Salah Kirim CV? Jangan Panik, Lakukan 6 Cara Ini Agar Proses Melamar Kerja Tetap Lancar

Terkadang kesalahan kecil seperti lupa meng-update CV, baru menemukan kesalahan penulisan setelah CV sudah dikirim sampai salah mengirim dokumen sering terjadi ketika kamu sedang melamar ke banyak perusahaan alias sedang menjadi job hunter.

Namanya juga manusia, pasti tidak luput dari kesalahan. Namun bukan berarti tidak bisa diusahakan untuk diperbaiki kembali kan? Apalagi jika itu sudah masuk kedalam urusan mencari kerja dan tentunya sangat penting dalam menentukan nasib karir kamu kedepannya.

Kesalahan seperti ini memang suka jadi pikiran bahkan membuat tidak tenang seharian. Tapi tidak perlu panik dan terlalu menyalahkan diri sendiri. Membuat kesalahan itu hal yang wajar kok, tapi jangan sampai keterusan saja.

Nah, para job hunter yang juga mengalami hal yang sama dan juga untuk yang baru akan mengirimkan CV agar jika pengalaman yang sama terjadi bisa bertindak cepat untuk mengatasinya. Berikut beberapa tips atau hal yang bisa dilakukan ketika CV yang sudah terlanjur dikirim memiliki kesalahan informasi atau penulisan:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Cek Seberapa Besar Kesalahan pada CV yang Dikirim

mengecek kesalahan pada CV

Ketika menyadari ada kesalahan pada CV yang telah dikirim, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memeriksa untuk mengetahui seberapa besar kesalahan yang ada pada CV. Dengan memeriksa ulang CV, kamu tidak hanya tau bagian mana yang harus diperbaiki tapi juga bisa menemukan kesalahan lain.

2. Abaikan Jika Kesalahan Kecil

Jika CV kamu telah memuat informasi yang lengkap dan dikemas secara baik. Kesalahan kecil seperti typo pada 1 atau 2 kata mungkin tidak terlalu dipermasalahkan. Tapi hati-hati, kesalahan kecil seperti ini bisa menjadi besar jika kamu melamar menjadi posisi yang butuh ketelitian seperti editor, proof reader, legal, atau staf keuangan.

Baca Juga: Biar Happy Terus dengan Pekerjaan Saat ini, Coba Lakukan ini

3. Mengirim CV Baru

mengirim cv baru

Jika kesalahan yang dilakukan cukup besar, kamu bisa mencoba mengirim kembali CV baru atau yang sudah diperbaiki dengan menulis di badan email dengan jelas alasan kenapa kamu mengirim ulang CV dan jelaskan CV yang salah tersebut dikirim tanggal berapa dan untuk posisi apa untuk memudahkan HR mencari CV lamamu.

4. Tetap Tenang dan Jangan Panik

Yang paling terpenting adalah untuk tetap tenang ketika tahu kamu mengirim CV yang salah. Karena jika kamu melakukan evaluasi dan revisi kembali CV dalam keadaan panik maka kamu bisa melewatkan kesalahan kecil lain atau bahkan melakukan kesalahan lainnya.

Bersikap tenang pun akan membantu kamu menulis permohonan pengiriman CV baru menjadi lebih baik sehingga pihak rekruter bisa memaklumi dan memahami alasan atas kesalahan tersebut.

Baca Juga: Kena PHK Akibat Corona? Segini Besaran Uang Pesangon yang Jadi Hak Pekerja

5. Mengecek Kembali Kelengkapan CV sebelum Mengirim Ulang

mengecek kembali kelengkapan CV

Jika urusan memperbaiki kesalahan pada CV selesai, berikutnya cek lagi kelengkapan dokumen melamar kerja lainnya yang akan dikirim bersama CV seperti pas photo, scan ijazah, dan portfolio kamu. Pastikan semua sudah lengkap dan sesuai persyaratan agar tidak ada lagi kesalahan lain.

6. Jangan Lupa Meminta Maaf dan Terimakasih pada Badan Email untuk Pihak Rekruter

Ingat, menjadi seorang rekruter itu tidak mudah. Jadi, hargai waktu mereka yang mau memeriksa kembali CV baru yang kamu kirim. Jadi tulis lah permohonan maaf sebaik mungkin dan tulisan terimakasih untuk pengertian mereka kepada kamu yang juga sudah bekerja keras dalam mengirim CV dan merevisi kembali kesalahan pada CV kamu.

Semua Indah Pada Waktunya, Tetap Semangat dan Jaga Kesehatan

Walaupun mencari kerja pada musim pandemi menjadi semakin menantang. Namun jika kamu sabar dan selalu optimis dan berpikir positif maka semua halangan akan lebih mudah dihadapi. Rezeki tidak akan lari, tapi setiap hasil yang baik membutuhkan usaha yang baik pula.

Jadi tetap semangat dan tingkatkan skill kamu selama menunggu panggilan kerja yah biar semakin siap menghadapi dunia kerja yang baru nanti. Jangan lupa juga untuk tetap jaga kesehatan agar ketika panggilan interview kerja datang kamu bisa melalui sesi interview kerja dengan baik dan lancar.

Baca Juga: Buat CV Kamu Seperti Ini, Pasti Cepat Diterima Kerja