Baru Menjadi Ibu, Begini Perjalanan Karier Vanessa Angel di Panggung Hiburan Tanah Air

Vanessa Angel dikenal publik sebagai aktris, penyanyi, presenter, dan juga model. Wajah cantiknya kerap tampil dalam berbagai judul film televisi yang tayang di layar kaca. Sebagai model profesional, ia kerap tampil di berbagai majalah remaja Tanah Air.

Berkecimpung di dunia keartisan sejak tahun 2008, pemilik nama lengkap Vanessa Adzania ini lahir pada 21 Desember 1993. Ia lantas memilih untuk secara total mengasah bakat aktingnya dengan menjadi pesinetron.

Namun namanya juga pernah menjadi sensasi dengan pemberitaan kasus prostitusi artis yang menghebohkan. Alhasil tak hanya sosoknya saja yang menjadi sorotan. Baik pasangan, orang tua, keluarga, dan kehidupan pribadinya pun ikut terbawa menjadi sorotan.

Bersinar Sebagai Bintang Sinetron 

View this post on Instagram

A post shared by Vanessa AngeL 🍌 (@vanessaangelofficial) on

Saat remaja, Vanessa Angel pernah mengenyam pelatihan di QQ Modelling School. Ia juga mengikuti kelas akting di Look School & Didi Petet Acting School. Tak hanya itu saja, menurut ayahnya, Doddy Sudrajat, Vanessa juga mengenyam sekolah presenter di TALKinc yang diasuh oleh Becky Tumewu dan Erwin Parengkuan.

Selain itu, Vanessa juga mengikuti program pendidikan pengembangan kepribadian dari John Power Robert School. Kemudian di tahun 2008, Vanessa muncul untuk pertama kali di sinetron berjudul Cinta Intan setelah rajin mengikuti casting. 

Saat itu usianya masih belasan tahun. Namun perannya sebagai tokoh yang bernama Sandra tampak mengesankan pemirsa pertelevisian. Seiring dengan selesainya masa tayang sinetron tersebut, nama Vanessa sempat menghilang dari layar kaca. 

Ia sempat mengungkapkan ketidaknyamanannya bekerja mengikuti stripping sinetron. Pasalnya sistem tersebut tak hanya menuntut kerja keras tapi juga waktu yang begitu banyak. Momen istirahat tersebut dimanfaatkan olehnya untuk menjajal dunia tarik suara. 

Namun di tahun 2012, ia kembali melakoni sinetron berjudul Layla Majnun dan Kutukan Cinta. Ia juga ikut membintangi berbagai judul film televisi. Kemudian di tahun 2013, ia bermain dalam sinetron Heart Series 2 yang berlanjut ke 3 Semprul Mengejar Surga 2 (2014) dan Nadin (2017). Selain itu, ia juga ikut tampil menjadi guest star di dalam Menembus Mata Batin The Series dua tahun lalu.

Baca Juga: Transformasi Si Cantik Anya Geraldine, Dari Selebgram Penuh Kontroversi Hingga Aktris Berprestasi

Karier Semakin Naik Lewat FTV

View this post on Instagram

A post shared by Vanessa AngeL 🍌 (@vanessaangelofficial) on

Vanessa yang hobinya bermain sepeda ini juga kerap bermain dalam banyak judul film televisi. Di tahun 2012, ia melakoni Cinta Kan Membawamu Narik Angkot Lagi, Pohon Mangga Ajaib, Tukang Jamu Pembawa Cinta, Rully Si Bruce Lee, dan Kendy + Dinar 100 % Cinta.

Di tahun 2013, ia kembali menjajal sejumlah FTV. Antara lain yakni Cewek Cantik Pasar Burung, Mantan Cap Galau, Supir Taksi Naik Haji, Tetanggaku Idolaku dan Kujaga Garuda Atas Nama Cinta.

Semakin laris manis, ia juga muncul dalam FTV berjudul Cari Cinta Lewat Blusukan (2014), Gue yang PDKT Lo yang Jadian, Rahasia Pacar Cadangan dan lainnya.

Selain itu, Beauty In The Bus, Romansa Sopir Angkot Kece (2015) dan Rebutan Lapak Di Hatiku (2016) serta Papa Babysitter Mama Keder (2018) juga ikut menampilkan kebolehan beraktingnya.

Ramaikan Belantika Musik

View this post on Instagram

A post shared by Vanessa AngeL 🍌 (@vanessaangelofficial) on

Saat hengkang sejenak dari dunia akting, Vanessa yang pernah belajar olah vokal dan instrument gitar di sekolah musik Farabi mulai menjajal dunia musik. Kemampuannya ini lantas disalurkannya dengan ulet berkarya sebagai musisi.

Pada tahun 2011, ia merilis lagu perdananya yang dibawakan duet bersama Nicky Tirta. Single yang bertajuk Indah Cintaku itu mendapat sambutan hangat dari masyarakat dan para penggemarnya. 

Mendekam di Balik Jeruji Besi

View this post on Instagram

A post shared by Vanessa AngeL 🍌 (@vanessaangelofficial) on

Beberapa waktu lalu Vanessa pernah tersandung kasus prostitusi artis secara online. Mantan presenter acara Selebrita ini kemudian diamankan pihak yang berwenang di Kota Surabaya. Beberapa nama pengusaha yang menggunakan jasa prostitusinya pun ikut terbawa.

Tak ayal, kejadian tersebut membuat Vanessa harus mendekam di balik jeruji besi. Ia terbukti bersalah melanggar pasal ITE, karena mentransmisikan dan atau mendistribusikan dokumen elektronik yang muatannya melanggar norma kesusilaan. Ia lantas mendapat ganjaran lima bulan penjara di Rumah Tahanan Medaeng, Sidoarjo, Jawa Timur.

Baca Juga: Temani Kevin Aprilio Saat Memiliki Utang Hingga Rp 17 Miliar, Inilah Sosok Cantik Vicy Melanie

Kehilangan Sosok Ibu

View this post on Instagram

A post shared by Vanessa AngeL 🍌 (@vanessaangelofficial) on

Sejak berumur 16 tahun, Vanessa sudah minggat dari rumah. Ia berubah menjadi remaja yang pemurung dan kerap bersedih setelah kepergian ibunya. Menurut ayahnya, Vanessa sudah kehilangan sosok ibu sejak umurnya beranjak 10 tahun.

Tak tega melihat putrinya bersusah hati, ayahnya pun mendaftarkan Vanessa ke berbagai sekolah demi mengasah kemampuannya berkecimpung di dunia hiburan. Ketika itu, semua tindakan tersebut semata-mata dilakukan sang ayah demi melihat putrinya melanjutkan hidup dan kembali ceria.

Namun pergumulan batin yang dialami Vanessa tampaknya menorehkan duka mendalam yang tak musnah dimakan waktu dan lenyap begitu saja. Isu mengenai pergumulan emosinya ini mulai naik ke permukaan setelah Vanessa Angel terjerat kasus prostitusi online.

Menikah dan Menjadi Ibu

View this post on Instagram

A post shared by Vanessa AngeL 🍌 (@vanessaangelofficial) on

Sebelum akhirnya menikah dengan Febri Ardiansyah (Bibi) pada 15 Desember 2019, nama beberapa pria disebutkan pernah singgah di hati Vanessa. Di antaranya ialah para selebritas Tanah Air yaitu Ruben Onsu, Dwi Andika, Patrick Tumewu, Mandala Shoji, hingga Didi Mahardika (cucu Proklamator RI Soekarno).

Dengan putra Rachmawati Soekarnoputri, Vanessa sudah cukup lama menjalin kasih. Keduanya bahkan sempat bertunangan. Namun kisah cinta mereka tak berakhir di pelaminan, karena alih-alih menikah, Vanessa dan Didi memutuskan untuk berpisah. 

Adapun bersama Bibi, kisah cintanya telah melalui banyak ujian sehubungan pasang surut kehidupan mereka. 

Kini, Vanessa baru saja melahirkan putra pertama mereka yang diberi nama Gala Sky Andriansyah. Setelah menjalani operasi c-section, Gala Sky Andriansyah lahir dengan sehat pada 14 Juli 2020 di RSAB Harapan Kita. 

Menjadi Pebisnis Andal

View this post on Instagram

A post shared by Vanessa AngeL 🍌 (@vanessaangelofficial) on

Terlepas dari ladang rezekinya di industri entertainment, Vanessa juga merintis usahanya sendiri. Yang terkenal di masyarakat ialah produk kecantikan Vanessa Angel Organic Sugar dan minuman pelangsing badan Booster Slimming Detox.

Produk-produk bisnis milik Vanessa Angel ini tak hanya diminati kalangan artis dan selebritas, tapi juga sering dikonsumsi oleh masyarakat luas.

Selain itu, Vanessa juga kerap menerima jasa endorsement untuk berbagai produk yang hendak diiklankan dan dipromosikan olehnya. Ia memanfaatkan penggunaan media sosialnya yang saat ini sudah diikuti oleh begitu banyak followers.

Tetap Kuat Melampaui Ujian Kehidupan

Tak ada gading yang tak retak. Tidak ada manusia sempurna yang dapat luput dari kesalahan. Setiap manusia pasti tengah menghadapi pergumulan masalahnya masing-masing yang belum tentu diketahui semua orang. 

Meski begitu, semoga kita dapat tetap kuat menghadapi segala persoalan. Seperti halnya Vanessa yang mampu melampaui serta bertumbuh dari ujian yang disodorkan hidup kepadanya.

Baca Juga: Ini Dia 7 Bisnis yang Bikin Nikita Mirzani Semakin Kaya