Asuransi TLO untuk Mobil Bekas? Simak Untung Ruginya

Jangan pernah menyangka, bahwa asuransi kendaraan hanya dikhususkan untuk mobil keluaran terbaru dari dealer saja. Kamu pun bisa menggunakan jasa dari perusahaan asuransi kendaraan terbaik untuk kendaraan bekas jika memang menghendakinya. 

Memutuskan untuk membeli suatu produk asuransi kendaraan pada mobil second bisa jadi pilihan paling bijak. Pasalnya, kita hidup di dunia yang serba tak menentu. 

Banyak hal yang bisa terjadi sehingga menggunakan asuransi khusus untuk mobil bekas memang pantas untuk dipertimbangkan dengan sebaik mungkin. Salah satu jenis asuransi mobil yang sering direkomendasikan untuk mobil bekas adalah jenis asuransi TLO. 

Lantas apa itu asuransi TLO dan seperti apa untung ruginya untuk mobil bekas? Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Bingung cari asuransi mobil terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!
Pilih Tahun Kendaraan
Pilih Merek Mobil
Pilih Model Mobil
Pilih Tipe Mobil
Pilih Plat Kendaraan
Pilih Tipe Asuransi
 

Sekilas tentang Asuransi TLO

loader

Sebagaimana namanya Total Loss Only, jenis asuransi ini memberikan jaminan perlindungan atas kerugian total atau keseluruhan. Dimana, pertanggungan asuransi akan berlaku ketika kerusakan atau kerugian yang terjadi berskala besar. 

Misalnya kerusakan akibat kecelakaan yang mengakibatkan kerusakan parah hingga 75% lebih atau hilang karena tindak kriminal dan tak ditemukan lebih dari 60 hari sejak kasus dilaporkan.

Bisa dikatakan, perusahaan asuransi baru akan memberikan pertanggungan jika mobil bekas milik kita hilang dicuri atau mengalami kerusakan parah minimal 75 %. Tentunya, harus sesuai ketentuan yang tertulis dalam polis asuransi yang disepakati.   

Untuk besaran premi untuk jenis asuransi TLO sendiri memang jauh lebih murah dibanding jenis asuransi All Risk. Ini karena dalam asuransi TLO ada ketentuan minimal untuk skala kerusakan pada kendaraan. Belum lagi ada sejumlah syarat-syarat dan ketentuan tertentu yang harus dipenuhi.

Sementara untuk asuransi All Risk pertanggungan yang diberikan umumnya mencakup kerusakan kecil hingga berat. Termasuk lecet pada body mobil, kerusakan akibat pencurian dan lain sebagainya sesuai kesepakatan dalam polis asuransi.

Baca Juga: Pilih Asuransi Kendaraan Online dengan 4 Tips Ini agar Tak Kecewa

Kelebihan dan Kekurangan Asuransi TLO untuk Mobil Bekas

loader

Jika dilihat lebih detail, asuransi jenis TLO memang dianggap lebih sempurna untuk kendaraan bekas. Namun ternyata, asuransi satu ini juga memiliki kelebihan sekaligus kekurangan tersendiri jika digunakan sebagai proteksi mobil bekas. 

Berikut beberapa di antaranya yang bisa kamu jadikan bahan pertimbangan. 

Kelebihan asuransi TLO untuk mobil bekas

  • Memberi proteksi secara maksimal dari berbagai risiko

Tujuan utama dari asuransi kendaraan adalah memberi proteksi khusus. Dengan kata lain, asuransi untuk mobil bekas ini memiliki tujuan antisipatif bila terjadi hal-hal di luar kendali, seperti risiko kehilangan ataupun kerusakan fatal akibat kecelakaan di jalan. 

  • Kendaraan bekas pakai lebih rentan mengalami kerusakan

Mobil yang usianya sudah menginjak lebih dari 5 tahun apalagi memiliki jarak tempuh cukup jauh, tentu berpotensi mengalami lebih banyak masalah. Mulai dari segi kualitas mesin hingga lain sebagainya. 

  • Berperan dalam kestabilan finansial pemilik kendaraan

Maksud dari pernyataan di atas adalah asuransi bisa membantu kamu, setiap pemilik kendaraan bekas supaya lebih mudah mengontrol kestabilan finansial. Pasalnya, biaya yang harus dikeluarkan untuk kendaraan bekas yang hilang maupun rusak sangat besar. 

Baca Juga:  Mau Beli Mobil? Biar Tidak Rugi Ketahui Dulu Apa Itu Depresiasi Mobil Berikut Ini

Kekurangan asuransi TLO untuk mobil bekas

  • Proses pengajuan klaim asuransi TLO tergolong rumit

Ketahuilah, proses pengajuan klaim atas asuransi mobil bekas cenderung lebih panjang dan memakan waktu yang tak sebentar jika dibandingkan dengan asuransi mobil jenis baru. Sebab, asuransi TLO untuk mobil bekas membutuhkan appraisal dan survei demi mendapatkan penilaian yang tepat. 

  • Premi yang ditawarkan cenderung lebih mahal

Mengingat risiko yang jauh lebih besar, tak heran jika premi asuransi TLO pada mobil bekas cenderung lebih mahal jika dibandingkan dengan premi asuransi untuk mobil baru. Apalagi ada tambahan biaya loading yang berdasarkan pada usia kendaraan. 

Semakin tua usia kendaraan yang kamu miliki, tentu risikonya pun semakin besar. Dengan demikian, peluang terjadinya kerusakan pun juga kian besar. 

Itulah sebabnya, perusahaan asuransi kerap membebankan biaya loading yang berkisar antara 5-10% pada mobil bekas.

  • Tidak menanggung kerusakan ringan

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, kerusakan yang ditanggung dalam asuransi ini minimal 75% dari total nilai kendaraan. Sehingga, ketika mobil mengalami kerusakan ringan, seperti lecet atau mesin macet di jalan, maka klaim tidak akan disetujui.

  • Tidak memberikan ganti 100% saat terjadi kehilangan

Siapa sih yang mau mobilnya hilang dicuri orang yang tidak bertanggung jawab? Makanya kita memilih asuransi untuk memberikan perlindungan terhadap risiko semacam itu, bukan? 

Tapi sayangnya, pihak asuransi tidak akan memberikan ganti rugi 100% senilai kendaraan tersebut ketika terjadi kehilangan. Banyak alasannya, mulai dari nilai kendaraan yang merosot tiap tahun, kerusakan pada mesin mobil dan banyak lagi.

Umumnya, ganti rugi atas kehilangan hanya akan diberikan sekitar 80% dari nilai kendaraan. 

Pahami Manfaatnya dan Temukan Apa Saja Kelemahannya, baru Putuskan 

Kini sudah tahu apa saja manfaat dan kerugian dari penggunan asuransi TLO untuk mobil bekas, bukan? Nah, ini bisa jadi bahan pertimbangan sebelum memutuskan untuk membeli asuransi TLO untuk mobil bekas. 

Pahamilah bahwa keberadaan asuransi semacam ini sangat penting untuk melindungi diri dari berbagai risiko yang terjadi ketika berkendara. Tapi pahami juga apa kekurangannya, agar tidak menyesal dikemudian hari.

Baca Juga: Tips Mudah Klaim Asuransi Mobil Tanpa Adanya Penolakan