahana yang ada di Universal Studios Singapore. Selain itu, kamu juga bisa berfoto, berbelanja suvenir, dan makan di restoran khas Universal Studios. Tidak terlalu menguras kantong, kamu hanya perlu menyiapkan budget mulai dari Rp600.000 untuk masuk dan menikmati fasilitas yang disediakan Universal Studios Singapore.

  3. Orchard Road

    loader

    Berada di lokasi strategis, Orchard Road selalu menjadi destinasi yang wajib dikunjungi oleh wisatawan asing. Karena di Orchard Road kamu bisa berjalan jalan, berbelanja atau hanya sekadar window shopping, hingga membeli “One Dollar Ice Cream ” yang sangat terkenal itu. Gimana? Menyenangkan bukan?

  4. Marina Bay Sands

    loader

    Marina Bay Sands adalah salah satu resort mewah di Singapura yang memiliki kolam renang sepanjang 150 meter di ketinggian 200 meter. Dikenakan biaya masuk, dari atas Marina Bay Sands kamu dapat menikmati keindahan kota Singapura.

    Jika tidak ingin masuk, kamu juga bisa langsung mengambil foto dari bawah dengan background Marina Bay Sands.

  5. Gardens by The Bay

    loader

    Merupakan taman yang terletak di perkotaan, Gardens by The Bay sangat cocok didatangi oleh kamu yang suka dengan keindahan alam. Memiliki berbagai spesies bunga dan pohon, tempat ini juga sangat cocok dijadikan sebagai salah tempat mengambil foto estetik.

  6. Chinatown

    loader

    Di Chinatown, kamu bisa menikmati berbagai macam kuliner, berbelanja souvenir khas Singapura, mengunjungi Buddha Tooth Relic Temple and Museum, dan masih banyak lagi. 

  7. Haji Lane

    loader

    Selanjutnya, ada Haji Lane, sebuah jalan kecil yang sering dijadikan tempat foto estetik oleh banyak wisatawan asing. Di sini, kamu juga bisa mengunjungi kafe, restoran, dan butik-butik lokal Singapura.

  8. Sentosa Island

    loader

    Sentosa Island adalah tempat wisata pulau yang menyediakan berbagai macam pilihan hiburan. Seperti, pantai, pusat perbelanjaan dan kuliner, lapangan golf, dan bermain di Skyline Luge Sentosa.

  9. Singapore Zoo

    loader

    Singapore Zoo adalah tempat wisata liburan keluarga. Di mana, kamu dapat menikmati kebun binatang sekaligus pertunjukan-pertunjukan yang disediakan oleh Singapore Zoo. Terletak di 80 Mandai Lake Rd, Singapore Zoo buka setiap hari, pukul 8.30 sampai 18.00.

  10. East Coast Park

    loader

    Sama seperti namanya, East Coast Park terletak di pantai sebelah Timur Singapura. Di sini, wisatawan dapat menikmati keindahan pantai, kegiatan olahraga, dan menyantap berbagai kuliner lezat. Fasilitas yang disediakan East Coast Park juga dapat dikatakan cukup lengkap. Mulai dari, toilet umum hingga tempat bermain anak.

Estimasi Biaya Perjalanan ke Singapura

Sebelum pergi ke negara orang, ada baiknya jika kamu mengetahui estimasi biaya perjalanan ke Singapura. Berikut adalah uraian selengkapnya.

  • Tiket perjalanan pulang pergi, mulai dari Rp1,5 juta hingga Rp8 jutaan.
  • Hotel atau penginapan mulai dari Rp300 ribu per malamnya.

    Hotel

    Range Harga

    Bintang 3

    Rp300 ribu - Rp3 jutaan

    Bintang 4

    Rp500 ribu - Rp6 jutaan

    Bintang 5

    Rp1,7 juta - Rp36 jutaan

    *Harga dapat berubah sewaktu-waktu, menyesuaikan dengan waktu pemesanan dan waktu liburanmu.

  • Transportasi (Singapore Tourist Pass) mulai dari 10 SGD atau Rp100 ribu per hari.
  • Makan dan minum mulai dari Rp100 ribu per hari.
  • Biaya masuk tempat wisata (dapat disesuaikan dengan budget-mu). Kalau budget berliburmu tidak besar, maka kamu dapat mengunjungi beberapa destinasi wisata gratis yang telah disebutkan di atas.

Sehingga, jika kamu memiliki rencana berlibur 3 hari 2 malam ke Singapura, maka biaya perjalanan yang harus kamu sediakan minimal Rp3 juta per orang.

Sudah Siap untuk Berlibur?

Setelah mengetahui semua informasi tersebut tentunya kamu sudah semakin siap untuk pergi berlibur ke luar negeri bukan? Perlu diingat setiap negara memiliki kebijakan dan peraturan yang berbeda-beda, kamu sebagai wisatawan asing tentunya wajib menaati seluruh kebijakan dan peraturan yang berlaku di negara tersebut. Jika tidak, justru kamu yang akan dirugikan bukan?

Sebagai pengingat tambahan, jika kamu belum mendapatkan vaksin secara lengkap dan memiliki asuransi Covid Singapura, kamu dapat membeli asuransi perjalanan Covid-19 di Cermati.com!

Baca Juga: Asuransi Perjalanan Covid Turki, Syarat Masuk Turki 2023, dan Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik

Disclaimer: Seluruh informasi yang ada dalam artikel ini, terutama mengenai persyaratan perjalanan, tidak bisa digunakan sepenuhnya sebagai rujukan perjalanan. Sangat dianjurkan untuk membaca kembali informasi yang lengkap dari berbagai sumber resmi yang dibuat oleh otoritas terkait yang mengatur kebijakan perjalanan ke negara tujuan.