Asuransi Perjalanan Covid Malaysia, Syarat Masuk Malaysia Terbaru 2022 dan Rekomendasi Tempat Wisata beserta Biaya Liburannya

Seiring melandainya kasus Covid-19, sejumlah negara melonggarkan akses keluar masuk bagi wisatawan. Tak terkecuali negara-negara di Asia Tenggara (ASEAN), seperti Malaysia.

Pemerintah Malaysia telah membuka seluruh akses bagi wisatawan yang ingin berlibur ke Negeri Jiran per 1 April 2022. Kebijakan ini dilakukan sebagai langkah Malaysia memulai transisi pandemi menjadi fase endemi Covid-19.

Pelancong yang sudah mendapat vaksinasi Covid-19 lengkap dan booster bisa bepergian dengan leluasa tanpa harus menjalani karantina. Meski demikian, kamu tetap harus mengikuti aturan atau syarat yang diberlakukan pemerintah Malaysia.

Baca Juga: 9 Tips Cerdas Menikmati Liburan dengan Budget Minim

Bingung cari asuransi perjalanan Covid terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Perjalanan Covid Sekarang!  

Syarat Masuk Malaysia

Syarat perjalanan atau liburan ke Malaysia, seperti dilansir dari laman resmi Malaysia Tourism Promotion Board, badan pariwisata yang dinaungi Kementerian Pariwisata, Seni dan Budaya Malaysia, antara lain:

  • Memiliki dokumen lengkap dan valid
  • Mengunduh dan mengaktifkan aplikasi pelacakan kontak MySejahtera di ponsel (seperti Peduli Lindungi di Indonesia)
  • Mengisi formulir pra-keberangkatan lewat aplikasi MySejahtera pada menu atau ikon “Traveller”
  • Verifikasi sertifikat vaksin Covid-19 digital kamu di gov.my (untuk sertifikat digital Covid-19 yang diterbitkan di luar negeri)
  • Melakukan tes RT-PCR Covid-19 dua hari sebelum keberangkatan
  • Membeli asuransi perjalanan Covid-19 dari Indonesia (untuk wisatawan asing jangka pendek)
  • Melakukan RTK-Ag (Rapid Test Kit-Antigen) dalam waktu 24 jam setelah tiba di Malaysia
  • Wajib karantina selama 5 hari untuk pelancong yang belum vaksinasi lengkap atau tidak divaksinasi
  • Anak-anak dan remaja usia 12-17 tahun boleh masuk tanpa karantina dan hanya perlu RTK-Ag Covid-19 yang dikelola secara profesional dalam waktu 24 jam setelah tiba di Malaysia
  • Anak-anak usia 6 tahun ke bawah bebas dari tes RTK-Ag saat kedatangan.

Untuk informasi lengkap mengenai syarat masuk Malaysia, dapat mengunjungi website mysavetravel.gov.my.

Aturan Asuransi Perjalanan Covid-19 di Malaysia

Seluruh pelancong asing dengan perjalanan jangka waktu pendek wajib memiliki asuransi perjalanan Covid-19 untuk biaya medis dan rawat inap di Malaysia terkait Covid-19. Asuransi Covid-19 ini harus memberi manfaat uang pertanggungan minimal USD 20 ribu atau sekitar Rp 286 juta (kurs Rp 14.300).

Asuransi perjalanan Covid-19 harus dibeli sebelum meluncur ke Malaysia. Baik dari perusahaan asuransi yang berbasis di Malaysia atau luar negeri. Akan tetapi, asuransi ini tidak wajib bagi pelancong dengan kategori berikut:

  • Warga Malaysia
  • Long Term Social Pass
  • Expatriates Pass
  • Student Pass
  • Study Pass
  • Resident Pass
  • Permanent Resident Pass
  • Pasangan warga negara Malaysia
  • Anak warna negara Malaysia
  • Tenaga Kerja Asing
  • Malaysia My Second Home (MM2H).

Baca Juga: 4 Tips Liburan Hemat Menggunakan Kartu Kredit

Rekomendasi Tempat Wisata di Malaysia

Ini daftar tempat wisata di Malaysia yang wajib dikunjungi:

1. LegoLand

LegoLand bisa dibilang dunianya permainan lego. Salah satu tempat wisata di Malaysia yang wajib kamu kunjungi.

Memiliki luas area yang setara dengan 50 lapangan sepakbola, LegoLandberisi lebih dari 15 ribu model permainan lego yang terbuat dari 60 juta lebih batu bata lego.

Harga tiket taman bermain ini mulai dari RM89 sampai RM313 untuk orang dewasa. Dan anak-anak mulai dari RM69 hingga RM259. Untuk anak di bawah usia 3 tahun gratis.

2. Menara Kembar

Menara Kembar Petronas adalah salah satu ikon negara Malaysia yang cukup populer. Tidak afdol rasanya, jika berkunjung ke Negeri Jiran tanpa berfoto di menara ini.

Kamu dapat menikmati pemandangan Kota Kuala Lumpur dengan harga tiket RM80 (non-MyKad) dan RM28 (MyKad) untuk dewasa usia 13-60 tahun. Anak-anak usia 3-12 tahun dikenakan RM33 (tanpa MyKad) dan RM14 (MyKad).

Sedangkan bagi lansia berusia 61 tahun ke atas, harga tiket masuknya RM42 (non-MyKad) dan RM14 (MyKad). Gratis untuk anak di bawah 2 tahun. Sekadar informasi, MyKad adalah kartu tanda penduduk Malaysia.

Untuk jam operasional, setiap Selasa-Minggu pukul 10.00-18.00 waktu setempat. Kunjungan terakhir ditutup pukul 17.30. Jangan datang pas hari Senin, karena libur.

3. Bukit Bintang

loader
Bukit Bintang, Malaysia

Bukit Bintang harus masuk dalam daftar liburanmu di Malaysia. Tempat surganya belanja yang menjual aneka barang dari harga murah sampai yang mahal dan bermerek.

Sangat pas untuk membeli oleh-oleh atau mencari barang pesanan jastip. Kalau lapar menghinggap, tinggal makan di warung pinggir jalan atau restoran bintang lima di sekitar Bukit Bintang. 

4. Kuil Kek Lok Si

Berlokasi di Penang, Kuil Kek Lok Si adalah salah satu kompleks kuil terbesar di Asia Tenggara. Kamu bisa melihat jutaan gambar Budha, ratusan ukiran, pahatan, dan murah yang indah serta penuh makna di bagian dalam maupun luar kuil.

Kuil Kek Lok Si yang dibangun sejak 1891 menjadi pusat kebudayaan Tiongkok dan ajaran Budha. Harga tiket masuk wihara ini sekitar RM2.

5. Langkawi Cable Car

Langkawi Cable Car adalah tempat wisata Malaysia yang terletak di pantai barat pulau utama, Langkawi. Menawarkan pengalaman berbeda dengan menaiki gondola di ketinggian 709 meter di atas permukaan laut.

Menuju ke tempat wisata ini, cukup berkendara selama 20 menit dari Bandara Internasional Langkawi. Harga tiket masuk untuk paket kombo skycab, skydome, skyrex, dan 3D ART Langkawi, dibanderol RM85 untuk orang dewasa dan anak-anak RM65 (turis asing). Sementara wisatawan lokal, dewasa RM43 dan anak-anak RM33.  

6. Batu Caves (Gua Batu)

View this post on Instagram

A post shared by batucave (@batucaves)

Batu Caves adalah tempat wisata bukit kapur yang sering dikunjungi wisatawan. Menarik, karena ada patung Dewa Murugan berlapis emas dengan tinggi 42,7 meter.

Bukit ini memiliki puncak. Untuk mencapainya, kamu harus menaiki 272 anak tangga. Tak jarang, kamu akan menjumpai gerombolan monyet berkeliaran dalam perjalanan.

Begitu sudah sampai di puncak, ada gua-gua yang bisa kamu jelajahi. Tak perlu membayar untuk masuk ke kawasan wisata Batu Caves.

7. Pulau Redang

Pulau Redang terletak sekitar 45 km di lepas pantai Terengganu. Taman laut ini berisi ratusan spesies karang, ribuan spesies laut warna warni.

Pulau ini menawarkan 31 spot menyelam keren, di antaranya dua bangkai kapal perang dunia II dan taman karang hitam. Untuk masuk ke Pulau Redang, harga tiketnya RM40 di hari biasa dan hari libur. 

8. Genting Highland

Genting Highland disebut juga Tanah Tinggi Genting karena berada pada 2.000 meter di atas permukaan laut. Lokasinya berada di perbatasan negara bagian Pahang dan Selangor yang menawarkan wisata kuliner, permainan, sampai kasino legal. Harga tiket masuk Genting Highland sekitar RM8.

9. Melaka River Cruise

Melaka River Cruise menawarkan sensasi berbeda untuk menikmati pemandangan Kota Melaka dengan menaiki kapal wisata dan menyusuri sungai. Jam operasional tempat wisata ini setiap hari mulai pukul 09.00 sampai 23.00 waktu setempat.

Untuk harga tiketnya, wisatawan asing (non-MyKad) dipungut RM30 bagi orang dewasa usia 12 tahun ke atas dan anak-anak usia 2-12 tahun RM25. Wisatawan lokal (MyKad) dewasa dibanderol seharga RM25, anak-anak RM15, penyandang disabilitas dewasa RM15, penyandang disabilitas anak-anak RM10, pelajar RM20, lansia warga Malaysia usia 60 tahun ke atas RM20, serta lansia usia 70 tahun ke atas RM10.

Untuk sewa kapal kapasitas 40 penumpang, dikenakan tarif sebesar RM1.000. Sementara anak-anak di bawah 2 tahun gratis.

10. Masjid Putra, Putrajaya

Di kawasan Putrajaya, ada merah muda berdiri kokoh yang menjadi daya tarik wisatawan. Adalah Masjid Putra, merupakan salah satu bangunan paling menonjol di Kota Putrajaya.

Masjid ini berada di bibir danau Putrajawa. Selain untuk menunaikan shalat, kamu bisa menyusuri danau dengan menyewa perahu seharga RM10.

Baca Juga: Cara Merencanakan Liburan Sendiri Tanpa Beban

Biaya Liburan ke Malaysia

loader
Biaya liburan ke Malaysia

Bagi kamu yang sudah bolak balik ke Malaysia, mungkin sudah tahu berapa bujet liburan ke sana. Tetapi untuk yang baru pertama kali, berikut estimasi biaya liburan sendiri ke Malaysia untuk 3 hari 2 malam:

  • Tiket Pergi Jakarta-Malaysia (AirAsia tanpa promo) = Rp 989.000
  • Tiket Pulang Malaysia-Jakarta (AirAsia tanpa promo) = Rp 1.046.258
  • Asuransi perjalanan Covid-19 = Rp 121.000 (uang pertanggungan hingga Rp 1,5 miliar)
  • Biaya tes PCR di Indonesia = Rp 275.000
  • Biaya tes RT-Ag saat kedatangan di Malaysia = RM29 atau sekitar Rp 98.600 (kurs Rp 3.400 per RM)
  • Hotel dormitory room di Chinatown, KL = Rp 70.328 x 2 malam = Rp 140.656
  • Paket internet roaming (Telkomsel masa berlaku 30 hari) = Rp 350.000
  • BujetBujetBujet makan dan jajan = Rp 50.000 x 9 kali makan selama 3 hari = Rp 630.000
  • Bujet transportasi KL TravelPass Return (unlimited naik LRT, MRT, monorail selama 2 hari PP) = RM120 atau sekitar Rp 408.000
  • Biaya masuk tempat wisata (pilih yang paling menarik dan tidak terlalu mahal)
  • Lengkawi Cable Car Paket Combo = RM85 atau sekitar Rp 289.000
  • Melaka River Cruise = RM30 atau sekitar Rp 102.000
  • Sisanya kunjungi tempat wisata gratisan
  • Bujet beli oleh-oleh = Rp 300.000
  • Biaya tes PCR di Malaysia untuk pulang ke Indonesia = RM98 atau sekitar Rp 333.200.
  • Total estimasi biaya liburan ke Malaysia 3 hari 2 malam = Rp 5.082.714.

Catatan: Estimasi hanyalah perkiraan. Total biaya liburan di atas dapat lebih rendah bila kamu dapat menghematnya, seperti mencari tiket pesawat promo, dan lainnya.

Hal Yang Boleh dan Tidak saat Liburan ke Malaysia

Liburan memang menyenangkan, tetapi harus tahu tempat. Kamu sedang berada di negara orang yang memiliki adat istiadat dan budaya berbeda. Jadi, penting untuk mengetahui hal yang boleh dan tidak untuk dilakukan saat plesiran di Malaysia.

Hal yang boleh dilakukan ketika liburan ke Malaysia:

  • Selalu melepas alas kaki setiap memasuki masjid, kuil, atau rumah orang Malaysia
  • Menggunakan tangan kanan untuk makan dan menerima sesuatu, walaupun kamu kidal sekalipun
  • Berdandan dan berpenampilan baik dan sopan. Jangan mengumbar aurat, seperti bahu, pusar, atau perut. Untuk wanita, gunakan rok atau celana panjang sampai bawah lutut ketika bepergian
  • Boleh sendawa setelah makan. Ini menunjukkan pujian atau penghargaan kepada orang yang memasak bahwa kamu menikmati makanannya dan menganggak makanannya enak
  • Lepaskan topi, peci, dan penutup kepala saat memasuki tempat-tempat keagamaan sebagai tanda hormat
  • Berdiri saat biksu atau biksuni masuk untuk menunjukkan rasa hormat kamu
  • Menerapkan protokol kesehatan, seperti memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

Hal yang tidak boleh dilakukan atau dilarang saat liburan ke Malaysia:

  • Tidak bermesraan di depan umum, seperti berciuman dan berpelukan karena Malaysia merupakan negara dengan mayoritas penduduk muslim
  • Tidak menggunakan obat-obatan terlarang
  • Tidak menjabat tangan lawan jenis yang bukan muhrim. Pria tidak boleh menyentuh wanita, kecuali wanita yang memulai jabat tangan
  • Tidak berjemur atau berenang dalam keadaan telanjang atau topless
  • Tidak mengonsumsi minuman beralkohol. Atau tidak menawarkan orang Malaysia minuman beralkohol, kecuali jika mereka yang meminta
  • Dilarang menunjuk dengan jari telunjuk karena dianggap tidak sopan. Ganti dengan menggunakan ibu jari kanan dengan keempat jari terlipat di bawahnya
  • Tidak meletakkan tangan di atas kepala orang Malaysia karena mereka menganggap bagian atas kepala sebagai bagian penting dari tubuh.

Ajukan Asuransi Perjalanan Covid-19 di Sini

Saat ini, asuransi perjalanan Covid-19 menjadi salah satu syarat untuk masuk ke sebuah negara, termasuk Malaysia. Mengingat virus corona belum musnah dari muka bumi, sehingga masih ada potensi penularan yang harus dihindari.

Maka dari itu, kamu bisa membeli asuransi perjalanan yang menanggung biaya pengobatan dan rawat inap akibat Covid-19 di luar negeri sebagai langkah proteksi.

Ajukan asuransi perjalanan Covid-19 secara online melalui marketplace produk keuangan Cermati.com untuk mendapatkan produk terbaik sesuai kebutuhan serta kondisi keuangan.

Baca Juga: Rekomendasi Asuransi Perjalanan Terbaik dan Tips Liburan Aman 2022