Baru Mulai Usaha? Terapkan Tips Jitu ini Agar Tidak Mudah Menyerah

Beberapa alasan seseorang ingin memulai usaha sendiri yaitu selain ingin merasakan keleluasaan dan kebebasan berbisnis dan ingin mendapatkan keuntungan penuh, seseorang juga ingin bisa membuka lapangan pekerjaan baru.

Namun, bagi pengusaha baru ada hal yang ditakuti, yaitu berbagai tantangan yang akan dihadapi. Sebenarnya bukanlah modal yang kurang atau tidak adanya ide baru yang menarik, melainkan mempertahankan kemampuan seseorang atau endurance dalam berbisnis jadi tantangan terberat.

Pasalnya, membuka bisnis sendiri bukanlah hal yang mudah. Ada banyak proses yang mesti dijalani, mulai dari menentukan ide, mengelola keuangan, memproduksi hingga mempromosikannya agar dikenal masyarakat. Namun dalam menjalani proses tersebut tidak akan selalu mulus seperti harapan karena selalu ada tantangan baik itu dari internal maupun eksternal.

Ketika menghadapi tantangan yang ada, tidak jarang yang memilih untuk mundur dan menyerah. Berdasarkan beberapa survei dari entrepreneurship menyebutkan bahwa mayoritas pebisnis yang membuka usaha sendiri mengalami kegagalan pada tahap awal karena langsung menyerah ketika berhadapan dengan tantangan.

Bagi Anda yang baru memulai usaha, tidak boleh menyerah untuk memulai bisnis sendiri karena endurance bisa dilatih dan dibangun. Berikut ini adalah cara memulai usaha sendiri agar tidak gampang menyerah terhadap tantangan yang ada.

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

Membangun Daya Tahan Ketika Mulai Usaha Sendiri

usaha
Bangun daya tahan untuk mulai usaha

Hal pertama yang harus ada sebelum memulai usaha adalah membangun daya tahan diri sebagai kekuatan untuk menghadapi berbagai rintangan yang datang. Berikut 5 tips membangun daya tahan untuk mempertahankan endurance ketika membuka usaha sendiri :

1. Mempunyai mimpi yang besar

Memiliki mimpi yang besar bukanlah sesuatu yang salah. Karena mimpi yang Anda miliki bisa menjadi motivasi usaha sehingga terus berjuang meskipun banyak rintangan. 

2. Bekerja sesuai passion

Ketika bekerja sesuai passion maka Anda tidak akan banyak memikirkan tentang untung atau rugi. Dengan terus konsisten berkarya, pada akhirnya Anda akan mendapatkan apresiasi dari usaha yang dijalankan.

3. Belajar dari pengusaha yang sukses

Orang sukses pasti paham bahwa membangun bisnis sendiri bukanlah perkara yang mudah. Pengalaman dari mereka bisa menjadi pengingat dan penyemangat Anda ketika sedang kesulitan dalam usaha.

4. Dukungan dari keluarga

Ketika usaha mengalami kesulitan, keluarga juga akan ikut merasakan dampaknya. Reaksi keluarga bisa ikut menentukan tindakan Anda. Jika keluarga mendukung maka motivasi Anda untuk melanjutkan usaha akan lebih besar.

5. Menghadapi persaingan yang ada

Persaingan merupakan hal yang wajar dalam setiap usaha. Jika ada yang membuka usaha yang sama dengan Anda maka sikapilah dengan bijak. Hal tersebut malah bisa menjadi motivasi untuk memperbaiki kekurangan.

Baca Juga: 7 Tren Bisnis Kuliner Tahun 2020, Jamin Bikin Omzet Naik

Tips Memulai Usaha Baru

jualan
Mulai usaha baru

Memulai usaha memang suatu hal yang tidak mudah dilakukan. Untuk itu perhatikan beberapa tips di bawah ini ketika ingin memulai sebuah usaha :

1. Riset pasar

Hal pertama yang harus dilakukan untuk memulai usaha sendiri yaitu melakukan riset pasar. Riset pasar ini jangan dianggap remeh, agar Anda tahu prospek keberhasilan serta peta persaingan dalam bisnis yang akan dijalankan.

2. Membentuk sebuah tim

Ternyata tim menjadi salah satu kunci keberhasilan sebuah usaha. Anda perlu membentuk tim yang solid dengan rekan usaha yang handal untuk mendukung pekerjaan karena tidak mungkin segala hal dilakukan sendiri.

3. Menciptakan produk serta model bisnis

Keberhasilan usaha yang dijalankan juga bergantung pada produk yang ditawarkan. Untuk itu Anda perlu menciptakan produk yang menarik serta model bisnis dengan baik. Agar banyak konsumen yang tertatik untuk membelinya.

4. Mencari sumber modal

Tanpa modal, usaha tidak akan bisa dijalankan. Anda perlu menentukan dari mana modal yang akan digunakan untuk usaha, misalnya saja modal dari tabungan yang sengaja disisihkan sendiri atau mencari investor lain.

Baca Juga: 21 Usaha Sampingan dengan Modal Kecil

Tips Memulai Bisnis ‘Online’

online shop
Mulai bisnis online

Saat ini bisnis online memang memiliki prospek yang paling baik dan menguntungkan. Kondisi Indonesia yang sangat luas dan berpulau membuat produk Anda akan lebih mudah dipasarkan secara online. Berikut ini adalah cara memulai bisnis online yang paling efektif serta jenis-jenis pemasaran yang bisa dilakukan :

1. Memiliki website

Membuat website bisa menjadi langkah pertama ketika akan memulai bisnis online. Website tersebut kemudian bisa digunakan sebagai sarana promosi dan memasarkan produknya. Agar produk mudah ditemukan oleh target konsumen, pastikan Search Engine Optimize (SEO) pada website memenuhi syarat. Tanya kepada ahli jika Anda tidak paham bagaimana membuat website yang baik dan benar.

2. Manfaatkan media sosial

Indonesia merupakan pengguna sosial media yang sangat aktif, terutama pada Instagram yang kini terbanyak ke-3 di dunia, setelah Amerika Serikat dan Brazil. Anda bisa memanfaatkan media sosial ini untuk melakukan promosi penjualan produk. 

3. Pelajari 'Ads' di Facebook dan Instagram

Untuk menunjang kemajuan usaha online, media sosial seperti Facebook dan instagram menambahkan fitur Ads khusus akun bisnis. Jadi pengusaha bisa memanfaatkan fitur tersebut untuk mengiklankan produk sesuai dengan target konsumen. Agar lebih memahami mengenai pemasangan iklan ini, sebaiknya pelajari terlebih dahulu di FAQ masing-masing media sosial. 

4. Pelajari 'Google Adwords'

Jika promosi di media sosial masih kurang nampol, tak ada salahnya Anda mencoba mengiklankan produk di Google Adwords atau iklan di platform Google. Namun, cari tahu terlebih dahulu agar produk yang diiklankan bisa memberikan hasil yang maksimal.

Gunakan Strategi Digital Marketing 

Strategi digital marketing merupakan hal yang sangat dibutuhkan dalam menjalankan usaha kecil. Hal tersebut dikarenakan pertumbuhan pasar online di Indonesia yang tinggi. Banyak manfaat yang didapatkan oleh pelaku usaha kecil dan menengah dengan berkembangnya digital misalnya seperti promosi yang lebih cepat dan mudah serta biaya promosi atau iklan yang lebih murah.

Agar ilmu mengenai strategi digital marketing makin meluas dan bisa diterapkan langsung pada usaha Anda, tak ada salahnya juga Anda mengikuti program pelatihan atau seminar usaha khusus pemula. Atau juga bisa belajar melalui internet dari beberapa tips atau pengalaman dari para pengusaha lainnya.

Baca Juga: Inilah Strategi Marketing Kekinian yang Wajib Dilakukan Setiap Pebisnis Agar Bisnis Semakin Melejit