Bakal Jadi Tren Hiburan Berikutnya, Ini Dia 15 Channel Podcast yang Millenial Wajib Tau!

Sekarang ada jenis hiburan baru lagi yang bisa jadi alternatif baru untuk menghilangkan penat kamu. Podcast juga sudah menjadi salah satu hiburan yang bisa dinikmati secara online, kapanpun dan dimanapun.

Walaupun belum seheboh Youtube saat ini, tapi untuk dikalangan generasi millenial Podcast belum tentu selalu menjadi pilihan kedua. Mengutamakan audio sebagai komponen utama dari kontennya, Podcast memiliki kesamaan seperti layaknya mendengarkan radio.

Podcast sendiri memiliki pengertian sebagai serial dari audio digital dimana pendengarnya bisa mengunduh setiap episodenya untuk didengar lagi kapan saja, kalau istilah jaman sekarang ‘radio zaman now’. Seperti Youtube, konten Podcast bisa distreaming secara gratis selama pengguna memiliki data atau koneksi ke internet.

Karena jenis-jenis konten yang dihadirkan di Podcast sudah sangat banyak, tentu akan sedikit sulit memilih Podcast mana yang kontennya cocok untuk kamu dengarkan. Nah, untuk mempermudah hal itu, berikut beberapa rekomendasi akun Podcast yang bisa jadi pilihan untuk didengarakan terutama untuk kamu para milenial:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Box2Box

Bagi yang suka dengan bola, maka channel podcast satu ini cocok untuk didengarkan. Box2Box memberikan konten-konten yang membahas tentang dunia persepakbolaan, mulai dari tim hingga para pemainnya.

Dibawakan oleh Pangeran Siahaan, Justin Lhaksana dan Tio Prasetyo, Box2Box akan membahas persoalan dunia persepakbolaan secara gamblang dan terbuka. Seperti layaknya berdiskusi dengan teman sendiri, kamu bisa merasa tersinggung, kesal hingga tertawa terbahak-bahak ketika mendengarkan channel podcast satu ini.

2. Asumsi Bersuara

Asumsi Bersuara merupakan channel podcast yang kontennya lebih banyak memberatkan kearah informatif mengenai setiap tema yang dipilih. Yep Asumsi Bersuara memiliki tema-tema khusus yang sedang tren untuk dibahas disetiap episodenya, tapi kebanyakan dari episode tersebut memiliki kaitan erat dengan pembahasan politik baik di Indonesia atau secara internasional.

Kelebihan lainnya adalah, Asumsi Bersuara diisi oleh narasumber-narasumber berkualitas yang memang jago di bidang-bidangnya masing-masing sebagai bintang tamu di setiap episodenya. Jadi untuk kamu yang tertarik dengan politik, current affairs dan kultur pop bisa mendengarkan channel podcast satu ini.

Baca Juga: Tips Seru Membuat Konten di IGTV

3. PORD (Podcast Raditya Dika)

Dengan host utama yang merupakan penulis dan comic kondang di Indonesia, Raditya Dika tidak hanya memberikan lelucon jenaka di channel podcastnya, tapi juga ilmu dan inspirasi baru. Raditya juga sering menceritakan hal-hal yang dianggap bisa memotivasi kepada para pendengarnya yang biasnya berasal dari pengalaman pribadinya. Ringan tapi penuh inspirasi, PORD adalah pilihan tepat untuk didengar ketika lagi galau.

4. Ibu-Ibu Yakult

Dibawakan oleh Marchella FP dan Mayu, Podcast ini menyajikan opini dan pengalaman pribadi mereka sebagai bahan utama konten dari channel ini. Biasanya diskusi yang sering dibawakan memiliki banyak kaitan dengan  self-development, karir, drama hingga beberapa cerita jenaka yang bisa bikin tertawa. Diselingi jokes-jokes nyeleneh dari pada pembawa acaranya Podcast ini cocok dinikmati ketika kamu sedang merasa jenuh.

5. Kejar Paket Pintar

Channel Podcast ini memang bisa dikatakan memiliki konten yang cukup random, tapi random yang berkualitas. Dibawakan oleh  Laila Achmad dan Dara Hanafi, Kerja Paket Pintar membahas hal-hal menarik tentang kultur pop, fenomena sosial, ilmu pengetahuan, perilaku manusia, politik, buku, musik, film, gender issues hingga topik alay seperti patah hati karena ditolak balikan sama mantan.

Highlite dari channel ini adalah menginspirasi para pendengarnya dengan cara yang asik dan jenaka.

6. Suarane Podcast

Sama seperti channel Podcast pada umumnya, Suarane biasanya berisi dengan diskusi toping yang random dan terkadang terkesan tidak penting. Tapi karena yang dibahas benar-benar berdasarkan pengalaman pribadi membuat setiap pendengarnya tertarik untuk mendengarkan ocehan Hostnya yaitu Rane Hafied sampai akhir.

Biasnya untuk membuat konten lebih menarik Rane juga turut melakukan wawancara dengan beberapa orang, membahas berbagai topik menarik yang sedang terjadi dengan para guestnya sehingga tidak hanya dapat ilmu baru tapi juga menghibur.

7. Podcast Subjective

Isi konten utama dari Podcast ini berupa opini secara subjektif dari si Host Iqbal Hariadi. Iqbal akan membahas topik-topik yang dikirim oleh pendengarnya dan akan menyampaikan opininya secara detail mengenai topik tersebut. Kamu bahkan bisa mengirimkan permasalahan pribadi jika memang sedang butuh saran dari sisi yang berbeda untuk penyelesaian masalah kamu melalui Podcast ini.

Selain itu, Subjective juga membahas masalah dan berbagai keresahan yang sering muncul di kalangan para milenial seperti karir sampai percintaan juga membuka diskusi produktif yang bisa membuat orang-orang belajar hal baru.

Baca Juga: Jadi Rival Baru Spotify, Google Luncurkan Youtube Premium dan Youtube Music

8. Podcast Bercanda

Dibawakan oleh Hersal dan Anjas, Podcast Bercanda biasanya membahas hal-hal random. Kedua host nya pun tidak segan untuk menggunakan bahasa agak ‘kasar’ dalam menyampaikan opininya. Namun, meskipun sekilas terdengar ‘remeh’ tapi sebenarnya topik yang dibahas di Podcast ini cukup menarik bahkan ada yang terbilang serius seperti politik. Tapi pembawaan nyeleneh para Hostnya lah yang membuat pembahasan topik ini menjadi menarik, ringan, dan kocak.

9. Rapot

Rapot juga merupakan channel Podcast kesekian yang bisa dikatakan menghadirkan konten yang kebanyakan terdiri dari cerita kehidupan sehari-hari. Di bawakan oleh Reza, Anka, Radhini dan Abigail. Rapot memiliki format lebih seperti obrolan ringan antar teman daripada sebuah diskusi.

10. Baper (Bacotan Pria)

Baper biasanya membahas tentang hal yang sedang tren dikalangan baik para remaja hingga para millenials saat ini. dibawakan oleh Enol dan Andre, Baper biasanya membahas tentang sudut pandang orang-orang terhadap topik yang sedang dibahas, baik dari pro atau kontra atau dari sisi positif atau negatifnya.

11. Muda Cuma Sekali

Channel satu ini lebih spesifik dalam menghadirkan kontennya. Memiliki tema self development, Muda Cuma Sekali tidak hanya menargetkan para millenial. Tapi juga Anak-anak SMA yang sedang bingung pilih jurusan kuliah nanti, anak-anak kuliah yang sedang galau judul skripsi sampai para millenial yang sedang bingung memikirkan mulai dari besaran gaji sampai karir.

12. Retropus (Sebuah Podcast Sepakbola)

Retropus juga salah satu channel Podcast populer yang khusus membahas tentang sepakbola. Dengan pembawaan yang jenaka, channel yang digawangi oleh Randy dan Febri ini akan membahas seputar lika-liku drama para suporter bola dan juga tim sepakbola beserta pemain-pemainnya. Siap-siap baper dan ketawa sampai sakit perut mendengarkan channel yang satu ini.

13. Arvipra Tech

Untuk yang suka mengikuti perkembangan dunia gadget dan teknologi di dunia saat ini maka channel satu ini sangat cocok untuk didengarkan. Dibawakan oleh Arfiadi yang merupakan seorang pecinta teknologi atau techie kamu akan mendapatkan update lengkap tentang perkembangan gadget dan teknologi terbaru denga pembawaannya yang lugas dan lengkap. Jadi walaupun bahasnya serumit teknologi, kamu tetap bisa memahami kontennya dengan baik.

14. Petjah

Dibawakan oleh Rifqi Arrahmansyah, Podcast Petjah membahas tentang urbanisme, pembangunan dan urban planning. Jadi untuk kamu yang selalu tertarik dengan tren terkini terutama permasalahan yang sering terjadi di antara pada penghuni ibu kota maka channel ini cocok untuk didengarkan. Dengan mendengarkan Petjah, pikiran kamu akan semakin terbuka tentang permasalah-permasalahan yang ada disekitar kamu baik dari yang ringan sampai yang berat.

15. Finfolk

Dibawakan oleh Andika Sutoro Putra yang juga merupakan seorang investor muda, Finfolk adalah salah satu dari sedikit channel Podcast yang berani membahas soal keuangan, bisnis, investassi hingga pengembangan diri. Serasa memiliki konsultan keuangan pribadi, mendengarkan Podcast ini kamu tidak hanya sekedar membahas masalah finansial tapi juga cara mengembangkan diri hingga karir kamu.

Tidak Hanya Menghibur tapi Juga Mengedukasi

Pilihlah channel Podcast yang tidak hanya sesuai dengan selera humor kamu, tapi juga sesuai dengan hobi, passion sampai kebutuhan pribadi kamu. Manfaatkan media Podcast bukan hanya sebagai hiburan semata tapi juga bisa membantu kamu berkembang dan menginspirasi kamu menjadi lebih baik untuk setiap hal yang sedang kamu tekuni. Menikmati hiburan jaman sekarang bukan hanya sekedar ketawa tapi juga belajar dan dapat ilmu baru.

Baca Juga: Langkah-Langkah Memasarkan Produk dengan Teknik Marketing Soft Selling