Asuransi Perjalanan Covid Turki, Syarat Masuk Turki 2023, dan Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik

Turki adalah salah satu negara di dunia yang cukup berani dan longgar dalam menerapkan pembukaan pariwisata internasional di masa pandemi Covid-19. Bahkan pada 24 Desember 2021, Turki resmi memberlakukan bebas visa untuk wisatawan Indonesia. 

Kebijakan ini tentunya dibuat bukan tanpa alasan. Menurut Kedutaan Besar Turki di Indonesia, Turki memutuskan untuk mencabut persyaratan visa untuk warga negara Indonesia karena memandang baik hubungan persaudaraan yang selama ini sudah terjalin dan sebagai bentuk kemitraan strategis.

Hal inilah yang kemudian menjadi angin segar bagi banyak masyarakat dunia (terutama Indonesia) yang senang melancong. Namun, kebijakan tersebut tidak otomatis menjadikan Turki sebagai destinasi wisata mancanegara tanpa persyaratan. Tetap ada syarat masuk Turki yang wajib kamu penuhi. Apa saja? Berikut adalah detailnya.

Baca Juga: Asuransi Perjalanan Covid Singapura, Syarat Masuk Singapura 2023, dan Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik

Bingung cari asuransi perjalanan Covid terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Perjalanan Covid Sekarang!  

Syarat Umum Masuk ke Turki

loader

Salah satu destinasi wisata favorit di Turki, Taman Emirgan

Ada beberapa syarat masuk Turki yang harus kamu penuhi:

  • Paspor yang masih berlaku (lebih dari 6 bulan).
  • Per 1 Juni 2022 semua pembatasan Covid-19 di Turki telah dicabut. Sehingga, para wisatawan sudah tidak perlu lagi menunjukkan hasil tes PCR atau antigen negatif dan sertifikat vaksin.
  • Mengisi Turkey Entrance Form (Formulir Masuk Wisatawan) secara online. Pengisian wajib dilakukan 4 hari sebelum keberangkatan guna memastikan kalau informasi yang diberikan masih akurat dan relevan. *Wisatawan yang tidak atau belum melengkapi Turkey Entrance Form pada saat kedatangan akan menerima sanksi atau bahkan tidak diizinkan masuk ke negara Turki.

*Sampai saat artikel ini diperbaharui, tidak ada larangan atau pembatasan perjalanan khusus dari Indonesia ke Turki. Namun, kebijakan bisa berubah sewaktu-waktu sesuai kondisi dan peraturan negara masing-masing.

Syarat Tambahan Masuk ke Turki

Tidak ada syarat tambahan untuk masuk ke Turki. Termasuk, asuransi perjalanan Covid Turki. Ya, Turki tidak mewajibkan wisatawan yang masuk untuk memiliki asuransi perjalanan Covid Turki.

Namun, jika kamu merupakan orang yang senang berjaga-jaga, maka asuransi Covid Turki wajib untuk kamu miliki. Cek di sini untuk informasi selengkapnya.

Kebijakan Karantina Turki untuk Wisatawan dari Luar Negeri

Wisatawan sudah tidak perlu melakukan karantina lagi saat tiba di Turki.

Baca Juga: Asuransi Perjalanan Covid Thailand, Syarat Masuk Thailand 2023 dan Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik

Rekomendasi 10 Tempat Wisata Favorit di Turki

  1. Cappadocia

    loader

    “It’s my dream Mas!” ini adalah salah satu ungkapan yang sempat viral dari film Layangan Putus. Ya, pemeran Kinan dalam film Layangan Putus memang menjadikan Cappadocia sebagai tempat impiannya. 

    Cappadocia sendiri merupakan wilayah bersejarah di Anatolia Tengah, Turki. Di mana, di tempat ini kamu bisa melihat hamparan batuan vulkanik lunak yang terbentuk dari erupsi gunung berapi. Tidak hanya itu, di Cappadocia kamu juga bisa menaiki balon udara dan berkeliling menunggangi kuda.

  2. Taman Emirgan

    loader

    Taman Emirgan adalah taman bersejarah seluas 100++ hektar di wilayah Emirgan, Istanbul, Turki. Di tempat ini kamu bisa menikmati keindahan dari berbagai flora dan fauna. Satu hal yang paling khas dari Taman Emirgan adalah koleksi bunga tulipnya.

    Waktu terbaik untuk mengunjungi dan melihat keindahan alam ini adalah bulan April dan Mei.

  3. Hagia Sophia

    loader

    Hagia Sophia adalah tempat ibadah yang ditetapkan sebagai warisan oleh UNESCO dan saat ini sudah difungsikan sebagai masjid (untuk ikon Kristennya tetap dilestarikan dan tidak dihilangkan).

    Di Hagia Sophia, kamu bisa menikmati keindahan dari salah satu peninggalan bersejarah di Turki. 

  4. The Blue Mosque

    loader

    Merupakan tempat ibadah umat Islam yang memiliki arsitektur megah dan ikonik. Di masjid bersejarah ini kamu bisa berwisata sekaligus beribadah.

  5. Ataturk Mausoleum (Anıtkabir)

    loader

    Tempat mewah dan megah ini merupakan makam dari presiden pertama Republik Turki, Mustafa Kemal Atatürk. Bahkan, salah satu tempat bersejarah di Turki ini, membutuhkan waktu hingga sembilan tahun untuk proses pembangunannya.

  6. Ephesus

    loader

    Ephesus merupakan bangunan sisa reruntuhan Kota Romawi Kuno. Di Ephesus, kamu akan menemukan sisa reruntuhan perpustakaan juga tempat bertarung para gladiator. Tempat bersejarah ini sangat cocok diabadikan untuk menambah koleksi foto estetik kamu.

  7. Pamukkale

    loader

    Pamukkale atau dalam bahasa Indonesia berarti “Benteng Kapas” adalah sebuah kota kecil yang terletak di provinsi Denizli, Turki. 

    Di Pamukkale, kamu akan disuguhi pemandangan kolam berundak-undak yang terbentuk secara alami. Tidak hanya itu, kamu juga bisa berendam di kolam air panas tersebut yang konon katanya bisa menyembuhkan berbagai jenis penyakit.

  8. Taksim Square

    loader

    Di Taksim Square kamu bisa menikmati berbagai macam hiburan, berbelanja berbagai macam produk khas Turki, serta menikmati berbagai macam makanan dan minuman lezat di restoran-restoran ternama.

  9. Grand Bazaar

    loader

    Di Grand Bazaar, kamu bisa berwisata belanja sekaligus menikmati keindahan bangunan pasar terbesar dan tertua di dunia ini.

  10. Istiklal Street

    loader

    Istiklal Street merupakan pusat wisata dan jantung kota Istanbul. Bahkan tempat ini, selalu dikunjungi oleh jutaan orang setiap akhir pekan. Wow, menarik bukan?

Estimasi Biaya Perjalanan ke Turki

Agar bisa menikmati 10 tempat wisata favorit di Turki, kamu perlu menyiapkan budget Rp15.000.000,- sampai Rp20.000.000,- per orang. Di mana ini adalah estimasi biaya perjalanan (termasuk transportasi, akomodasi, dan konsumsi) selama kurang lebih 8 hari di Turki dengan menggunakan jasa tour and travel.

Liburan Mewah dan Mengesankan di Turki

Itulah beberapa syarat masuk Turki beserta destinasi wisata favoritnya. Kira-kira apakah Turki akan menjadi negara tujuan liburanmu selanjutnya?

Jika ya, jangan lupa untuk ikuti seluruh aturan dan kebijakan yang berlaku di negara tersebut. Selamat berlibur!

Baca Juga: Asuransi Perjalanan Covid Malaysia, Syarat Masuk Malaysia Terbaru 2023 dan Rekomendasi Tempat Wisata beserta Biaya Liburannya


Disclaimer : Seluruh informasi yang ada dalam artikel ini, terutama mengenai persyaratan perjalanan, tidak bisa digunakan sepenuhnya sebagai rujukan perjalanan. Sangat dianjurkan untuk membaca kembali informasi yang lengkap dari berbagai sumber resmi yang dibuat oleh otoritas terkait yang mengatur kebijakan perjalanan ke negara tujuan.