Baru Pertama Kali Kerja? Lakukan Ini Kalau Mau Sukses Besar

Kamu fresh graduate dan baru pertama kali kerja? Pasti rasanya mendebarkan. Sepanjang perjalanan memikirkan apa yang akan kamu lakukan nantinya di kantor.

Asal tahu saja, kehidupan kuliah dengan dunia kerja sangat jauh berbeda. Teori di bangku kuliah, pada kenyataannya berbeda ketika kamu sudah bekerja.

Semua itu perlu adaptasi. Namanya lingkungan baru, pergaulan baru, kamu harus belajar menyesuaikan diri berhubungan dengan orang-orang yang lebih profesional.

Walaupun masih junior di dunia kerja, siapa bilang kamu tidak bisa sukses. Kamu memiliki kesempatan yang sama untuk berkembang dan berhasil, seperti senior-senior di kantor.

Tentunya kesuksesan tersebut membutuhkan usaha dan kerja keras. Berikut tips sukses bagi kamu yang baru pertama kali bekerja:

1. Fokus pada diri sendiri dan pekerjaan

Istilah buatmu di kantor adalah anak baru. Namanya anak baru, tidak usah mencampuri urusan orang lain. Fokus saja pada diri sendiri dan pekerjaanmu.

Apalagi pasti kamu akan mempelajari hal-hal baru dalam pekerjaan, sehingga butuh konsentrasi penuh. Selesaikan pekerjaan dengan upaya maksimal. Berikan yang terbaik.

Maka, atasanmu akan melihat bahwa hasil kerjamu memuaskan dan kamu bisa diandalkan untuk pekerjaan tersebut. Satu nilai positif di mata atasan untukmu sebagai karyawan baru.

2. Disiplin dan taati aturan perusahaan

Kalau baru pertama kali kerja, jangan neko-neko. Lurus-lurus saja agar tidak kena masalah. Tunjukkan pada atasan, rekan kerja, dan perusahaan bahwa kamu adalah karyawan disiplin, penuh tanggung jawab, dan paling penting menaati aturan perusahaan.

Sebagai contoh datang ke kantor tepat waktu. Mengerjakan pekerjaan yang diperintahkan atasan, gunakan waktu istirahat sebaik mungkin, dan lainnya.

Kedisiplinan menjadi salah satu poin penilaian kinerja di banyak perusahaan. Kalau kamu bisa menunjukkan bahwa kamu adalah karyawan yang disiplin, maka bukan hal mustahil kamu akan dipromosikan naik jabatan meski kamu karyawan baru.

Baca Juga: Salah Kirim CV? Jangan Panik, Lakukan 6 Cara Ini Agar Proses Melamar Kerja Tetap Lancar