Mengenal Jenis-Jenis Asuransi Kesehatan di Indonesia yang Bisa Kamu Pilih Sesuai Kebutuhan

Asuransi kesehatan telah menjadi suatu kebutuhan yang makin mendesak seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya perlindungan finansial dalam menghadapi biaya perawatan kesehatan yang terus meningkat. 

Di Indonesia sendiri, berbagai jenis asuransi kesehatan ditawarkan oleh perusahaan-perusahaan asuransi ternama, tentunya ini mencakup beragam manfaat dan pilihan

Dalam artikel ini, Cermati.com akan sedikit membahas tentang jenis-jenis asuransi kesehatan yang umum di Indonesia supaya bisa kamu pilih sesuai kebutuhan.

Berbagai Jenis Asuransi Kesehatan di Indonesia

Di bawah ini adalah berbagai jenis asuransi kesehatan yang terbagi berdasarkan kategorinya masing-masing:

Asuransi Kesehatan Berdasarkan Jenis Perawatan

loader

No Jenis Asuransi Kesehatan Nama Lain/Sebutan
1 Asuransi Kesehatan Rawat Inap Inpatient Insurance
2 Asuransi Kesehatan Rawat Jalan Outpatient Insurance

1. Asuransi Kesehatan Rawat Inap (Inpatient Insurance)

Asuransi kesehatan rawat inap berfokus pada pembiayaan dan manfaat perawatan kesehatan ketika peserta harus dirawat (opname) di rumah sakit. Perawatan ini mencakup biaya rawat inap, perawatan intensif, dan pemeriksaan medis selama masa perawatan di rumah sakit. 

Asuransi kesehatan rawat inap memastikan manfaat penggantian seluruh atau sebagian biaya rumah sakit yang harus dibayarkan oleh tertanggung selama berada di rumah sakit akan ditanggung oleh pihak asuransi sesuai dengan ketentuan di dalam polis. 

2. Asuransi Kesehatan Rawat Jalan (Outpatient Insurance)

Asuransi kesehatan rawat jalan memberikan pembiayaan terhadap biaya pengobatan dan perawatan kesehatan di luar rumah sakit kepada pihak tertanggung. Biaya dan perawatan ini meliputi berbagai jenis pelayanan kesehatan, seperti kunjungan ke dokter, pembelian obat-obatan, pemeriksaan laboratorium, konsultasi rawat jalan, sampai perawatan kesehatan lainnya yang tidak memerlukan rawat inap di rumah sakit.

Jumlah pembiayaan dan manfaat ganti rugi pada asuransi rawat jalan juga tentunya beragam sesuai dengan ketentuan polis yang dimiliki oleh tertanggung

Asuransi Kesehatan Berdasarkan Jumlah Tertanggung

loader

No Jenis Asuransi Kesehatan Nama Lain/Sebutan
1 Asuransi Kesehatan Individu Individual or Personal Health Insurance
2 Asuransi Kesehatan Kelompok Group Health Insurance

1. Asuransi Kesehatan Individu (Individual or Personal Health Insurance)

Asuransi kesehatan individu memberikan manfaat perlindungan terhadap 1 orang (individu) tertanggung saja sesuai dengan syarat dan ketentuan di dalam polis yang berlaku. Cakupan perlindungan dan manfaat yang terdapat pada polis asuransi kesehatan individu ini hanya berlaku untuk 1 tertanggung saja atau biasa disebut sebagai premi pribadi.

Pada jenis asuransi ini, pemegang polis atau tertanggung juga bisa membayar biaya premi sendiri dari polis asuransi yang dipilih dengan berbagai fleksibilitas, serta tambahan manfaat sesuai kebutuhan pribadi.

2. Asuransi Kesehatan Kelompok (Group Health Insurance)

Asuransi kesehatan kelompok memberikan manfaat perlindungan terhadap kelompok tertentu atau lebih dari 1 orang tertanggung sesuai dengan syarat dan ketentuan di dalam polis. Pada jenis asuransi ini, cakupan perlindungan dan manfaat pada polis asuransi dapat menjangkau seluruh anggota dalam kelompok tersebut.

Secara umum, berbagai jenis kelompok yang sering ditemui, seperti keluarga, karyawan perusahaan, atau anggota dalam suatu organisasi. Seluruh anggota kelompok dapat memanfaatkan manfaat asuransi sesuai ketentuan polis yang berlaku dan biaya premi dapat dibayarkan oleh pemegang polis atau dibagi rata sesuai dengan jumlah anggota dalam kelompok tersebut.

Misalnya, kepala keluarga (Ayah) sebagai pemegang polis yang membayarkan premi asuransi untuk keluarganya atau perusahaan asuransi yang membayarkan premi asuransi untuk polis para karyawannya.

Asuransi Kesehatan Berdasarkan Nilai Tunainya

loader

No Jenis Asuransi Kesehatan Nama Lain/Sebutan
1 Asuransi Kesehatan Tradisional Traditional Health Insurance
2 Asuransi Kesehatan Unit Link Unit Link Health Insurance

1. Asuransi Kesehatan Tradisional (Traditional Health Insurance)

Dalam asuransi kesehatan tradisional, seluruh alokasi premi yang dibayarkan hanya difokuskan pada manfaat perlindungan terkait biaya perawatan medis saja tanpa adanya nilai tunai tambahan (premi murni). Asuransi jenis ini juga biasa disebut sebagai asuransi kesehatan murni karena alokasi premi yang seluruhnya murni mempengaruhi besaran uang pertanggungan.

Pada asuransi ini, premi yang dibayarkan oleh pemegang polis untuk tertanggung tidak memiliki nilai tunai atau nilai investasi terkait. Maka, pembayaran klaim bisa dibayarkan secara penuh dengan uang pertanggungan yang lebih besar. 

2. Asuransi Kesehatan Unit Link (Unit Link Health Insurance)

Pada asuransi kesehatan unit link, premi yang dibayarkan akan dialokasikan ke beberapa tempat, yaitu untuk manfaat perlindungan (premi murni) dan satu lagi untuk investasi melalui nilai tunai. Nilai tunai yang dialokasikan dari sebagian pembayaran premi inilah yang kemudian akan dikelola oleh manajer investasi untuk diinvestasikan ke berbagai instrumen investasi.

Salah satu keunggulan asuransi unit link adalah adanya potensi imbal hasil yang kompetitif dalam jangka panjang dari nilai tunai yang dikelola dan diinvestasikan. Meskipun begitu, potensi imbal ini juga tergantung pada kondisi pasar dan profil risiko masing-masing tertanggung atau pemegang polis.

Lalu, karena sebagian biaya premi dialokasikan ke nilai tunai, hal ini akan berpengaruh ke besaran uang pertanggungan dan manfaat perlindungan pada polis asuransi saat pembayaran klaim dilakukan.

Asuransi Kesehatan Berdasarkan Jenis Pembayarannya

loader

No Jenis Asuransi Kesehatan Nama Lain/Sebutan
1 Asuransi Kesehatan Cashless Cashless Health Insurance
2 Asuransi Kesehatan Reimbursement Reimbursement Health Insurance

1. Asuransi Kesehatan Cashless (Cashless Health Insurance)

Asuransi kesehatan cashless merupakan jenis asuransi kesehatan yang memungkinkan tertanggung untuk
menerima perawatan medis di rumah sakit atau fasilitas kesehatan tanpa membayar secara langsung di muka.

Cara kerjanya, pemegang polis hanya perlu menunjukkan kartu asuransi atau memberikan informasi keanggotaan untuk memperoleh pelayanan kesehatan tanpa membayar secara langsung. Tertanggung tidak perlu menalangi biaya perawatan atau berobat dari uang pribadi dan akan dibayarkan langsung sesuai ketentuan dalam polis oleh pihak asuransi.

Biasanya, pihak asuransi akan memberikan informasi tentang rumah sakit atau fasilitas kesehatan mana saja yang tergabung dalam jaringan pihak asuransi.

2. Asuransi Kesehatan Reimbursement (Reimbursement Health Insurance)

Asuransi kesehatan reimbursement merupakan jenis asuransi dengan tertanggung membayarkan sendiri biaya perawatan kesehatan terlebih dahulu dan kemudian mengajukan klaim untuk mendapatkan penggantian biaya dari pihak asuransi. 

Tertanggung kemudian baru akan menerima penggantian atau ganti rugi setelah klaimnya disetujui sesuai dengan ketentuan polis.

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!
Pilih Jenis Perlindungan
Pilih Jenis Kelamin
Pilih Tanggal Lahir
Pilih Bulan Lahir
Pilih Tahun Lahir
Pilih Tipe Asuransi

Kriteria Penting dalam Memilih Asuransi Kesehatan Berdasarkan Jenis

Memilih asuransi kesehatan berdasarkan jenisnya tidak bisa sembarangan, ada beberapa kriteria penting yang secara umum bisa kamu pertimbangkan seperti:

1. Cakupan Polis yang Sesuai

Pastikan polis asuransi kesehatan mencakup layanan dan perlindungan yang sesuai dengan kebutuhan kesehatan kamu.

2. Batasan Usia dan Jangka Waktu Pembebasan Premi

Perhatikan batas usia masuk dan pembebasan premi yang mungkin berlaku untuk memastikan keberlanjutan perlindungan sesuai dengan manfaat dan alokasi pembayaran premi yang diinginkan.

3. Manfaat Tambahan yang Diberikan

Tinjau manfaat tambahan seperti pemeriksaan kesehatan berkala, konsultasi dokter, atau program kesehatan lainnya yang ditawarkan oleh polis asuransi.

4. Ketentuan Prakondisi

Jika kamu memiliki kondisi kesehatan tertentu, pastikan untuk memahami ketentuan prakondisi dan manfaat yang dapat diterima sesuai dengan ekspektasi dan manfaat perlindungan yang diinginkan.

Rencanakan dan Pilih Jenis Asuransi Kesehatan Sesuai Kebutuhan

Memilih asuransi kesehatan terbaik dan sesuai dengan jenis kebutuhan kamu adalah langkah penting dalam merencanakan perlindungan finansial dan kesehatan jangka panjang. 

Dengan memahami berbagai jenis asuransi kesehatan yang tersedia di Indonesia, kamu memiliki fleksibilitas untuk menyesuaikan perlindungan sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Penting untuk membaca dengan cermat syarat dan ketentuan setiap polis, serta berkonsultasi dengan agen asuransi untuk memastikan pemahaman yang mendalam sebelum membuat keputusan akhir. Dengan memilih asuransi kesehatan yang tepat, kamu dan keluarga dapat menjalani hidup dengan lebih tenang.