Beberapa Arti Mimpi yang Suka Bikin Penasaran

Banyak orang yang memaknai mimpi hanya sebagai bunga tidur. Salah satu hal yang bisa dinikmati, ketika mendapatkan mimpi indah atau menjadi hal yang dibenci ketika mendapatkan mimpi buruk.

Orang yang memiliki pikiran tersebut, biasanya percaya jika mimpi dan kehidupan nyata berkesinambungan. Padahal apa yang ada di mimpi tidak akan memberikan efek sedikitpun ke dunia nyata.

Ada juga yang menyimpulkan mimpi sebagai pertanda yang dikeluarkan oleh tubuh di alam bawah sadar. Tentang sesuatu yang terjadi pada tubuh tapi Anda tidak tahu pasti apa itu. 

Misalnya saja, ternyata selama ini tubuh Anda memberikan isyarat untuk beristirahat lebih. Mimpi tersebut diartikan sebagai sinyal yang dipancarkan oleh tubuh untuk memahami apa yang dibutuhkan.

Orang dulu bahkan berpikir mimpi merupakan sebuah hal supranatural yang terjadi ke seseorang. Pada zaman Mesir dan Yunani kuno, mimpi diartikan sebagai intervensi yang dilakukan oleh Tuhan. Fungsinya, tidak lain adalah untuk mengingatkan mereka, sebagai salah satu ciptaannya.

Biasanya, orang-orang akan langsung bertemu ke seorang ahli spiritual yang dipercayai dan meminta ‘orang pintar’ tersebut, untuk mengartikan mimpinya. Sehingga, mereka bisa mengerti apa yang harus dilakukan untuk menyikapi ‘perintah’ Tuhan tersebut.

Baca Juga: Apa Itu Clean Sleeping? Pengertian dan Tips Clean Sleeping

Misteri Sebuah Mimpi

arti mimpi

Arti Mimpi

Saat ini, banyak yang mengaitkan mimpi yang kita alami ke keadaan psikologis dan neurobiologis seseorang. Studi pun dilakukan oleh para ilmuwan untuk memecahkan misteri mimpi yang banyak dialami oleh penduduk dunia.

Beberapa mungkin sudah memecahkan apa arti mimpi itu sebenarnya. Beberapa, juga masih menjadi misteri. Tentang apa arti mimpi yang dialami oleh seseorang ketika mereka sedang tertidur.

Nah, berikut ini merupakan beberapa arti mimpi yang mungkin salah satunya pernah Anda mimpikan.

  1. Arti Mimpi Gigi Copot

    Ini merupakan salah satu mimpi yang pernah dialami banyak orang, meskipun hanya sekali seumur hidupnya. Ya, mimpi gigi copot saat tertidur.

    Banyak yang beranggapan, siapa saja yang mendapatkan mimpi gigi copot, maka mereka akan kehilangan orang terdekatnya. Artinya, dalam beberapa hari ke depan akan ada seseorang yang meninggal.

    Mungkin, karena rasa sakit yang tak terhingga dari copotnya sebuah gigi atau mungkin juga karena gigi tersebut tidak akan tumbuh lagi seperti sedia kala. Bekas gigi copot tersebut, akan menjadi lubang permanen di dalam mulut orang tersebut.

    Alasan-alasan di atas lah yang membuat orang percaya akan tafsiran mimpi tersebut. Padahal menurut beberapa ilmuwan, arti mimpi gigi copot menandakan seseorang yang sedang merasa pesimis. Entah itu dari alasan yang sudah disadari, maupun tidak. 

    Arti lainnya dari mimpi ini adalah, berakhirnya sebuah komitmen di hubungan Anda. Entah itu dengan pacar, teman, atau sanak saudara. Hal inilah yang mungkin sering disalahartikan sebagai meninggalnya seseorang.

  2. Arti Mimpi Digigit Ular

    Karnivora, sadis, berbisa, mematikan. Mungkin kata-kata itulah yang ada di kepala Anda ketika kata ‘ular’ disebutkan. 

    Apalagi bagi orang yang memiliki ophidiophobia, alias fobia dengan ular. Bertemu dengan hewan hewan melata ini, sama saja dengan bertemu hari kiamat.

    Padahal, mimpi bertemu dengan ular justru tidak masuk ke definisi mimpi buruk. Karena mimpi ular hanya menandakan bahwa Anda akan menyelesaikan masalah yang menghantui selama ini.

    Sosok pembunuh yang akan menghabiskan nyawa ular tersebut, tidak lain merupakan cerminan dari diri sendiri. Diri yang akan keluar dari masalah atau kecemasan yang akhir-akhir ini dihadapi.

    Kebanyakan, rasa takut akan ular itu kemudian bermanifestasi mengatur plot cerita yang ada di mimpi Anda saat itu. Digigit ular, merupakan salah satu mimpi yang sering terjadi. Jika seseorang sedang memimpikan ular.

    Semua mimpi tentang ular, entah itu hanya bertemu dengan ular, menjadi ular, atau digigit oleh ular tetap memiliki arti yang sama. 

  3. Arti Mimpi Menikah

    Seperti bermimpi bertemu dengan ular. Mimpi menikah, juga memiliki artian yang sama, apapun kondisi dan alur ceritanya. Biasanya, orang yang memimpikan hal ini sedang menjalani atau hendak membuat sebuah komitmen kepada seseorang.

    Ada yang menyimpulkan, mimpi ini muncul dari keresahan yang dimiliki selama ini terhadap pasangan. Tidak jarang juga, yang mengartikan mimpi menikah sebagai sebuah tanda, bahwa Anda sedang tidak nyaman dengan pasangan tapi enggan membicarakannya.

    Perasaan tidak nyaman tersebut, menumpuk seiring berjalannya waktu. Hingga suatu saat bermanifestasi ke dalam alam bawah sadar dan membentuk sebuah mimpi. Lewat mimpi tersebut, Anda diingatkan oleh diri sendiri perihal alasan menjalin komitmen tersebut dan harus segera menyelesaikan masalah yang ada.

  4. Arti Mimpi Hamil

    Mendapatkan anak, merupakan sebuah anugerah yang diberikan oleh Sang Pencipta. Terutama, bagi pasangan yang baru saja menikah. Anak merupakan sebuah tanggung jawab yang harus diemban seumur hidup.

    Mimpi hamil, juga memiliki artian yang sama. Pertama, dalam waktu dekat Anda akan menuai kesuksesan dari jerih payah yang sudah dilakukan selama ini. Biasanya, hal ini berhubungan dengan pekerjaan.

    Mimpi hamil, juga berarti Anda akan mendapatkan sebuah tanggung jawab baru. Seperti, akan mendapatkan sebuah proyek atau pekerjaan baru. 

  5. Arti Pasangan Selingkuh

    Mungkin akan banyak yang setuju, jika mimpi yang satu ini selalu terlihat begitu nyata. Memang, tidak ada yang bisa memotivasi seseorang ketika terbakar oleh api cemburu. Apalagi jika menyangkut sang pujaan hati.

    Eits, tapi Anda jangan takut dulu. Mimpi ini, tidak benar-benar menandakan pasangan Anda selingkuh kok. Menurut beberapa riset para ilmuwan, mimpi ini hanya menandakan bahwa Anda dan pasangan sedang sama-sama sibuk.

    Kesibukan tersebut, biasanya menyangkut pekerjaan atau hal lain di luar hubungan sehingga membuat kalian jarang bertemu. Alam bawah sadar kalian kemudian menginterpretasikan ini sebagai tindakan ‘selingkuh’.

    Mimpi ini juga merupakan sebuah pertanda. Bahwa baik Anda atau pasangan, sedang mengalami krisis kepercayaan antara satu sama lain. Jadi secara tidak langsung kalian berpikir pasangan sedang selingkuh. 

    Hal ini, bisa digunakan sebagai momen untuk melakukan introspeksi terhadap hubungan kalian. Ajak pasangan untuk ngobrol dari hati ke hati. 

    Jangan gunakan mimpi ini sebagai alasan, untuk menuduh pasangan yang tidak-tidak. Hal tersebut, justru memicu keretakan hubungan tersebut. Ketidakpercayaan tersebut pun berubah menjadi amarah bahkan menjadi dendam tanpa landasan.

Baca Juga: 6 Tokoh Dunia yang Punya Kebiasaan Tidur Unik

Arti Mimpi yang Perlu Dicerna dengan Bijak

Mungkin penjelasan di atas hanya beberapa contoh mimpi dan tafsirnya yang pernah dialami oleh sebagian orang. Namun, ada beberapa hal yang bisa Anda cermati dari arti mimpi-mimpi tersebut. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Jangan melakukan aksi gegabah yang berlandaskan mimpi semata dan tanpa bukti nyata.
  2. Jangan melabeli sebuah mimpi sebagai mimpi buruk. Hanya karena apa yang ada di dalam mimpi tersebut tidak Anda sukai.
  3. Beri waktu untuk berpikir dan tidak langsung menafsirkan mimpi begitu saja. 
  4. Jika perlu, konsultasikan mimpi tersebut ke para profesional, seperti psikolog atau psikiater. Sehingga Anda bisa menentukan langkah apa yang harus dilakukan selanjutnya, apalagi jika menyangkut kesehatan mental.
  5. Jangan terlalu terobsesi pula kepada mimpi karena beberapa, memang hanya bunga tidur semata dan tidak menjadi pertanda sama sekali.

Baca Juga: Cara Sepele Raih Sukses, Jangan Lakukan ini Sebelum Tidur