Beda Kelas Kereta Api, Yuk Cari Tahu Supaya Tidak Salah Pilih Kelas!

Minat masyarakat pada transportasi umum, seperti kereta, makin meningkat berkat adanya perbaikan infrastruktur dan layanan. Sama seperti mode transportasi lainnya, kelas tiket penumpang di kereta api pun berbeda-beda tergantung tingkat, layanan, dan harganya.

Makin mahal harganya, maka kelasnya makin tinggi otomatis layanan dan fasilitasnya juga makin memuaskan. Kelas ini cocok buat kamu yang ingin berpergian dengan lebih nyaman dan tenang. Untuk kamu yang ingin lebih hemat biaya, tiket kelas ekonomi mungkin jadi pilihan yang tepat karena harganya lebih murah.

Masih bingung ingin memilih tiket kereta? Ini dia berbagai perbedaan kelas dalam kereta api berdasarkan harganya!

Baca juga: KAI Access Mempermudah Perjalanan Pelanggan Kereta Api

Bingung cari asuransi perjalanan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Beli Asuransi Perjalanan Terbaik Sekarang!  

Memahami Perbedaan Kelas dalam Kereta Api

loader

Jenis Kelas Kereta

PT KAI menawarkan berbagai jenis kelas perjalanan yang bervariasi sesuai tingkatan harganya. Sebagai penumpang kamu bisa memilih kelas tiketnya sesuai selera dan budget.

Nah, supaya bisa menikmati seluruh fasilitas dan layanan yang diinginkan, tentunya kamu pun harus memahami tiap kelasnya. Berikut ini ada beberapa perbedaan kelas dalam kereta api yang harus diketahui supaya tidak salah pilih!

  1. Economy Class

    Pertama adalah Economy Class yang merupakan kelas duduk yang paling banyak peminatnya lantaran harganya paling terjangkau. Dalam rangkaian gerbong kereta, kelas ekonomi inilah yang mendominasi sebagian besar kursi.

    Jumlahnya antara 80-106 kursi dalam satu rangkaian kereta, namun ada pula yang lebih atau kurang. Jika ingin bepergian jarak jauh menggunakan kereta dengan budget minimalis, kelas ini bisa jadi pilihan yang tepat.

    Oh iya, karena peminatnya banyak pastikan untuk booking tiketnya jauh-jauh hari supaya tidak kehabisan kursi, ya. Meskipun tidak se-premium dan se-nyaman kelas executive, economy class juga cukup memuaskan, lho.

    Dilengkapi juga dengan kursi yang cukup nyaman disertai arm rest, AC, stop kontak, toilet bersih, dan berbagai fasilitas khusus yang bisa digunakan. Nah, buat kamu yang tertarik mencoba kelas ekonomi ini KAI sudah meluncurkan kereta ekonomi “New Image dan Premium”, lho!

    Kelas ekonomi premium sendiri merupakan peningkatan dari kelas New Image dengan jumlah kursi sebanyak 80 buah. Untuk kursinya ada 2 tipe yang menghadap depan atau belakang (berlawanan dengan laju kereta).

    Kereta api kelas Ekonomi Premium ini juga sudah dilengkapi dengan arm rest serta reclining seat yang membuat penumpang makin nyaman.

  2. Business Class

    Bosan ikut kelas ekonomi dan ingin upgrade agar perjalanan dengan kereta lebih nyaman, coba deh pilih kelas bisnis. Kelas bisnis ada di bawah kelas executive, di kelas ini kursinya belum reclining seat tapi arah hadap kursinya bisa disesuaikan.

    Bisa diubah berhadap-hadapan dengan kursi depan atau belakangnya, jadi lebih fleksibel. Sama seperti kelas lainnya, di kelas ini juga ada fasilitas lain, seperti toilet, pendingan ruangan, dan stop kontak.

  3. Executive Class

    Untuk perjalanan jarak jauh yang waktu tempuhnya bisa belasan jam, agar lebih nyaman coba pilih kelas executive ini. Kenyamanan yang ditawarkan oleh kelas kereta satu ini memang sebanding dengan harganya yang mahal.

    Kelas ini termasuk dalam kategori kelas kereta api yang premium, di dalam gerbongnya juga hanya ada sekitar 50 buah kursi. Dari segi fasilitas tentunya lebih komplit dibandingkan kelas sebelumnya, jok kursinya lebih empuk dan nyaman.

    Untuk penempatan tempat duduknya biasanya 2-2 sehingga spacenya lebih luas dan lega. Fasilitas lain yang bisa didapatkan di kereta ini adalah selimut, stop kontak, meja makan, AC, televisi, wifi, toilet dan sejenisnya.

    Jika kebetulan punya badan yang tinggi, memilih kelas executive tentu sangatlah recommended karena space kakinya yang lebih lega. Bahkan, ada juga tambahan pijakan kaki sehingga para penumpang bisa meluruskan kaki dengan lebih nyaman dan anti pegal.

  4. Luxury Class

    Di urutan puncak, kelas termewah untuk perjalanan dengan kereta api di tempati oleh Sleeper Train atau Luxury Train dengan segala fasilitasnya yang super komplit. First Generation dari Luxury Train ini pertama kali diluncurkan pada 2018 silam dengan jumlah 18 bangku saja.

    Masalah keempukan dan kenyamanan kursinya tentu tak perlu diragukan lagi, bahkan kursinya bisa direbahkan hingga sudut kemiringan 170 derajat, lho. Selain itu ada beberapa fasilitas mewah lainnya yang bisa diakses mulai dari lampu baca, headphone, entertainment on board, dan sejenisnya.

    Dengan fasilitasnya yang komplit, setiap penumpang tak akan merasa bosan selama ada dalam perjalanan. Second generation kereta mewah ini diluncurkan pada 2019 dengan jumlah kursi sebanyak 26 buah.

    Untuk fasilitas yang disediakan tetap sama seperti generasi sebelumnya, hanya saja sudut lipatan kursinya hingga 140 derajat saja. Dengan membeli tiket kereta Luxury ini, setiap penumpang akan diberikan fasilitas makan, snack, dan juga minuman gratis.

    Eits, masih ada fasilitas lounge atau ruang tunggu tambahan bagi para calon penumpang. Di sini, kamu bisa menikmati teh dan kopi sembari bersantai menunggu kedatangan kereta.

Baca juga: 15 Destinasi Wisata Kota Tua: Harga Tiket dan Jam Operasionalnya

Harga untuk Masing-masing Kelas di Kereta Api

loader

Harga Kelas Kereta

Contoh perjalanan dari Stasiun Gambir Jakarta ke Bandung, berdasarkan website resmi PT KAI berikut ini perbandingan harga tiap kelasnya: 

  • Tiket Kereta Kelas Ekonomi Argo Parahyangan Tambahan Rp150.000/orang.
  • Tiket Kereta Kelas Eksekutif (I) Argo Parahyangan Tambahan Rp200.000/orang.
  • Tiket Kereta Kelas Eksekutif (H) Argo Parahyangan Tamb Luxury (36L) Rp435.000/orang.
  • Tiket Kereta Kelas Eksekutif (A) Argo Parahyangan Tambahan Rp510.000/orang.
  • Tiket Kereta Kelas Eksekutif (A) Argo Parahyangan Priority Rp375.000/orang.
  • Tiket Kereta Kelas Eksekutif (J) Argo Parahyangan Tamb Luxury Rp380.000/orang.

Baca juga: 11 Rekomendasi Tempat Wisata di Cikole

Tentukan Kelas Kursi untuk Perjalanan Kereta Api Sesuai Budget

Nah, itulah beberapa pembahasan mengenai kelas-kelas kereta api mulai dari ekonomi, bisnis, executive, hingga luxury. Memilih kelas kereta yang tepat haruslah jadi perhatian utama setiap penumpang mengingat fasilitas dan harganya yang berbeda.

Karena itu pahami dulu perbedaan masing-masing kelas kursi untuk perjalanan dengan kereta api. Agar, kamu bisa menentukan pilihan terbaik sesuai budget.

Baca juga: 15 Tempat Wisata Hits di Malang dan Biayanya