Ini Sederet Manfaat Baking Soda dan Perbedaannya dengan Baking Powder

Bagi kamu yang sering membuat kue dan roti tentu tidak asing dengan baking soda. Baking soda atau soda kue memanglah salah satu bahan yang penting dan wajib ada saat membuat jenis makanan tersebut. Tujuannya agar adonan roti atau kue bisa mengembang saat dikukus atau dipanggang, dan tak menjadi keras atau menggumpal ketika dimakan. 

Memiliki nama ilmiah natrium bikarbonat, baking soda berguna untuk mengembangkan adonan kue dan roti dengan cara memproduksi karbon dioksida. Namun, tahukah kamu jika manfaat dari bahan makanan ini tidak sekadar untuk itu saja? Pasalnya, baking soda ternyata juga bisa bermanfaat untuk kesehatan asal tahu cara menggunakannya dengan benar.

Meski begitu, jangan sampai salah dan menganggap bahwa baking soda dan baking powder adalah satu bahan yang sama karena keduanya memiliki manfaat yang berbeda, khususnya untuk kesehatan. Nah, agar tak keliru, simak penjelasan mengenai perbedaan baking soda dan baking powder, serta manfaat baking soda untuk kesehatan berikut ini.

Baca Juga: Dijamin Ampuh! Berikut Cara Menghilangkan Komedo dengan Bahan Alami 

5 Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder

Seperti yang sempat dibahas sedikit sebelumnya, baking powder dan baking soda adalah bahan kue yang terlihat mirip, tapi berbeda. Berikut adalah perbedaannya.

 

Perbedaan

Baking Soda

Baking Powder

Bahan yang Terkandung

Menyandang nama ilmiah natrium bikarbonat atau NaHCO3, baking soda memiliki kandungan senyawa alkali.

Kombinasi baking soda dan bahan asam kering.

Contoh dari asam kering adalah sodium aluminium sulfat dan krim tartar.

Reaksi

Baik soda kue dan baking powder keduanya bermanfaat untuk mengembangkan adonan kue dan menjadikannya bertekstur lembut. Akan tetapi, soda kue perlu ditambahkan dengan bahan lain agar bisa memberikan cita rasa asam, misalnya, lemon, susu, atau yoghurt agar adonan kue dapat mengembang dengan baik.

Tak memerlukan tambahan bahan karena telah mengandung asam. 

Perbedaan Rasa

Saat menggunakan soda kue atau baking soda terlalu banyak, roti atau kue yang dihasilkan nanti tidak akan mengalami perbedaan rasa.

Saat menggunakan terlalu banyak baking powder, rasa kue akan terasa lebih pahit ketimbang seharusnya. Oleh karena itu, saat menggunakan baking powder pada adonan kue, pastikan untuk mengikuti takaran resepnya secara akurat agar rasa kue atau rotinya nanti tidak berubah menjadi lebih pahit.

Penggunaan 

Lebih cocok ditambahkan pada adonan yang berbahan asam, contohnya adalah biskuit atau roti.

Lebih pas dicampurkan pada bahan adonan kue cepat saji, misalnya muffin atau bolu. 

Sifat Substitusi

Kamu tidak boleh menjadikan baking soda sebagai pengganti baking powder ketika membuat beberapa jenis kue, misalnya bolu. Kalau memang terpaksa, pastikan untuk mencampurkan baking soda dengan bahan asam agar bisa menggantikan peran baking powder secara sempurna, contohnya adalah menambahkan krim tartar.

Baking powder mampu dijadikan sebagai pengganti baking soda saat membuat biskuit atau roti, asalkan takarannya sesuai. Alasannya karena baking powder memiliki kandungan mirip baking soda, tapi telah ditambahkan dengan zat asam.

Baca Juga: Membahayakan Kesehatan, Hindari Konsumsi Pengawet Makanan Ini

5 Manfaat Baking Soda untuk Kesehatan

loader

Manfaat Baking Soda

Lalu, apa saja manfaat baking soda selain sebagai pengembang pada adonan kue? Inilah 5 manfaat baking soda untuk kesehatan dan menangani berbagai gejala penyakit. 

  1. Bantu Menyehatkan Mulut

    Kamu mungkin pernah mendengar anjuran untuk berkumur dengan air garam untuk menyembuhkan sakit gigi akibat infeksi bakteri. Nah, sebagai alternatifnya, soda kue ini juga mampu digunakan untuk mendapatkan manfaat yang serupa, tanpa harus menahan rasa asin dari air garam. Mudah saja, untuk bisa mendapatkan manfaat tersebut, kamu hanya perlu mencampurkan setengah sendok teh soda kue dengan setengah gelas air.

    Selain itu, berkumur dengan larutan air ini juga dipercaya mampu membuat napas segar. Bahkan, beberapa produk pasta gigi dengan kandungan baking soda dipercaya mampu membuat gigi lebih putih, menghilangkan karang gigi, dan melindungi gusi dan gigi dari kerusakan. Manfaat tersebut datang dari sifat anti mikroba dan anti bakteri dari baking soda.

  2. Meredakan Masalah Asam Lambung

    Dengan meminum segelas air yang telah dicampur dengan sesendok teh soda kue, kamu bisa mengatasi masalah panas pada dada yang disebabkan oleh asam lambung.

    Meski begitu, tetap perhatikan jumlah larutan air yang dikonsumsi. Jangan sampai terlalu banyak agar tak berpotensi menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan. Usahakan pula untuk menggunakan air dingin dan meminumnya secara perlahan agar manfaat baking soda ini bisa didapatkan secara optimal. 

  3. Meredakan Gatal Karena Sengatan Serangga

    Soda kue ternyata juga mampu meredakan gatal yang terasa akibat digigit atau disengat serangga. 

    Olah baking soda menjadi salep dengan cara mencampurkannya dengan air dan mengaduknya, kamu bisa mengoleskan larutan tersebut ke bagian kulit yang terkena gigitan serangga untuk mendapatkan manfaatnya. 

  4. Cegah dan Atasi Keracunan Jengkol

    Saat seseorang mengalami keracunan jengkol, baking soda ternyata bisa dijadikan sebagai obat untuk menangkalnya. Hal ini dibuktikan oleh sejumlah penelitian yang menunjukkan bahwa bahan kue tersebut mampu meningkatkan aktivitas pembuangan asam jengkolat. Meski begitu, masih diperlukan penelitian lebih lanjut tentang kepastian dari manfaat soda kue satu ini. 

  5. Menghilangkan Pestisida pada Buah dan Sayur

    Manfaat menyehatkan terakhir yang bisa didapatkan dari baking soda adalah membantu menghilangkan pestisida pada buah dan sayur dengan lebih efektif. Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu hanya perlu merendam buah dan sayur dalam larutan baking soda selama kurang lebih 12 sampai 15 menit agar kandungan pestisidanya bisa terangkat. 

Perhatikan Hal Ini agar Mendapatkan Manfaat Baking Soda dengan Optimal

Walaupun memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tersebut, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat menggunakan soda kue. Hindari memanfaatkan soda kue secara sembarangan agar tak merasakan efek samping berikut ini.

  • Jangan berkumur dengan soda kue terlalu lama karena bisa memicu erosi terhadap enamel gigi.
  • Jangan mengonsumsi soda kue paling tidak 2 jam pasca minum obat agar tak menurunkan kemampuan tubuh dalam menyerap kandungan beberapa tipe obat.
  • Hindari menggunakan soda kue selama 2 minggu atau lebih, kecuali dianjurkan oleh dokter.
  • Hindari memberikan soda kue pada anak berusia 6 tahun ke bawah, kecuali dianjurkan oleh dokter. 

Jika ragu dengan manfaat menyehatkan dari soda kue dan tingkat keamanannya, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter lebih dahulu. Terutama bagi kamu yang tengah menjalani aktivitas atau perawatan medis khusus. Dengan begitu, manfaat dari baking soda bisa dipastikan aman dan tak akan menimbulkan efek samping yang mengkhawatirkan. 

Biasa Tersedia di Rumah, Baking Soda Dapat Menjadi Alternatif Atasi Berbagai Masalah Kesehatan

Sering kali hanya dijadikan sebagai bahan membuat kue, siapa yang menyangka jika baking soda ternyata menyimpan berbagai manfaat untuk kesehatan. Mulai dari menyehatkan mulut, mengatasi asam lambung, meredakan gatal akibat sengatan serangga, hingga atasi keracunan jengkol serta jadi pembersih pestisida pada buah dan sayur. Akan tetapi, pastikan untuk menggunakan soda kue ini dengan jumlah yang terukur dan tak berlebihan agar menghindari potensi munculnya efek samping.

Baca Juga: Kreasi Kue Ulang Tahun yang Bisa Menjadi Penarik Perhatian Pesta